10 Cara Jitu Hadapi Anak Obesitas

0

Dalam hidup ini pastinya setiap manusia membutuhkan yang namanya makan. Makan sendiri menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan setiap harinya. Ketika seseorang sehari saja tidak makan pastinya dirinya akan kelaparan serta dapat sakit. Makan menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan makhluk hidup. Hal inilah yang menyebabkan seseorang tidak bisa jauh-jauh dari makanan setiap jamnya bahkan kita menyediakan stok makanan di rumah agar tidak kelaparan.

Bagi anak-anak pastinya makan adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Berbeda halnya dengan orang dewasa ketika mereka merasa lapar mereka akan langsung makan. Lain halnya seorang anak-anak, makan pun harus dipaksakan agar perut mereka tidak kosong.

Bila anak makan dengan lahap pastinya orang tua akan senang. Namun bila anak susah untuk makan pastinya orang tua akan stress memikirkan cara agar anak makan lahap. Anak yang doyan makan biasanya akan memiliki badan yang berbeda dari anak normal lainnya. Badan anak pun akan lebih besar dan terlihat gemuk.

Bila anak gemuk dibiarkan begitu saja hingga dewasa tentu saja hal tersebut tidak akan bagus untuk kesehatannya. Berikut ini cara mengatasi anak obesitas.

 

1. Menentukan Berat Badan Ideal

Image: https://panduancara.com

Cara pertama ketika menghadapi anak obesitas adalah kita sebagai orang tua yaitu harus mengetahui berat badan ideal yang cocok dengan kondisi tinggi badan si anak.Dengan begitu hal ini dapat memudahkan kita mengetahui berapa banyak kilogram yang harus diturunkan oleh anak. Untuk perhitungan berat badan normal sendiri dengan cara tinggi badan dikurangi seratus.  Anak obesitas pastinya bila dihitung dengan cara tersebut pastinya akan melewati batas badan normal.

 

2. Jauhkan Anak dari Obat Pelangsing

Image: https://promosi.bhinekastore.id

Dalam masa pertumbuhan pastinya tubuh anak akan mengalami perubahan sehingga yang tadinya tubuh anak kurus dapat menjadi gemuk bahkan sebaliknya. Dalam hal ini anak yang bertambah tinggi dan menjadi besar tentunya dikatakan anak yang sehat.

Namun apabila anak tumbuh secara berlebihan pastinya hal ini dapat berbahaya bagi sang anak. Beberapa orang tua pun mengambil jalan untuk menguruskan tubuh sang anak dengan obat pelangsing padahal hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh sang anak.

 

3. Mengajak Anak Berolahraga

Image: https://blog.gotomalls.com

Olahraga pada nyatanya tidak hanya dilakukan untuk orang dewasa saja namun hal ini juga dapat dilakukan oleh anak-anak. Bila anak-anak terbiasa berolahraga sejak kecil  pastinya dirinya akan mencintai olahraga hingga dewasa. Namun sebaliknya bila anak-anak hanya senang makan dan menonton tv pastinya tubuh akan semakin besar dan lebar.

Dalam hal ini, orang tua perlu berinisiatif mengajak anak secara rutin untuk berolahraga agar anak tidak malas untuk menurunkan berat badannya.

 

4. Hindari Minuman Kemasan Gula Tinggi

Image: https://www.dailysatu.com

Baik orang dewasa ataupun anak-anak pastinya sangat menyukai dengan minuman kemasan gula tinggi karena rasanya yang manis serta harganya yang murah. Terlalu sering mengonsumsi minuman kemasan gula tinggi nyatanya hal ini dapat memicu terjadinya obesitas.

Apalagi minuman kemasan tersebut mengandung bahan kimia serta gula yang belum tentu tubuh kita butuhkan. Maka dari itu, ada baiknya bila menghindarkan anak dari minuman kemasan bergula tinggi.

 

5. Minum Air Putih

Image: https://www.zwitsal.co.id

Salah satu hal yang dapat membantu mengatasi anak obesitas adalah memberikan banyak minum air putih pada  anak. Air putih sendiri merupakan salah satu yang tidak boleh dihindarkan oleh tubuh manusia. Ketika tubuh kita kekurangan air putih pastinya hal ini akan memicu dehidrasi bahkan menimbulkan berbagai penyakit terutama ginjal.

