15 Cara Menjadi Moderator yang Baik

0

Pada sebuah acara ataupun rapat biasanya kita akan menemukan seorang moderator yang akan mengatur jalannya acara agar berjalan sesuai dengan semana mestinya. Menjadi seorang moderator pastinya bukanlah hal yang mudah. Kita harus bisa mengontrol diri kita agar acara berjalan dengan baik. Selain itu, seorang moderator juga harus bisa bekerja sama dengan pihak manapun agar acara berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan moderator juga merupakan bagian penting dari kesuksesan sebuah acara. Ketika acara terorganisir dengan baik pastinya moderator pun juga akan mudah untuk mengatur acara hingga selesainya sebuah acara. Mengatur sebuah acara sendiri sebenarnya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan bila kita tidak mempunyai pengalaman apapun. Namun kita hanya perlu belajar agar kita menjadi seorang yang ahli.  Berikut ini cara menjadi moderator yang perlu kamu ketahui.

 

1. Mempelajari Materi Acara

cara menjadi moderator

Cara menjadi moderator yang baik yang pertama adalah kita harus mempelajari materi acara dari awal hingga akhir. Pastinya bila kita ingin memimpin suatu acara tentu kita juga harus mengetahui acara tersebut secara detil dari awal hingga akhir. Sebuah acara adalah tombak penting yang perlu kita kontrol karena merupakan bagian dari  tugas moderator itu sendiri. Cobalah untuk berkoordinasi dengan pihak acara agar kita dapat memegang acara dengan baik. Dengan begitu kamu tidak akan dibuat kebingungan ketika ingin mengatur sebuah acara dari sesi satu hingga sesi selanjutnya.

 

2. Berpenampilan yang Menarik

Sudah sewajarnya menjadi seorang moderator pastinya kita akan dilihat oleh banyak orang apalagi yang kita hadapi adalah berbagai kalangan yang pastinya memiliki pendapat yang berbeda mengenai penampilan kita. Berpenampilanlah sesuai dengan tema acara serta tidak berdandan secara berlebihan. Penampilan sendiri adalah poin penting bagi seorang moderator dalam menjalankan pekerjaannya. Moderator yang terlihat rapi di depan umum pastinya akan menampilkan kesan yang baik pada jalannya acara.

3. Sigap

Seorang moderator tentu harus memiliki sikap sigap saat situasi apapun. Contohnya saja saat panitia acara sedang sibuk namun kamu melihat bahwa acara sudah waktunya untuk berhenti maka dirimulah yang harus melakukan hal itu. Sigap dalam arti kata siap dan cepat untuk melakukan segala sesuatu tindakan  jika situasi sangat tidak baik. Kita tidak perlu menunggu perintah orang lain jika kita sudah mengetahui betul agenda acara dengan baik.

 

4. Hadir Tepat Waktu

Seorang moderator tentunya harus hadir tepat waktu sebelum acara dimulai. Bila seorang moderator datang telat tentu saja hal ini dapat membuat acara menjadi kacau bahkan membuat acara dimulai tidak tepat waktu. Saat moderator datang tepat waktu maka hal ini membuktikan bahwa moderator sangat menghargai waktu. Pastinya ini akan membuat seorang moderator tidak dipandang sebelah mata oleh orang lain. Namun akan berbeda bila moderator datang telat, pastinya acara pun juga akan ikut berantakan dikarenakan telatnya memulai acara yang tidak sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

 

5. Melakukan Briefing Sebelum Acara dimulai

Sebelumnya pastinya seorang moderator belum mengetahui mengenai jalannya acara dari awal hingga akhir. Oleh karena itu diperlukan sebuah briefing agar moderator mengenal lebih dekat dengan acara. Bila perlu moderator berkomunikasi dengan semua pihak panitia acara agar dirinya semakin mudah untuk meminta pertolongan dalam jalannya acara. Melakukan briefing adalah sesuatu yang sangat penting di awal acara agar tidak membuat bingung moderator pada saat berlangsungnya acara.

Baca Juga : Pusing Belajar Bahasa Inggris? 15 Cara Ini Cocok Untuk Kamu Para Pemula!

6. Menghormati Orang Lain

Ketika acara sudah berjalan pastinya terkadang moderator memberikan sebuah hiburan kepada penonton ataupun pengunjung. Dalam hal ini, moderator sebaiknya untuk berhati-hati dalam berbicara agar tidak menyakiti hati orang lain. Beberapa acara hiburan jarang sekali memperhatikan etika sehingga menyakiti hati pengunjung. Menghormati orang lain merupakan hal yang perlu ditanamkan oleh moderator. Bila ingin membuat sebuah hiburan ataupun lelucon ada baiknya bila moderator mendiskusikannya terlebih dahulu kepada pihak acara agar mendapatkan saran yang terbaik.

