12 Cara menghilangkan Karang Gigi Tanpa Perlu ke Dokter Gigi

0

Apa sih rasanya jika kamu tahu bahwa mulutmu bau? Tentunya kamu merasa tidak enak dan tidak pede ketika ingin berbicara kepada orang lain. Bisa jadi bau mulut disebabkan karena gigimu memiliki banyak karang gigi. Karang gigi sendiri tentunya harus dibersihkan secara rutin minimal enam bulan sekali. Untuk menghilangkan karang gigi sendiri, kamu perlu pergi ke dokter gigi. Akan tetapi, beberapa orang takut untuk pergi ke dokter sehingga mereka menghilangkan karang gigi dengan cara berikut ini.

1. Menggosok Gigi

menggosok gigi dengan benar
Image: media.beritagar.id

Cara menghilangkan karang gigi yang pertama adalah dengan cara menggosok gigi. Setiap hari pastinya kita selalu menggosok gigi.  Akan tetapi, karang gigi selalu muncul di gigi. Bisa jadi hal ini disebabkan karena kamu tidak menggosok gigi dengan benar sehingga tidak semua gigi tergosok dengan bersih khususnya pada bagian ujung atas dan ujung bawang. Maka dari itulah, pertama-tama kamu harus tahu bagaimana menggosok gigi dengan baik dan benar. Dengan begitu karang gigi tidak akan datang ke gigimu lagi.

2.  Lidah Buaya

Image: https://annunaki.files.wordpress.com

Cara menghilangkan karang gigi yang kedua adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya sangat identik dengan lendirnya yang digunakan untuk berbagai hal dan diolah sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, tanaman lidah buaya sangat mudah ditanam. Untuk melindungi diri, lidah buaya mempunyai duri dibagian sisinya. Maka dari itulah, kamu perlu berhati-hati ketika memegang lidah buaya karena bisa melukai tangan. Lidah buaya sendiri nyatanya bermanfaat untuk menghilangkan karang gigi dengan cara kamu memanfaatkan lendir lidah buaya itu sendiri. Kamu hanya perlu mengoleskan lendir pada bagian karang gigi dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, kumur-kumur mulut dengan air hangat.

3. Jambu Biji

Image: http://pedomanbengkulu.com/

Cara menghilangkan karang gigi yang ketiga adalah dengan cara menggunakan buah jambu biji. Memakan buah jambu biji tentunya sangat enak dan menyehatkan untuk tubuh. Apalagi jambu biji juga digunakan untuk memulihkan badan agar cepat sembuh. Selain itu pula, jambu biji  dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi yang ada di gigi kita dengan cara kamu memakan biji dengan sedikit garam. Hal ini dimaksudkan agar karang gigi terkelupas sedikit demi sedikit. Hal ini perlu kamu lakukan secara rutin.

4. Keju

Image: medium.com

Cara menghilangkan karang gigi yang keempat adalah dengan menggunakan keju. Keju sendiri bila dimakan secara langsung pastinya akan terasa asin di lidah. Maka dari itu, keju dimasukkan ke dalam beberapa bahan agar rasanya semakin nikmat dan membuat nafsu makan menjadi meningkat. Selain untuk dikonsumsi, keju pun juga dapat digunakan untuk kesehatan seperti menghilangkan karang gigi yang menumpuk pada gigi. Caranya hanya dengan cara memakan keju secara rutin setiap harinya.

5. Cuka Putih

Image: http://kumalart006.blogspot.com

Cara menghilangkan karang gigi kelima adalah dengan menggunakan cuka putih. Bisa dibilang cuka putih menjadi langganan untuk kesehatan. Maka dari itulah, wajib bagi kamu untuk menyediakan cuka putih di rumah. Selain untuk kesehatan, cuka putih pun juga bisa untuk meracik makanan agar mempunyai rasa. Untuk menggunakan cuka putih sebagai obat penghilang karang gigi, kamu hanya perlu berkumur-kumur setelah menggosok gigi.

6. Daun Sirih

Image: hellosehat.com

Cara menghilangkan karang gigi keenam adalah dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih sendiri sudah terkenal karena khasiatnya baik untuk kesehatan ataupun untuk membuat tubuh kita menjadi cantik. Daun sirih biasanya dihaluskan terlebih dahulu ataupun direbus bila kita ingin menggunakannya untuk pengobatan ataupun mempercantik tubuh. Akan tetapi untuk menghilangkan karang gigi sendiri, kamu perlu mengunyah daun sirih secara perlahan. Pastikan sebelum dikunyah, daun sirih dalam keadaan bersih. Selain itu, tambahkan bubuk cengkeh pada daun sirih.

