12 Cara Mengusir Lalat Secara Aman dan Murah

0

Ketika kamu sedang asyik makan tiba-tiba lalat menghampiri makananmu, tentunya hal ini sangat menyebalkan bukan? Apalagi lalat dapat memberikan penyakit jika lalat hinggap di makanan. Akan tetapi, ketika lalat sudah diusir oleh kita, hal tersebut tidak membuat jera lalat yang mana lalat datang kembali. Mungkin saja cara yang kita gunakan untuk mengusir lalat salah sehingga lalat datang lagi. Berikut ini cara mengusir lalat yang benar agar lalat tidak menghampiri makanan kita lagi.

1. Cengkeh

cara mengusir lalat dengan cepat
Image: https://www.khasiat.co.id

Cara mengusir lalat yang pertama adalah dengan menggunakan cengkeh. Cengkeh sendiri memiliki bau yang harum dan rasa yang manis. Cengkeh juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan baik untuk perawatan tubuh ataupun pengobatan tubuh. Di samping itu pula, cengkeh dapat digunakan untuk mengusir lalat. Untuk mengusir lalat dengan cengkeh, kamu hanya perlu mempersiapkan mangkok kecil dengan diisi air kemudian taruh cengkeh. Taruh mangkok di tempat lalat biasanya datang. Dengan begitu, lalat tidak akan kembali lagi.

2. Lilin

Image: https://i.ytimg.com

Benda yang biasanya digunakan untuk memberikan penerangan ketika sedang gelap ataupun mati lampu ini ternyata bisa mengusir lalat. Walaupun di zaman modern ini, lilin sendiri sudah tidak begitu penting untuk memberikan penerangan karena sudah tersedia berbagai jenis alat penerangan tanpa perlu takut akan terjadi sebuah kebakaran.

Akan tetapi, ternyata lilin sangat penting untuk rumah makan karena dapat mengusir lalat yang bandel untuk hinggap di makanan. Maka tak heran, bila kamu pergi ke rumah makan akan melihat banyak lilin yang menyala yang mana keadaan cahaya masih terang dan tidak mati listrik. Lilin sendiri hanya perlu diletakkan di dekat makanan agar membuat takut lalat untuk tidak datang.

3. Air

Image: https://penjagarumah.com

Cara ketiga untuk mengusir lalat adalah dengan menggunakan air. Air sendiri hanya perlu dimasukkan ke dalam kantong plastik lalu digantung dekat lampu. Apabila kamu pergi ke rumah makan, biasanya pemilik rumah makan akan menggunakan cara ini karena murah, aman dan praktis. Kantong air sendiri akan membuat bingung pandangan lalat ketika sedang terbang. Dengan begitu, lalat tidak akan datang ke makanan yang ingin kamu makan.

4. Lemon

Image: https://thecreative.cafe

Salah satu buah yang sangat segar untuk diminum bahkan sering dikonsumsi untuk diet ini ternyata juga berguna untuk mengusir lalat. Seperti yang kita tahu bahwa lemon mempunyai bau khas yang sangat wangi bila kita menciumnya dengan sangat dekat.

Wangi dari lemon sendiri ternyata tidak disukai oleh lalat. Oleh karena itu, lemon dapat dimanfaatkan untuk mengusir lalat dengan campuran cengkeh. Cengkeh sendiri hanya perlu ditusuk-tusuk ke lemon. Namun sebelumnya, pastikan bila lemon dipotong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian.

5. Daun Pandan

Image: https://pustakasehatku.blogspot.com

Daun-daunan yang ditanam oleh orang tua kita di depan rumah ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengusir lalat. Daun pandan selalu menjadi langganan untuk membuat harum masakan, dijadikan pewarna alami bahkan dapat membuat masakan menjadi lezat serta lembut.

Maka tak heran, bila daun pandan menjadi tanaman favorit. Untuk mengusir lalat dengan daun pandan sendiri, kamu hanya perlu memotong daun pandan menjadi kecil-kecil dan taruh pada mangkok kecil. Setelah itu, taruh di tempat langganan lalat datang agar lalat tidak datang kembali.

6. Cuka Apel

Image: https://betalicious.id/

Cuka apel sendiri ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir lalat yang sangat bandel. Caranya kamu hanya perlu menyiapkan sebuah botol, akan tetapi kamu perlu memotong atas botol agar lubang botol semakin besar.

