12 Tips Liburan Lebaran Bersama Keluarga

0

Setelah menjalankan satu bulan berpuasa di bulan suci Ramadhan pastinya seluruh umat muslim akan berlebaran sebagai puncak dan perpisahan dengan bulan suci ramadhan. Dalam hal ini tentu saja sangat menyedihkan apalagi bulan suci Ramadhan hanya datang setahun sekali. Di samping itu, ketika sedang berlebaran biasanya orang-orang akan memanfaatkan waktunya untuk berlibur. Liburan lebaran sendiri nyatanya sangat panjang dan lama.

Berikut ini tips liburan lebaran bersama keluarga agar menyenangkan.

Bermusyawarah dengan Keluarga

tips liburan lebaran
Image : inovasee.com

Tips liburan lebaran bersama keluarga yang pertama adalah melakukan musyawarah. Hal ini bertujuan untuk mengetahui keinginan tempat wisata apa yang ingin dikunjungi oleh anggota keluarga. Selain itu, pilihlah tempat wisata dengan kondisi keuangan yang ada. Pastikan bila tempat wisata disetujui oleh seluruh anggota keluarga agar tidak terjadi sebuah perselisihan di kemudian hari.

Kalkulasi Biaya

tips liburan lebaran
Image : kingofstreetcommunity.blogspot.co.id

Salah satu faktor yang membuat liburan menjadi lancar adalah kondisi keuangan yang ada. Bila kondisi keuangan tipis, tentu saja hal ini membuat liburan menjadi tidak bebas. Namun bila keuangan yang ada sangat baik tentu saja hal ini akan membuat liburan kita semakin mudah. Untuk itu bila keluarga sudah memutuskan ingin berlibur saat lebaran tentu saja harus mempersiapkan uang 2x lipat dari biasanya. Apalagi segala hal di musim lebaran akan menjadi sangat mahal. Hitunglah perencanaan biaya yang akan dikeluarkan nanti agar kita bisa mengetahui biaya yang nantinya akan dihabiskan. Berlibur dengan keluarga pastinya akan memakan banyak biaya yang sangat besar. Untuk itulah kita tidak boleh kaget dengan hal tersebut.

Menyewa Mobil

tips liburan lebaran
Image : tipssbisnisonline.blogspot.co.id

Apabila anggota keluarga kita sangat besar dan lokasi tempat wisata yang ditempuh sangat sulit. Maka keluarga harus menyewa mobil. Dengan menyewa mobil tentu saja hal ini dapat memperirit biaya pengeluaran. Kita hanya perlu mengeluarkan ongkos bensin untuk mobil serta biaya rental mobil. Selain itu, mobil dapat digunakan selama seharian. Namun ada baiknya bila menyewa mobil lebih awal dari sebelumnya karena biasanya pada saat menuju lebaran, penyewaan mobil akan cepat penuh dikarenakan banyak keluarga yang menyewa mobil untuk pulang kampung.

Memilih Tempat Rekreasi yang Murah

Image : ulinulin.com

Tempat rekreasi nyatanya tidak semuanya memberlakukan biaya tiket masuk secara gratis. Ada pula tempat rekreasi yang memberlakukan harga tiket yang sangat murah bahkan ada pula yang memberlakukan harga tiket dengan sangat mahal. Pastinya kita ingin sekali mencoba hal tersebut. Namun ketika liburan lebaran datang, biasanya biaya tiket pun menjadi sangat mahal karena dikategorikan dalam hari libur. Untuk menghemat biaya pengeluaran yang ada maka ada baiknya bila memilih tempat wisata dengan biaya tiket yang murah.

Menyewa Ruangan yang Besar

Image : infowisatapuncak.com

Bila ingin melakukan wisata keluar kota pastinya kita akan menginap untuk beberapa hari pada sebuah penginapan. Agar semua anggota dapat tertampung dan tidur dengan nyenyak maka kita dapat menyewa ruangan yang besar ataupun kamar yang luas untuk beristirahat. Penginapan sendiri juga merupakan faktor keberhasilan liburan menjadi menyenangkan. Pilihlah penginapan yang ramah lingkungan khususnya untuk anak-anak. Pastikan bila penginapan memiliki fasilitas bermain sehingga anak menjadi betah dan senang. Tak apa bila kita perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk sebuah penginapan namun pastinya hal ini akan setimpal dengan kebersamaan bersama keluarga yang ada.

Membawa Kamera

Image : alpirianorphoto.blogspot.co.id

Salah cara untuk mendokumentasikan liburan adalah kita mengabadikannya pada sebuah kamera. Tidak semua orang dapat menghasilkan masa liburan lebaran bersama dengan keluarga. Bahkan tidak selamanya anggota keluarga setiap tahun akan selalu utuh untuk bersama. Dengan mengabadikan liburan secara besama, hal ini akan menjadi sebuah memori yang tidak dapat kita lupakan. Bila kamu merasa berat membawa kamera maka kamu dapat menggunakan kamera HP. Setelah itu, cetaklah foto yang ada agar dapat dipajang dan diingat terus oleh seluruh anggota keluarga.

 

Konsultasi Dokter

Image : bukalapak.com

Apabila kita mempunyai anak yang masih kecil atau bayi maka hal yang perlu dilakukan sebelum berlibur adalah mengecek kondisi tubuh sang anak. Tidak semua orang yang terlihat sehat di depan kita nyatanya sangat sehat. Oleh karena itu, agar kita tidak mendapatkan penyakit ketika berlibur adalah melakukan konsultasi ke dokter guna mencegah penyakit . Ketika badan terasa sehat pastinya hal ini juga membuat liburan kita semakin menyenangkan.

Memesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Image : tukangjalanjajan.com

Salah satu hal yang dapat membuat biaya pengeluaran menjadi sangat bengkak adalah biaya tiket. Bila keluarga diharuskan untuk melakukan wisata secara jauh dan harus menggunakan tiket maka pesanlah tiket dari jauh-jauh hari.  Tiket kereta, bus ataupun pesawat pada libur lebaran akan banyak yang habis dan menjadi sangat mahal yaitu 2x dari harga normal. Untuk itulah lakukan pemesanan 6 bulan atau 4 bulan sebelumnya ketika harga tiket masih normal. Menjelang hari lebaran, biasanya segala hal akan menjadi sangat mahal. Namun setelah itu akan menjadi normal kembali.

 

Persediaan Makanan yang Banyak

Salah satu hal yang tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan sehari-hari adalah makan. Makanan adalah kebutuhan yang harus terpenuhi setiap harinya. Ketika kita tidak makan sehari saja tentu saja hal ini akan membuat kita sakit. Apalagi bila kita memutuskan untuk berlibur ketika berlebaran. Tentu saja kita harus menyiapkan banyak bekal makanan agar tidak merasa kelaparan.

Menabung Jauh-Jauh Hari

Tips liburan lebaran yang terakhir adalah menabung dari jauh-jauh hari. Hal ini dimaksudkan agar keuangan menjadi sangat baik ketika lebaran datang. Ketika keuangan sangat menipis tentu saja hal ini membuat kita untuk berpikir kembali bila ingin melakukan wisata. Berlibur bersama keluarga pastinya akan mengeluarkan uang banyak. Selain itu, pengeluaran yang sangat membengkak biasanya diakibatkan karena transportasi, ataupun belanjaan. Maka dari itu, kita harus memisahkan uang khusus travelling dengan pengeluaran lainnya agar keuangan tidak semakin parah setelah wisata.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.