12 Cara Mengatasi Mimisan Agar Tidak Kambuh Lagi

0

Suatu hari ketika kamu sedang asyik bermain dan merasa ada yang aneh dengan hidungmu karena ada darah yang keluar pastinya hal ini akan membuat dirimu semakin panik. Selain itu, kamu langsung mencari tisu untuk membersihkan darah yang keluar agar tidak mengotori baju. Darah yang keluar dari hidung itu sendiri dinamakan mimisan. Apabila kamu merasakan mimisan secara mendadak maka kamu perlu mengobatinya dengan cara berikut ini.

1. Tenang

cara mengatasi mimisan
Image: http://vikokeleven.blogspot.com

Cara mengatasi mimisan yang pertama adalah kamu sendiri harus tenang dan rileks. Beberapa orang yang tidak dapat mengontrol emosi ketika sedang mimisan pastinya akan langsung panik dan membuat orang di sekitar ikutan menjadi semakin panik. Tentunya kamu tidak ingin membuat keadaan menjadi semakin kacau bukan? Maka dari itulah, kamu hanya perlu tenang agar bisa berpikir untuk menyembuhkan mimisan. Jika kamu tidak bisa berpikir tenang pastinya kamu tidak akan bisa berpikir dengan baik. Mimisan sendiri tentunya dapat sembuh dengan cepat bila kamu berpikir secara logis dan mengambil tindakan dengan benar.

2. Tutup Hidung

Image: hellosehat.com

Cara kedua untuk mengatasi mimisan adalah dengan cara menutup hidung  selama 10 menit agar darah dapat berhenti. Apabila darah masih saja keluar dan tidak berhenti maka tutup kembali hidung selama 10 menit. Untuk bernapas sendiri, kamu dapat melakukannya melalui mulut. Jika darah yang keluar sangat banyak bahkan lebih dari 30 menit itu tandanya kamu harus pergi ke dokter.

3. Es Batu

Image: https://www.kabarsehatku.com

Cara ketiga untuk mengatasi mimisan sendiri adalah dengan cara menggunakan es batu. Beberapa orang ketika sedang mengalami mimisan terkadang berpikiran untuk memberikan es batu untuk ditaruh pada hidung dengan cara dikompres. Cara tersebut ternyata tidak efektif. Untuk membuat darah cepat berhenti maka ada baiknya apabila kamu memasukkan es batu pada mulut agar menurunkan suhu tubuh menjadi lebih dingin.

4. Semprotan Hidung

Image: https://m.id.aliexpress.com

Cara keempat untuk mengatasi mimisan adalah dengan cara menggunakan semprotan hidung oksimetazolin. Apabila mimisan datang, kamu dapat menyemprotkan semprotan oksimetazolin pada kapas. Kemudian masukkan kapas pada hidung selama 1 jam hingga terasa bahwa mimisan sudah berhenti. Gunakan semprotan oksimetazolin hanya seperlunya saja karena hal ini dapat membuat kamu ketergantungan. Semprotan tidak boleh dilakukan lebih dari 3 kali dalam sehari. Perlu diperhatikkan bahwa semprotan hidung ini hanya diperbolehkan untuk penderita mimisan jika tidak mempunyai penyakit tekanan darah tinggi.

5. Air Hangat

Image: http://www.kreyolasjourneys.com/

Ketika mimisan datang  hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara menggunakan air hangat untuk membersihkan hidung dan wajah yang terkena ceceran darah. Hal ini dapat membuat suhu badan menjadi hangat sehingga badan kamu menjadi lebih rileks. Selain itu, hal ini juga dapat menghambat darah untuk datang kembali.

Baca Juga: 9 Tips Cara Menghilangkan Stress Secara Alami

6. Istirahat

Image: https://agustinaelisa17.files.wordpress.com

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan apabila mimisan adalah dengan cara beristirahat. Bisa jadi mimisan datang karena kamu sedang lelah dan terlalu banyak pikiran yang dipikirkan sehingga hal ini memicu dirimu menjadi stress. Ketika stress, penyakit yang ada di tubuh dapat kambuh. Akan tetapi, apabila badan kita selalu berpikir positif dan rileks tentunya mimisan tidak akan datang tiba-tiba ke tubuhmu sendiri. Ada baiknya kamu beristirahat selama seharian agar membuat otak dan pikiranmu menjadi rileks kembali. Dengan begitu, mimisan tidak akan datang kembali.