 

7. Dapat Berkomunikasi dengan Pihak Manapun

Hal yang paling penting agar sebuah acara berjalan dengan baik adalah adanya komunikasi dengan pihak penyelenggara kepada pihak pendukung. Moderator harus bisa melakukan komunikasi kepada pihak penyelenggara ataupun narasumber agar tidak terjadi kesalahpahaman. Bila perlu moderator harus banyak bertanya jika merasa ada yang belum dimengerti karena ini akan membantu moderator dalam bekerja.

 

8. Mencari Informasi Tentang Narasumber

Sudah hal wajib bagi seorang moderator untuk mencari informasi mengenai narasumber yang akan dipandunya nanti. Bila perlu informasi yang kamu cari harus sedetil-detilnya karena hal ini akan membantumu saat bekerja. Selain itu, kamu bisa meminta tambahan informasi dari pihak acara agar informasi tentang narasumber semakin kuat. Ada baiknya jika seorang moderator bertanya kepada pihak acara 1 hari sebelum dimulainya acara agar moderator dapat membuat catatan tersendiri mengenai informasi narasumber.

 

9. Membuat Catatan Kecil

Kadang kala manusia mempunyai sifat lupa tentang suatu hal. Untuk menghindarkan sifat lupa maka ada baiknya bila kamu membuat catatan kecil untuk mengingatkanmu nanti. Catatlah hal-hal penting yang ingin kamu lakukan dalam sebuah notes kecil. Hal ini akan berguna bagi dirimu saat memandu acara.

 

10. Menyiapkan Kertas Kosong

Moderator pastinya sudah mempunyai kertas kosong serta pulpen untuk dirinya mencatat hal yang penting ketika berjalannya acara. Jika dirimu melupakan barang kecil seperti itu tandanya kamu telah gagal karena tidak menyiapkan secara matang. Moderator yang baik pastinya mengetahui hal apa yang harus dipersiapkannya. Kertas kosong sendiri nyatanya akan sangat berguna ketika kamu ingin menuliskan segala hal ataupun untuk mencatat pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung untuk kamu sampaikan kepada narasumber.

 

11. Mencatat Hasil Diskusi

Ketika di akhir acara biasanya moderator akan memberikan informasi mengenai kesimpulan dari hasil rapat. Hal ini akan memudahkan narasumber ataupun peserta acara untuk mengingat kembali. Berikan informasi secara lugas, tegas dan singkat.

 

12. Memberikan Kesempatan Tanya Jawab

Dalam sebuah diskusi ataupun acara pastinya ada aja peserta acara yang penasaran dengan narasumber. Oleh karena itu, pihak moderator sendiri pun harus memberikan kesempatan kepada peserta acara untuk bertanya kepada narasumber. Batasi pertanyaan yang diajukan oleh peserta acara kepada narasumber agar tidak membuang waktu serta dapat memberikan kesempatan yang lain untuk bertanya.

 

13. Ahli dalam Mengatur Waktu

Dalam hal ini, moderator juga membutuhkan keahlian untuk mengatur waktu dalam memberikan kesempatan narasumber dalam presentasi. Pastinya hal ini tidak mudah bila narasumber sedang asyik memberikan materinya kepada peserta acara. Carilah cara jitu agar membuat narasumber mengetahui jika waktu untuk dirinya sendiri sudah habis dan perlu digantikan oleh narasumber lainnya.

 

14. Memperkenalkan Narasumber

Hal yang tak boleh dilupakan oleh moderator adalah memperkenalkan narasumber kepada peserta acara. Saat peserta acara tidak mengenal narasumber pastinya hal ini akan menyulitkan peserta acara untuk mengenal lebih dekat dengan narasumber. Namun berbeda bila moderator telah mengenalkannya di awal acara pastinya hal ini akan mempermudah narasumber untuk menjelaskan materi yang akan dibawakannya.

 

15. Foto Bersama

Cara menjadi moderator yang terakhir adalah mengingatkan moderator untuk tidak lupa  melakukan foto bersama yang mana sebagai bukti bahwa telah diadakannya acara yang telah dipandu oleh moderator tersebut. Hal ini juga sebagai dokumentasi bahwa narasumber telah berkunjung pada suatu acara. Dengan begitu, foto dapat disimpan dan dapat direview kembali bila suatu hari ingin mengadakan acara tersebut.

 

Nah, itu dia adalah beberapa penjelasan mengenai cara untuk kamu bila ingin menjadi seorang moderator. Ketika seseorang ditunjuk untuk menjadi seorang moderator pastinya hatinya akan senang karena telah dipercayai untuk memegang sebuah acara yang sangat penting. Namun, ternyata menjadi seorang moderator sendiri adalah sebuah beban berat yang mana tugasnya tidaklah mudah. Untuk itulah sebagai seorang pemula kita juga perlu belajar ataupun bertanya kepada yang sudah ahli. Dengan begitu kita akan semakin pede ketika ditunjuk untuk menjadi seorang moderator.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.