10 Cara Agar Sembuh dari Sariawan

0

Apa sih rasanya ketika kamu sedang sakit sariawan? Tentunya kamu tidak akan enak bicara apabila untuk makan karena bibir sedang perih. Selain itu pula, sariawan pun juga dapat membuat suasana menjadi kacau dan mengacaukan pikiran sehingga emosi menjadi cepat marah. Bahkan untuk sikat gigi pun rasanya sangat sakit.  Maka dari itulah, kamu perlu mengobati sariawan tersebut agar cepat sembuh dengan cara berikut ini.

1. Kunyit

Image: detik.net.id

Cara mengobati sariawan yang pertama adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit sendiri adalah termasuk rempah-rempah yang selalu wajib harus ada di dapur untuk dimasak. Bila kunyit terkena tangan tentunya akan mengubah warna kulit menjadi kuning. Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati ketika menyentuh kunyit. Kunyit sendiri juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengobati sariawan yang ada dibibir. Kamu hanya perlu menghaluskan kunyit dengan sedikit air hangat hingga membentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan bahan itu pada bagian sariawan.

2. Minyak Kelapa

Image: beritagar.id/

Cara mengobati sariawan yang kedua adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa sendiri sudah dibilang menjadi bahan yang sangat erat dalam kehidupan kita sehari-hari. Jika kamu ingin memasak makanan, kamu dapat menggunakan minyak kelapa. Apalagi jika minyak kelapa yang kamu pakai setiap hari dibuat sendiri tentunya hal ini akan lebih sehat dibandingkan harus membeli di luar dan kamu belum tahu keaslian minyak kelapa tersebut. Minyak kelapa pun juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sariawan dengan cara mencampurkan minyak kelapa bersama madu. Lalu oleskan pada sariawan.

3. Bawang Putih

Image: http://sehatalamiku.blogspot.com

Cara mengobati sariawan yang ketiga adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih sendiri termasuk bumbu dapur yang bisa dibilang adalah wajib untuk dimasukkan pada setiap masakan agar cita rasa semakin nikmat. Bawang putih pun juga dapat digunakan untuk pengobatan.

Beberapa orang menyakini bahwa bawang putih dapat mengusir kuman yang ada pada tubuh. Salah satunya adalah mengobati sariawan dengan cara memotong bawang putih ataupun menghaluskan bawang putih. Kemudian oleskan pada sariawan.

4. Garam

Image: hellosehat.com

Cara mengobati sariawan keempat adalah dengan menggunakan garam. Garam pastinya sudah tidak asing bagi kamu karena setiap makanan yang kamu makan biasanya mengandung garam. Setiap makanan pastinya akan dimasukkan garam agar makanan mempunyai rasa yang sesuai lidah kita masing-masing.

Ada orang yang menyukai dengan rasa asin yang kuat dan ada pula yang hanya suka bila terasa sedikit asin. Tentunya setiap orang mempunyai pendapat masing-masing. Hal itu tergantung pada kebutuhan kita masing-masing. Garam sendiri mengandung sodium sehingga ampuh untuk mengusir sariawan. Caranya kamu hanya perlu berkumur-kumur dengan air garam secara rutin setiap hari selama beberapa kali.

5. Kopi

Image: http://primaradio.co.id

Cara mengobati sariawan kelima adalah dengan cara menggunakan kopi. Kopi berasal dari biji yang diproses menjadi bubuk agar dapat kamu hidangkan secara mudah setiap harinya. Kopi biasanya diminum pada pagi hari ataupun cuaca sedang dingin. Kopi sendiri tentunya mempunyai rasa pahit bila diminum.

Selain untuk diminum, kopi juga dapat menyembuhkan penyakit yang ada di tubuh kita yaitu menghilangkan sariawan yang telah menyiksa bibir kita. Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan bubuk kopi pada bagian sariawan selama 30 menit lalu kumur-kumur mulut hingga bersih.

