21 Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol

0

Beberapa orang berpikir menjadi pengusaha sukses pastinya akan dikelilingi oleh uang yang banyak serta kebutuhan yang cukup. Namun sayangnya tidak semua orang dapat menjadikan hal itu menjadi kenyataan. Menjadi pengusaha sukses tentunya membutuhkan waktu serta kerja keras yang tinggi. Berikut ini cara menjadi pengusaha sukses dari nol.

1. Mempunyai target

cara menjadi pengusaha sukses
Image : freepngimg.com

Cara menjadi pengusaha sukses yang pertama adalah setiap orang harus mempunyai target. Target sendiri dibentuk agar orang tersebut mempunyai target yang ingin diraihnya dalam jangka pendek serta target dalam jangka panjang. Target sendiri yang menjadikan kamu untuk semangat dalam bekerja.

2. Berani Mengambil Resiko

Image : kismis.id

Ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha pastinya kita juga berani mengambil resiko. Resiko itu bisa muncul secara mendadak bahkan bisa datang besok hari. Seorang pengusaha pastinya akan menghadapi sebuah resiko dalam menjalankan usahanya. Untuk itu, pengusaha harus bisa mengantisipasi dan memperkecil resiko yang ada.

3. Bekerja Dari Hati

Image : diinspirasiku.blogspot.co.id

Pastinya akan ada perbedaan antara bekerja dengan hati dibanding bekerja secara paksa. Bekerja dengan hati tentu kita menghabiskan waktu yang ada untuk pekerjaan sepenuhnya. Namun berbeda bila kita tidak bekerja dari hati pastinya kita akan terus menggerutu dengan pekerjaan. Bahkan pekerjaan akan tidak  selesai tepat waktu.

4. Belajar dari Orang Lain

Image : arawindaparamitha.files.wordpress.com

Dalam soal pengalaman pastinya dirimu bukanlah orang yang ahli karena kamu baru saja merintis usahamu sendiri. Untuk itu kamu memerlukan belajar dari orang lain. Ibaratnya seperti seorang murid belajar kepada seorang guru. Seorang murid pastinya akan mendapatkan ilmu dari sang guru. Sama halnya ketika kamu belajar dengan orang yang sudah berpengalaman pastinya kamu akan mendapatkan ilmunya.

5. Luangkan Waktu Untuk Mendapatkan Ide Kreatif

Image : coratcoretimaji.files.wordpress.com

Ketika kamu sedang lelah pastinya kamu membutuhkan waktu untuk beristirahat. Dalam kesempatan itu, kamu perlu meluangkan waktu agar otakmu beristirahat. Di saat otak sedang jernih pastinya akan membuat dirimu mudah berpikir. Namun berbeda bila otak kamu sedah penuh dan lesu pastinya hal ini akan membuat dirimu sulit untuk mendapatkan ide kreatif.

6. Praktik Langsung

Image : http://formulabisnisindonesia.com

Ketika otakmu sedang memiliki banyak ide maka hal yang perlu kamu lakukan adalah merealisasikan ide yang ada untuk menjadi nyata. Ketika kita menahan ide yang ada pastinya hal ini akan membuat ide bisa dicuri oleh orang lain. Namun bila kita sudah merealisasikan sebuah ide pastinya hal ini akan membuat kita semakin semangat untuk membesarkan bisnis.

7. Evaluasi Diri

Image : rumahpendidikan.id

Hal yang tidak boleh kita lewatkan ketika sedang menjalankan bisnis  yaitu kita tidak boleh melupakan yang namanya mengevaluasi diri. Mengevaluasi diri membuat kita semakin mengerti dengan keadaan serta mengetahui kelebihan serta kekurangan yang ada. Hilangkan rasa gelisah pada diri sendiri yang dapat membuat dirimu semakin tidak pede.

8. Mempunyai Kartu Nama

Image : printerous.com

Salah satu identitas yang dapat membuat kita menjadi terkenal serta mudahnya pelanggan menghubungi kita adalah kartu nama. Kartu nama sendiri adalah sebuah identitas bagi seseorang yang menceritakan mengenai jabatan kita sekarang ini. Dengan kartu nama pastinya seorang pelanggan dapat dengan mudah memesan produk kepada dirimu sendiri.

9. Melihat Realistis

Image : williaonline.blogspot.co.id/

Ketika kita sudah merencanakan bisnis  dengan baik pastinya kita mempunyai model bisnis untuk dijalankan. Dalam hal ini kita perlu selektif dengan model bisnis yang ada karena tidak semua model bisnis cocok dengan kenyataan. Oleh karena itu diperlukan sebuah kepekaan terhadap lingkungan sekitar agar model bisnismu berjalan dengan semestinya.