Setelah itu, masukkan cuka apel sekitar setengah botol. Kemudian tutupi botol dengan plastik. Lalu tusuk-tusuk plastik sebesar ukuran lalat untuk lalat masuk. Tempatkan botol di daerah kesukaan lalat agar lalat masuk ke perangkat botol.

7. Lavender

Image: http://tanaman–herbal.blogspot.com

Cara mengusir lalat yang sangat mudah dan tidak membahayakan lainnya adalah dengan cara menggunakan tanaman seperti tanaman lavender. Tanaman cantik ini hanya perlu ditaruh di tempat-tempat yang disukai oleh lalat. Hal ini bertujuan agar lalat tidak datang kembali karena lalat tidak menyukai dari bau tanaman lavender tersebut.

8. Kipas Angin

Image: https://jualelektronik.com

Kipas angin yang biasanya kita gunakan agar badan menjadi dingin ini ternyata juga berguna untuk mengusir lalat. Pada beberapa rumah makan sederhana biasanya pemilik rumah makan menyediakan kipas angin untuk mengusir lalat.

Kipas angin biasanya ditaruh di dekat makanan karena menjadi langganan didatangi lalat. Angin yang dihasilkan dari kipas angin nyatanya dapat menganggu lalat untuk terbang dengan baik. Hal ini juga dapat membuat lalat terperangkap pada baling-baling kipas angin tanpa disengaja. Kipas angin dapat menjadi solusi bagi kamu untuk mengusir lalat.

9. Compact Disc (CD)

Image: https://www.videoblocks.com

Apabila kamu mempunyai CD bekas yang tidak terpakai di rumah, kamu dapat menggunakannya untuk mengusir lalat. CD sendiri mempunyai pantulan cahaya yang mana hal ini sangat ditakuti oleh para lalat. Kamu hanya perlu menggantungkan CD di langit-langit untuk menakut-nakuti lalat agar tidak datang atau menganggumu ketika sedang makan.

10. Membersihkan Sampah

Image: http://www.portalhijau.com

Bisa jadi lalat datang karena di daerah sekitarmu banyak sampah. Hal inilah yang menjadi pemicu mengapa lalat suka menghampirimu. Maka dari itulah, kamu hanya perlu membersihkan sampah. Setiap ada sampah yang menumpuk tentunya hal tersebut akan menjadi sarang dari lalat. Bila kamu ingin lalat pergi dari sampah, kamu bisa dengan cara menutup tempat sampah dan membuang sampah jauh-jauh. Dengan begitu, lalat tidak akan datang.

11. Tirai

Image: https://desainsrumahminimalis.com

Apabila lalat di rumah kamu sangat banyak bahkan kamu pusing untuk mengusirnya karena lalat selalu datang kembali walaupun telah mengusirnya dengan berbagai cara, maka sekarang ini kamu perlu memasang tirai agar lalat tidak datang lagi ke dalam rumahmu ataupun makananmu.

Tirai bisa dibilang cara yang sangat ampuh untuk mengusir lalat karena tirai memiliki lubang-lubang yang sangat kecil sehingga tirai tidak akan mungkin dimasuki oleh lalat. Jika perlu, pasang tirai di jendela, pintu ataupun daerah yang menjadi celah untuk lalat masuk.

12.  Susu

Image: https://ceritamedan.com

Cara mengusir lalat kedua belas yang dapat kamu coba adalah dengan cara menggunakan susu. Susu bisa dibilang adalah minuman yang sangat lezat dan sehat untuk diminum setiap harinya. Di satu sisi ternyata lalat menyukai dengan aroma susu sehingga hal inilah dapat membuat lalat datang.

Bila ingin memanfaatkan susu untuk mengusir lalat, kamu perlu merebus susu terlebih dahulu. Kemudian tambahkan gula dan lada bubuk dan masak selama 15 menit. Sajikan susu dalam gelas atau mangkuk. Jika lalat masuk ke dalam susu, lalat pun akan mati karena kandungan susu telah tercampurkan dengan lada.

Nah, gimana kamu sudah tahu cara untuk mengusir lalat bukan? Dijamin cara-cara di atas mudah untuk kamu praktekkan karena bahan-bahannya mudah ditemukan serta aman. Semoga cara-cara di atas sangat berguna untuk kamu mengusir lalat agar tidak datang kembali.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.