7. Tidak Bersin

Image: https://www.eluniverso.com

Cara ketujuh untuk mengatasi mimisan adalah dengan cara kamu tidak bersin ataupun mengorek-ngorek hidung dengan tangan kamu. Hal ini tentunya akan membuat mimisan tidak berhenti. Kita sendiri tidak akan tahu dengan keadaan tangan apakah kotor ataupun bersih. Bila kamu sembarangan memasukkan tangan ke hidung yang mana menyebabkan kita menjadi bersin tentunya kuman dapat masuk ke hidung dengan mudahnya. Dengan begitu, hal ini akan memperparah keadaan karena mimisan akan terus berdatangan.

8. Tidak Menelan

Image: http://www.1health.id

Salah satu hal yang dapat terjadi ketika kamu mengalami mimisan adalah darah dapat tertelan oleh tubuh kamu. Darah yang muncul di hidung kamu tentunya akan merugikan tubuh yang lainnya sehingga darah dikeluarkan melalui hidung. Apabila darah sampai tertelan oleh tubuh kamu, hal ini dapat melukai perutmu. Tentunya hal ini akan membuat masalah baru bahkan menimbulkan penyakit baru yang mana pastinya kamu ingin sembuh dari mimisan bukannya menambah penyakit yang lainnya.

9. Cuka

Image: https://foodia.com

Cuka yang biasa kamu gunakan untuk memasak ternyata dapat berfungsi untuk mengatasi mimisan yang datang ke tubuhmu. Cuka biasanya sering disediakan di dapur kamu untuk membuat cita rasa makanan menjadi sangat lezat. Selain itu pula, cuka sangat mudah ditemukan di supermarket bahkan harganya sangat murah.  Untuk memberhentikan mimisan dengan cuka, kamu hanya perlu menyediakan kapas bersih lalu tetesi cuka secukupnya. Kemudian taruh kapas pada hidung hingga darah berhenti dan tidak datang kembali.

10. Berobat ke Dokter

Image: http://ciridanpenyebabtrachoma.over-blog.com

Cara kesepuluh untuk mengatasi mimisan adalah dengan cara berobat ke dokter. Mimisan pada normalnya biasanya tidak lebih dari 30 menit dan hanya muncul sebentar. Akan tetapi apabila mimisan datang berkali-kali dalam sehari dan membuat kepala kamu menjadi pusing itu tandanya kamu harus berobat ke dokter karena mimisan yang menghampiri tumbuhmu bukanlah mimisan biasa. Bisa jadi ini adalah pertanda bahwa kamu mempunyai penyakit lain tetapi kamu tidak menyadari dan tidak mengetahuinya. Maka dari itulah, kamu perlu berobat agar dokter dapat mengambil tindakan yang cepat untuk menyembuhkan penyakitmu tersebut.

11. Garam

Image: https://rambutdanketombe.blogspot.com

Cara kesebelas untuk mengatasi mimisan adalah dengan cara menggunakan garam. Setiap orang pastinya mengenal baik dengan garam karena rasanya yang sangat luar biasa asin. Sebuah makanan tanpa garam pastinya akan terasa tidak ada apa-apanya. Maka dari itulah,  garam selalu dibutuhkan untuk membuat rasa makanan menjadi gurih. Tapi tahu ga sih kamu kalau ternyata garam juga berguna untuk pengobatan seperti menghentikan mimisan? Untuk memanfaatkan garam agar mimisan berhenti, kamu juga membutuhkan air hangat untuk dicampur dengan garam. Lalu siramkan ke hidung kamu secara pelan-pelan agar darah berhenti.

12. Bawang Merah

Image: https://pasartunggal.com

Cara mengatasi mimisan yang terakhir adalah dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah juga termasuk bumbu dapur yang biasanya oleh orang tua kita sediakan di dapur. Menggunakan bawang merah untuk menghentikan mimisan tertentu tergolong cara yang aman karena menggunakan bahan-bahan alami. Kamu hanya perlu menghaluskan bawang merah. Kemudian peras dan ambil airnya. Air bawang merah tersebut akan dimanfaatkan untuk mengobati mimisan. Lalu celupkan kapas bersih pada air bawang merah. Taruh kapas pada hidung hingga 10 menit.

Mimisan yang datang ke tubuh pastinya tidak boleh dianggap remeh apalagi bila mimisan sering datang secara tiba-tiba ketika badan sedang lemah ataupun stress. Untuk mengetahui penyebab dan menyembuhkan total mimisan agar tidak datang kembali tentunya kamu tidak boleh sembarangan untuk mengambil tindakan. Maka dari itulah, solusi yang tepat adalah berobat ke dokter.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.