7. Jeruk

Image: beritagar.id

Cara menghilangkan karang gigi ketujuh adalah dengan menggunakan jeruk. Jeruk sendiri ada yang memiliki rasa manis dan ada pula yang asam. Di Indonesia sendiri, jenis jeruk sangat beraneka jenis dan ukuran. Jeruk pada umumnya dimakan secara langsung. Bila bosan dimakan secara langsung, kamu dapat membuat jus jeruk. Selain untuk dimakan, jeruk juga dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi. Kamu hanya perlu memanfaatkan kulit jeruk. Sebelum digosok-gosok ke gigi, pertama-tama jeruk harus dibersihkan terlebih dahulu agar lebih bersih dan aman.

8. Baking Soda

Image: medicalnewstoday.com

Seperti yang sudah kita tahu bahwa baking soda sangat terkenal untuk menghilangkan karang gigi. Baking soda sendiri sangat gampang untuk kita cari. Untuk menggunakan baking soda dalam menghilangkan karang gigi sendiri sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan baking soda secara rutin pada gigi. Hal ini agar baking soda dapat bekerja cepat untuk meretakkan karang gigi yang menempel di gigi kita.

9. Permen Karet

Image: hellosehat.com

Cara menghilangkan karang gigi termudah lainnya adalah dengan menggunakan permen karet. Tanpa kamu sadari bahwa permen karet juga dapat berperan untuk menghilangkan karang dan juga membunuh bakteri penyebab plak. Selain itu, permen karet juga membuat mulut kita semakin wangi sehingga hal ini akan membuat kamu menjadi pede tanpa takut bau mulut. Walaupun pada nyatanya karang gigi dapat memicu bau mulut. Maka dari itulah, kita perlu rajin menghilangkan karang gigi.

10. Obat Kumur

Image: https://indonesia.forwiki.co

Cara menghilangkan karang gigi kesepuluh adalah dengan menggunakan obat kumur. Salah satu kegiatan yang wajib kamu masukkan ke rutinitas sehari-hari adalah berkumur dengan obat kumur. Menyikat gigi setiap hari nyatanya tidak cukup karena belum tentu semua gigi dapat tersikat dengan baik. Maka dari itulah, kamu membutuhkan obat kumur agar menyentuh seluruh bagian gigi sehingga karang gigi pun juga ikut terlepas secara perlahan-lahan.

11. Flossing

Cara menghilangkan karang gigi kesebelas adalah dengan menggunakan flossing. Flossing sendiri akan sangat mudah dilakukan oleh kita karena kamu hanya perlu memasukkan benang ke sela-sela gigi. Hal ini dapat kamu lakukan setelah makan karena sisa makanan akan menempel pada gigi. Apabila menggunakan sikat gigi tentunya sela-sela gigi akan sulit untuk diraih. Maka dari itulah, untuk menghilangkan karang gigi di sela-sela gunakan flossing. Kamu hanya perlu berhati-hati ketika memasukkan benang ke gigi agar tidak terluka. Bersihkan sela-sela gigi secara rutin agar karang gigi tidak muncul kembali.

12. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan karang gigi terakhir adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Sudah tidak perlu ditanyakan lagi dengan kegunaan minyak zaitun. Seperti yang kita tahu bahwa minyak zaitun selalu dibutuhkan dalam hidup ini. Selain untuk perawatan luar tubuh, minyak zaitun pun juga dapat bermanfaat untuk dalam tubuh. Untuk menghilangkan karang gigi dengan minyak zaitun, kamu hanya perlu mencampurkan minyak zaitun dengan cengkeh. Cengkeh terlebih dahulu harus dihaluskan. Setelah itu oleskan pada area gigi secara merata tanpa terkecuali.

Karang gigi yang menempel pada gigi nyatanya dapat kembali lagi jika kamu tidak membersihkan gigi dengan benar. Maka dari itulah, kamu perlu mencegahnya dengan menggosok gigi secara teratur dan benar. Ketika kamu menggosok gigi dengan benar tentunya karang gigi tidak akan muncul bahkan mulutmu akan terhindar dari karang gigi selamanya.

Featured Image: akurat.co

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.