10 Kiat Sukses Menghadapi Dunia Kerja

0

Ketika kita sudah tamat sekolah pastinya dalam diri kita ini menginginkan yang namanya bekerja. Untuk bekerja sendiri tentunya bukanlah hal yang mudah karena kita harus melewati sebuah seleksi agar diterima pada sebuah Perusahaan. Proses seleksi tersebut tentunya membutuhkan waktu yang panjang bahkan bisa dibilang hingga 1 bulan. Setelah itu, kita dapat bekerja di perusahaan dengan jabatan yang telah kita lamar.

Namun disisi lain, ketika kita baru pertama kali kerja pastinya ada rasa takut, dan cemas untuk memulai pekerjaan. Hal ini wajar dilakukan oleh semua orang ketika baru pertama kali bekerja memasuki perusahaan. Untuk menghilangkan rasa cemas tersebut tentunya kita harus menghadapinya. Berikut ini tips sukses untuk menghadapi dunia kerja yang patut kamu coba.

1. Siapkan Mental

Image: https://www.knowledgequarter.london

Cara menghadapi dunia kerja yang pertama adalah dengan cara kita menyiapkan mental kita dengan baik untuk menghadapi dunia kerja yang mana belum pernah kita cicipi sebelumnya. Dunia sekolah dengan dunia kerja tentunya memiliki perbedaan yang sangat berbeda. Ketika di sekolah, kita akan diberikan banyak materi. Berbeda bila di dunia kerja terkadang materi dengan kenyataan di lapangan sangat berbeda. Sehingga hal inilah yang dapat membuat kita bingung dan tidak pede untuk bekerja.

Namun sikap bingung dan tidak pede perlu kita jauhkan mulai dari sekarang karena hal yang kita butuhkan adalah mental kuat untuk tetap bertahan agar menjalankan aktifitas pekerjaan.

2. Berpenampilan Rapi

Image: https://www.dictio.id

Salah satu hal yang membuat orang lain menghargai diri Anda yaitu karena penampilan Anda yang rapi dan bersih. Tentunya dalam hal ini orang lain tidak akan menganggap Anda sebelah mata. Namun akan berbeda bila Anda berpenampilan kucel, kusam dan bau pastinya beberapa orang akan menganggap bahwa Anda bukanlah orang yang baik karena penampilan yang sangat urakan.

3. Percaya Diri

Image: https://www.kata.co.id

Ketika kita sudah memasuki dunia kerja tentunya kita harus menanamkan rasa percaya diri pada diri kita agar kita lebih dihargai oleh orang lain khususnya rekan kerja dan atasan. Percaya diri juga membuat seseorang di sekitar kita menjadi lebih yakin dengan kemampuan yang kita punya.

Bila kita tidak percaya diri tentunya orang-orang di sekitar kita pun akan tidak mempercayai kemampuan yang kita miliki. Menanamkan rasa percaya diri tentunya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Percaya diri juga dapat tumbuh bila lingkungan kerja kita sangat positif. Maka dari itulah, ciptakan energi positif pada tubuh dan percaya diri pun akan menghampiri diri kita.

4. Berperilaku Baik

Image: https://www.wikihow.com

Ketika kita baru saja masuk ke dunia kerja tentunya kita akan menghadapi berbagai hal baru khususnya orang-orang baru yang akan menjadi teman kerja, ataupun rekan kerja sendiri. Dalam hal ini, kita perlu menunjukkan perilaku yang baik di depan teman kerja kita agar kita bisa diterima di tempat yang baru.

Untuk melakukan penyesuaian di tempat kerja baru tentunya bukanlah hal yang mudah karena kita membutuhkan waktu yang lama. Karena itulah, bersikaplah ramah di depan semua orang dengan begitu mereka akan menerimamu dengan senang hati untuk menjadi bagian dari keluarga Perusahaan.

5. Tepat Waktu

Image: http://huvisal.mn

Hal yang perlu kita tanamkan bila kita baru memasuki dunia kerja adalah kita harus tepat waktu khususnya pada waktu masuk kerja.  Ketika kita tepat waktu pastinya atasan kita akan mempercayai bahwa kita berniat untuk bekerja dan tidak main-main. Akan berbeda bila kita baru pertama kali bekerja saja kita sudah telat dan pastinya atasan kita pun akan mempertimbangkan kita untuk bekerja di Perusahaannya.

Tepat waktu sendiri juga mencerminkan seseorang bila dirinya sangat menghargai waktu yang ada. Oleh karena itu, cobalah tepat waktu ketika sudah memasuki dunia kerja agar dirimu tidak mendapatkan masalah dari Perusahaan.