Dalam hal ini, cobalah untuk menjadwalkan anak agar minum air putih secara rajin sehingga tubuhnya mendapatkan asupan air putih yang cukup. Jauhkan anak dari minuman kemasan yang mana tidak berguna untuk tubuh sang anak.

 

6. Larang Anak Jajan Sembarangan

Image: http://dunia-shared.blogspot.com

Anak-anak suka sekali dengan yang namanya jajan. Ketika mereka sudah ketagihan dengan suatu makanan pastinya anak-anak akan minta lagi dan minta lagi. Dalam hal ini tentu saja orang tua perlu mengkontrol sang anak agar tidak jajan secara bebas. Apalagi jajanan yang dijual luar rumah belum tentu sehat untuk tubuh.

Hal inilah yang memicu anak menjadi gemuk karena makan jajanan tanpa diawasi oleh orang tua. Oleh karena itu, apabila anak meminta uang jajan untuk makan jajanan sembarangan maka ada baiknya bila orang tua melarangnya  dan memasakkan masakan kesukaannya di rumah.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anak Cerewet dengan Tepat

7. Memberikan Makanan di Rebus

Image: https://www.youtube.com

Bila biasanya orang tua suka memberikan makanan yang digoreng pada anak maka ada baiknya bila ingin menurunkan berat badan anak maka gantilah dengan makan-makanan yang direbus ataupun dikukus.

Minyak yang menempel pada makanan tentunya kurang begitu sehat pada tubuh dibandingkan dengan makanan yang direbus. Makanan yang direbus tentunya tidak meninggalkan hal apapun di makanan tersebut.

 

8.  Atur Jam Bermain Game

Image: https://www.droidlime.com

Salah satu hal yang dapat membuat anak menjadi malas dan makan melulu adalah diam dan bermain game, komputer ataupun bermain handphone di rumah. Ketika anak sudah merasa nyaman biasanya anak akan malas dan diam terus menerus di rumah bahkan menolak untuk diajak keluar rumah.

Maka dari itulah, orang tua perlu mengatur waktu jam anak untuk bermain game agar anak tidak melulu fokus kepada gamenya di rumah. Lalu ajaklah anak untuk melakukan aktifitas yang menggerakan tubuh seperti membersihkan rumah ataupun berjalan santai di sekitar rumah.

 

9. Hindari Makanan Junk Food

Image: http://lagizi.com

Setiap orang pastinya akan menyukai dengan yang namanya junk food karena rasanya yang sangat lezat, murah dan cepat dimasak. Maka dari itulah, beberapa orang khususnya dewasa ataupun anak-anak memilih junk food karena praktis dan mudah ditemui dimana-mana.

Namun sayangnya terlalu sering memakan makanan junk food justru memicu terjadinya obesitas. Selain itu, orang tua juga perlu memberi tahu anak bahwa memakan junk food jangan terlalu sering karena makanan tersebut tidak bagus untuk tubuh sendiri.

 

10. Konsultasi Dokter

Image: https://obatginjalindonesia.com

Cara mengatasi anak obesitas yang terakhir adalah dengan cara orang tua berkonsultasi kepada dokter untuk menemukan solusi yang tepat untuk menurunkan berat badan sang anak.

Dengan begitu orang tua tidak akan mencoba hal-hal yang tidak benar untuk diterapkan kepada anak. Selain itu, orang tua akan mendapatkan banyak wawasan dari dokter karena dokter akan menjelaskan dengan sangat jelas untuk membuat anak semakin sehat di masa pertumbuhannya. Maka dari itu, orang tua tidak boleh malas ataupun takut untuk berkonsultasi dengan dokter bila mengenai pertumbuhan sang anak.

Merawat seorang anak tentunya bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh orang tua. Apalagi bila kita sebagai orang tua yang baru saja terjun ke dunia anak-anak tentunya banyak hal yang belum pernah kita pelajari di sekolah ataupun tempat kerja.

Seiring dengan berputarnya waktu tentu orang tua akan mengerti untuk merawat anak dengan baik. Khususnya bila mengatasi anak obesitas, pastinya anak obesitas harus memiliki perhatian yang ekstra agar anak memiliki tubuh normal seperti anak lainnya.

Selain itu, dibutuhkan waktu dan proses agar anak menjadi sehat kembali. Hal yang tidak boleh dihindarkan oleh orang tua adalah berkonsultasi kepada dokter anak untuk mengetahui perkembangan lebih lanjut tentang pertumbuhan anak dengan baik.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.