10. Mencari Partner

Image : strategidanbisnis.com

Bila kamu tidak ingin mengeluarkan uang banyak maka yang perlu kamu lakukan adalah mencari partner kerja. Ketika kamu mempunyai partner kerja pastinya modal yang kamu keluarkan tidak akan begitu besar. Selain itu, kamu tidak akan mendapatkan kerugian yang begitu besar.

11. Merangkap Menjadi Bos dan Karyawan

Pada awal mulai merintis usaha pastinya kamu tidak akan bisa membayar mahal seorang karyawan. Oleh karena itu, kamu harus menjadikan dirimu sendiri sebagai seorang bos ataupun karyawan. Dalam hal ini kamu harus rela dan tersiksa untuk menjadikan dirimu sebagai budak hingga kamu sanggup membayar karyawan sendiri.

12. Hargai Waktu

Seorang pengusaha yang cerdik pastinya akan memperhatikan waktunya dengan baik. Cobalah untuk mematok dirimu sendiri setiap jam dengan harga yang pantas. Hal ini dapat membuat dirimu semakin semangat untuk bekerja. Selain itu, manfaatkan waktu yang ada untuk bekerja dengan sebaik-baiknya.

13. Rekrut Karyawan yang Sesuai dengan Visi

Ketika kita sudah mantap dan dapat menggaji seorang karyawan maka waktunya untuk kamu merekrut seorang karyawan. Merekrut Karyawan sendiri pastinya tidaklah mudah. Hal yang paling penting ketika merekrut karyawan adalah tidak terburu-buru dan kamu harus mengenali calon karyawan dengan betul. Bila perlu pilihlah karyawan yang sesuai dengan visi dan misi perusahaanmu.

14. Memperhatikan Kualitas Produk

Pastinya di luar sana banyak produk yang memiliki kesamaan. Hal ini pastinya akan membuat pelanggan menjadi bingung. Dalam ini kamu harus bisa menjelaskan kepada pelanggan bahwa produk yang kamu pasarkan sangat mementingkan kualitas. Ketika image kualitas produk kita terjaga dengan baik pastinya hal ini akan selalu diingat oleh pelanggan.

15. Mengetahui Angka Pasar

Bila kita ingin memulai usaha pastinya kita harus mengetahui berapa kisaran biaya yang akan dikeluarkan. Oleh karena itu, kita harus mengetahui secara detil. Bila perlu kita melalukan survei langsung di lapangan agar biaya yang didapatkan tidak terlalu mahal.

16. Gunakan Teknologi Baru

Seiring dengan berkembangnya zaman pastinya teknologi akan berubah dengan cepat. Sama halnya sebuah gadget yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Pekembangan teknologi sendiri membuat waktu kita semakin cepat. Teknologi yang cepat juga sangat dibutuhkan kita dalam bekerja agar pekerjaan menjadi cepat.

17. Jadikan Supplier sebagai Sahabat

Ketika kita ingin memproduksi sebuah barang pastinya kita membutuhkan supplier yang akan memasok bahan untuk dijadikan sebuah barang. Dalam hal ini, supplier juga merupakan faktor penting dalam keberhasilan kerja. Oleh karena itu, kita juga perlu memperlakukan supplier seperti sahabat kita sendiri.

18. Jadikan Pelanggan adalah Raja

Dalam situasi apapun, seorang pelanggan adalah raja bagi kita. Ketika pelanggan memberikan kritik serta saran tentu kita juga harus menerimanya. Pelanggan sendiri adalah sumber pendapatan kita. Ketika pelanggan sudah mempercayai produk yang dipakai maka dirinya tidak akan melepaskannya.

19. Jadilah yang Terbaik

Dalam melakukan sebuah pekerjaan pastinya kita tidak boleh setengah-setengah dalam menjalankannya. Ketika pekerjaan dilakukan secara tuntas pastinya hasil yang didapatkan juga akan maksimal. Jauhkan rasa ketidakpercaya dirian terhadap diri sendiri agar kita dapat menata diri menjadi lebih baik.

20. Fokus

Salah satu hal yang sangat sulit ketika menjalankan bisnis adalah fokus. Untuk fokus sendiri sangat dibutuhkan oleh seorang pengusaha agar dapat mencapai tujuan. Bila perlu lakukan beberapa catatan yang dapat membuat dirimu menjadi fokus.

21. Belajar dari Kegagalan

Cara menjadi pengusaha sukses yang terakhir adalah kita harus belajar dari kegagalan. Kegagalan sendiri adalah kesuksesan yang tertunda. Akan masih ada kesempatan untuk kita dalam meraih kesuksesan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.