10 Barang yang Wajib Dibawa ke Kepulauan Sombori dan Labengki

5

Kepulauan Sombori dan Labengki adalah salah satu destinasi wisata lokal yang semakin naik daun. Kepulauan ini berada di wilayah Sulawesi Tengah dan Tenggara yang jika dilihat di peta Sulawesi,  letaknya ada di sekitar ‘kaki’  bagian kanan.

Sebagai wilayah kepulauan Sombori dan Labengki yang terdiri dari banyak pulau-pulau kecil, daerah ini dipenuhi oleh pemandangan eksotis yang diburu oleh pelancong dari seluruh dunia.

Sebut saja Pulau Labengki Besar yang bukitnya tersusun dari batu karang tetapi menyimpan keindahan  Blue Lagoon, danau berwarna hijau tosca yang hanya bisa dijangkau dengan mendaki batu-batu terjal dari pantai. Kemudian ada Pulau Labengki Kecil yang pantai pasirnya menjadi rumah ratusan kepiting, Teluk Cinta yang perairan dangkalnya pun penuh dengan karang cantik dan ikan berwarna elektrik, serta Sombori Hills spot 1 (alias Pulau Khayangan) dan spot 2 yang meskipun berisi batuan terjal tetapi siapapun rela mendakinya demi  pemandangan yang kata orang seindah di Raja Ampat.

Kepulauan Sombori yang mirip Raja Ampat

Mengingat medan yang cukup ekstrim, bagi pelancong yang baru pertama kali datang ke wilayah ini, ada baiknya mempersiapkan beberapa hal berikut demi liburan yang berkesan dan minim penderitaan:

1. Sepatu atau sandal gunung

Hoping island alias jelajah pulau di wilayah ini berbeda dengan kebanyakan kegiatan serupa di lokasi wisata pada umumnya. Sebagian besar spot-spot terindah hanya bisa disaksikan jika kita bersedia bersusah payah mendaki bebatuan terjal. Percuma bukan jika jauh-jauh menyeberang laut, makan waktu berjam-jam di perjalanan hanya untuk duduk manis di perahu hanya karena takut kaki terluka? Karena itu, kemanapun tujuan anda di wilayah kepulauan Sombori dan Labengki ini, pastikan anda menyiapkan sepatu atau sandal gunung, karena permukaan batuan yang akan dilewati bukan hanya terjal, tapi juga tajam.

Trek ke Blue Lagoon Labengki Besar

2. Sarung tangan

Masih berhubungan dengan terjalnya medan, siapkan sepasang sarung tangan untuk melindungi tangan anda dari tajamnya bebatuan. Jika anda mengikuti trip yang diorganisir oleh travel agent, biasanya mereka juga menyediakan sarung tangan sebagai perlengkapan, tetapi terkadang jumlahnya kurang memadai sehingga ada peserta yang tidak mendapatkannya. Karena itu, ada baiknya anda mempersiapkan sendiri.

Pentingnya sarung tangan di medan terjal

3. Celana panjang

Walaupun salah satu agenda yang dilakukan bersamaan dengan hoping island adalah berenang/snorkeling dan anda berniat langsung mengenakan baju renang, lebih baik tetap gunakan celana panjang sebagai pelindung kaki anda selama menjelajah pulau, karena bebatuan tajam bukan hanya berada di bawah kaki anda tapi juga di kanan, kiri, depan dan belakang. Celana panjang pun terkadang masih bisa robek terkena tajamnya bebatuan, apalagi jika langsung terkena kulit anda.

Kombinasi sepatu, sarung tangan dan celana panjang untuk penjelajahan yang minim luka

4. Dry bag

Karena sebagian besar destinasi wisata di wilayah  kepulauan sombori dan labengki ini adalah perairan, bawalah dry bag alias tas tahan air untuk melindungi barang-barang anda dari kerusakan akibat air laut, terutama jika anda membawa kamera. Tas ini 100% waterproof dan tergolong waterproof kelas 3 yang bisa mengapung ketika masuk ke dalam air dan tahan sampai kedalaman air 1 meter.

Dry bag

5. Wet bag

Walaupun sebagian besar pelancong tetap mengenakan baju basah mereka saat hoping island hingga kembali ke penginapan, tak ada salahnya menyiapkan wet bag untuk menyimpang barang-barang basah anda jika anda memilih untuk berganti baju setelah bermain air. Wet bag adalah tas yang terbuat dari bahan waterproof dan biasanya terdiri dari 2 bagian untuk menyimpan barang basah dan kering. Atau bisa juga mengambil pilihan sejuta umat (tetapi tidak ramah lingkungan): kantong kresek.  Jika memilih jenis ini, pastikan anda tidak membuangnya sembarangan, terutama di laut. Ingatlah, banyak hewan laut mati karena menelan plastik dan baling-baling kapal terkadang juga terjerat bahan ini.

Wet bag (sumber: tokopedia)

6. Bantal leher

Dengan perjalanan di atas perahu kayu yang lumayan panjang (2-3jam) tanpa sandaran kepala yang memadai, sebaiknya anda membawa serta bantal leher demi kenyamanan leher dan kepala. Anda tidak ingin menderita kaku leher dan bahu saat waktunya berpesiar, bukan?

Bantal leher

7. Topi

Cuaca di wilayah ini terkadang agak sulit diprediksi. Pastikan anda membawa topi karena jika matahari muncul, teriknya bisa sangat menyengat.

8. Jaket/pasmina

Berada di atas perahu dengan jangka waktu yang panjang sama artinya dengan terpaan angin yang cukup kencang di sepanjang perjalanan. Gunakan jaket atau pasmina untuk melindungi diri anda.

9. Tabir surya

Tampaknya ini alat perang nomor satu bagi siapapun yang berniat menjelajahi Indonesia. Berlimpahnya sinar matahari, terutama di laut dan pulau-pulau kecil, membuat benda ini wajib dibawa demi menghindari kulit terbakar.

10. Permen

Benda ini perlu dibawa bukan untuk keperluan anda, tetapi untuk dibagi dengan anak-anak kecil yang akan anda temui di sana. Percayalah, mereka akan menyukai anda karenanya. Tak ada anak kecil menolak permen, bukan?

air-jernih-di-pantai-labengki
Anak Suku Bajo di Labengki Kecil. Bagi permen ya, Kakak!

Selamat menjelajah!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

5 Comments
  1. Bunda Biya says

    Jalan2 mulu mba tikaa mau ikut dong 😀

    1. Tika says

      Hayukk mbak

  2. Kawanimut says

    Wow amazing

  3. Lita says

    Tabir surya yg gimana ya enaknya.. apa cukup bedak mengandung spv?

    1. Tika says

      Bedak kena air ilang, lebih baik krim ato lotion

Leave A Reply

Your email address will not be published.