Baca Juga: Cara Mengurangi Kecanduan pada Ponsel

6. Mempelajari Karakter Orang

Image: idntimes.com

Ketika kita menghadapi dunia kerja pastinya kita akan menemui berbagai orang dengan berbagai karakter. Karakter yang kita temui pastinya akan berbeda dengan karakter teman kita yang ada di sekolah. Untuk mempelajari karakter orang lain tentunya kita membutuhkan waktu yang sangat lama. Maka dari itulah, kita juga memerlukan belajar karakter orang agar hal ini dapat membantu kita ketika bekerja.

Beberapa pekerjaan nyatanya membutuhkan skill membaca karakter orang agar penjualan menjadi meningkat. Pekerjaan yang memerlukan skill membaca karakter orang yaitu seorang marketing. Hal ini akan berguna sekali agar pelanggan membeli produk yang kita jual.

7. Bersikap Positif

Image: http://pakartips.blogspot.com

Bersikap positif dalam segala hal tentu saja akan sangat bagus untuk tubuh kita. Hal inilah yang dapat membuat diri kita semakin percaya diri dan terhindar dari aura jahat ataupun penyakit yang ingin memasuki tubuh kita. Apabila kita baru saja menghadapi dunia kerja tentunya hal ini sangatlah tidak mudah.

Untuk membuat kita merasa nyaman di tempat baru maka yang perlu kamu tanamkan adalah bersikap positif. Dengan begitu kamu tidak akan takut, gugup ataupun ragu ketika sedang bekerja.

8. Memperluas Jaringan Pertemanan

Image: gotraining.co.id

Dalam dunia kerja tentunya kita juga harus memperluas jaringan pertemanan kita agar lingkaran pertemanan yang kita miliki semakin besar. Mempunyai banyak teman dimana pun berada tentunya akan sangat menguntungkan bagi diri kita. Selain itu, kita dapat berbagi dan bertukar pengalaman serta pengetahuan yang kita miliki. Memperluas jaringan pertemanan tentunya akan membuat diri kita semakin menjadi lebih positif karena kita dapat mengenal berbagai orang dari berbagai kalangan.

Untuk memperluas jaringan pertemanan tentunya dapat kita dapatkan dengan cara mengikuti sebuah komunitas. Ketika kita menemukan sebuah komunitas yang mempunyai minat sama dengan diri kita tentunya hal ini akan bermanfaat bagi diri kita sendiri.

9. Mengasah Skill

Image: idntimes.com

Tak ada salahnya bila kita sudah memasuki dunia kerja kita mengasah skill lagi. Mengasah skill menjadi lebih baik lagi tentunya akan sangat bermanfaat bagi diri kita sendiri serta dapat menjadi sebuah portfolio kinerja ataupun keistimewaan dari diri kita sendiri.

Untuk mengasah skill, kamu dapat melakukannya pada saat istirahat ataupun sehabis jam kerja. Ketika kita mempunyai waktu luang tentunya hal tersebut akan sangat berguna bagi diri kita sendiri karena kita dapat melakukan berbagai aktifitas positif.

10. Jaga Kesehatan

Image: https://www.teras.id

Cara menghadapi dunia kerja yang terakhir adalah kita tidak melupakan yang namanya kesehatan. Ketika kita sudah bekerja pastinya kita akan sibuk dan melupakan untuk makan. Apalagi bila kita terlalu kerja keras nyatanya hal ini juga dapat mempengaruhi tubuh kita menjadi lemah. Tentu saja hal ini pastinya perlu dicegah dengan cara kita menjaga pola makan kita secara teratur.

Apabila kita menjaga pola makan dengan teratur tentunya tubuh kita akan menjadi sehat. Sebuah perusahaan tentunya tidak akan peduli bila karyawannya sedang sakit. Ketika kita sakit pun pastinya kita akan mengalami sebuah kerugian. Maka dari itulah, kita perlu untuk menjaga kesehatan walaupun bekerja.

Menghadapi dunia kerja tentunya merupakan sebuah tantangan bagi orang yang baru saja lulus sekolah. Hal ini dikarenakan materi sekolah yang mereka pelajari ternyata berbeda dengan dunia kerja. Maka dari itulah, beberapa orang mengalami kecemasan. Dunia kerja sendiri nyatanya hanya perlu dihadapi oleh kita sendiri. Bila kita tidak bisa menghadapi tentunya kita akan terabaikan oleh Perusahaan dan kita akan sulit dipercaya oleh orang lain.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.