6. Bawang Merah

Image: http://bawanggorengafza.blogspot.com

Cara mengobati sariawan keenam adalah dengan bawang merah. Bawang merah sendiri telah dipercaya oleh orang tua zaman dulu dapat menyembuhkan sariawan. Walaupun kita tahu bahwa bawang merah rasanya tidak enak bila dikunyah ataupun digigit. Untuk mengobati sariawan itu sendiri, kamu hanya perlu memotong bawang merah menjadi beberapa bagian.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah jangan menyentuh mata setelah memotong bawang merah karena hal tersebut akan membuat perih mata. Lalu tempelkan irisan bawang merah pada sariawan selama beberapa kali dalam sehari. Biarkan bawang merah menetap di sariawan selama sepuluh menit. Kemudian bersihkan mulut dengan cara berkumur.

7. Madu

Image: https://desakabut.com

Cara mengobati sariawan ketujuh adalah dengan menggunakan madu. Setiap orang pastinya menyukai madu karena rasanya yang enak dan dapat membuat tubuh menjadi sehat. Selain rasa manis, madu pun juga ada rasa pahit. Tentunya madu pahit jarang sekali diminum orang kecuali untuk kesehatan. Salah satu manfaat kesehatan dari madu tentunya adalah untuk menyembuhkan sariawan.

Kamu hanya perlu mengoleskan madu pada bagian sariawan. Pastikan bila madu yang kamu gunakan adalah madu asli agar proses penyembuhan menjadi cepat. Maka dari itulah, kamu perlu berhati-hati dan selektif ketika membeli madu.

8. Daun Sirih

Image: bukalapak.com

Cara mengobati sariawan kedelapan adalah dengan menggunakan daun sirih. Tentunya kamu tidak asing dengan daun sirih. Apalagi daun sirih sendiri menjadi kesukaan orang tua khususnya nenek-nenek untuk giginya. Daun sirih sendiri bisa dibilang bisa digunakan untuk berbagai hal bahkan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Kamu hanya perlu mengunyah daun sirih seperti sedang makan. Setelah itu, jangan lupa untuk mengeluarkan daun sirih lagi. Pastikan bila daun sirih dicuci terlebih dahulu agar aman ketika dikunyah. Ketika sudah selesai, kamu dapat berkumur-kumur dengan air.

9. Es Batu

Image: tokomesin123.com

Cara mengobati sariawan kesembilan adalah dengan cara menggunakan es batu. Untuk mendapatkan es batu tentunya kamu harus memasukkan air ke dalam cetakan es batu dan tunggu hingga seharian. Setelah itu, air akan menjadi beku yang mana kita memanggilnya es batu.

Tetapi sebelumnya pastikan bila air yang akan dijadikan es batu adalah air matang agar tidak membuat sakit perut. Untuk mengobati sariawan sendiri kamu dapat menggunakan es batu mentah ataupun matang karena es batu tidak akan dimakan oleh kamu melainkan es batu akan diselimuti kain bersih lalu tempelkan pada pipi dekat daerah sariawan.

10. Air Putih

Image: http://gunadari.blogspot.com

Cara mengobati sariawan terakhir adalah dengan meminum air putih yang banyak. Bisa jadi kamu mendapatkan sariawan karena beberapa hari sebelumnya pemenuhan air putih untuk tubuhmu berkurang sehingga tubuh bereaksi dengan cara memunculkan sariawan pada bibirmu. Maka dari itu, pastikan bila setiap hari kamu meminum banyak air putih dan sesuai dengan takaran tubuhmu. Kekurangan air putih nyatanya juga berpengaruh pada organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, kamu tidak boleh mengganggap remeh hal tersebut.

Semua orang pastinya tidak menginginkan dengan penyakit yang ada ditubuhnya apalagi bila menderita sariawan karena hal ini dapat menyusahkan aktivitas sehari-hari kita bahkan membuat nafsu makan menurun. Bahkan lebih parahnya sariawan membuat malas kita untuk berbicara. Maka dari itulah, kita perlu menjaga kesehatan yang mana salah satunya adalah dengan cara meminum air putih secara rajin setiap harinya. Hal tersebut tentunya tidak sulit bila dilakukan setiap hari guna mencegah penyakit datang kembali.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.