3 Tips Berkebun di Dalam Wadah Mini

0

Memiliki halaman rumah ataupun lahan kebun yang terbatas, jangan dijadikan alasan untuk mengurungkan niat dan hobi Anda dalam berkebun. Ada banyak jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan subur kendati ditanam di dalam wadah mini.

Pastikan Anda untuk terus mengikuti tips-tips yang kami sajikan berikut, karena wawasan Anda dalam berkebun memanfaatkan wadah atau container mini dapat terbuka dan bertambah lagi. Yuk, ikuti tips-tips berkebun berikut ya:

Bahan atau Material Wadah Cukup Kuat

 contemporary-indoor-pots-and-planters Bisa jadi, meskipun tanaman yang akan ditanam dalam bentuk bibit yang masih kecil, seiring perkembangannya akan tumbuh besar dengan akar-akar yang kuat di dalam wadah. Pastikan bahan wadah untuk menanam terbuat dari bahan yang berkualitas. Tidak masalah apakah dari plastik atau tanah liat (pot), yang terpenting dapat menjadi wadah pertumbuhan tanaman dengan baik. sebagai contoh, agar tumbuh dengan baik tomat atau terong yang ditanam dalam wadah mini sebaiknya mendapat ruang dalam pot bervolume sebesar 5 liter.

Periksa Kelembapan Tanah Sesering Mungkin

soil-humidity-sensorBerbeda media tanam tanah yang membuat tanaman lebih leluasa mengembangkan akar, maka media tanam dalam wadah atau kontainer membutuhkan ekstra ketelatenan dalam perawatan. Periksa pula tingkat kelembapan tanah agar tanaman bisa tumbuh subur. Siram 2 kali sehari setiap pagi dan sore. Kemudian, beri beberapa lubang di bagian bawah pot/kontainer agar air dapat turun ke dalam tanah.

Sesuaikan Jenis Tanaman Dengan Pencahayaan Ruang

joe-paine-kreep-planter-wall-gardenSekarang, banyak orang yang tinggal di rumah minimalis seperti apartemen atau rumah susun dengan tingkat pencahayaan matahari yang terbatas. Jangan khawatir, Anda masih bisa meneruskan hobi berkebun dengan memakai trik bertanam dalam pot atau kontainer. Hanya saja, pilih jenis tanaman yang sesuai. Jika Anda tinggal di apartemen atau rumah yang banyak terdapat sinar matahari, lebih baik hindari memilih tanaman yang memerlukan naungan seperti bunga anggrek. Sementara, jika Anda tinggal di tempat yang lembap dan jarang terkena matahari, bunga anggrek akan menjadi pilihan ide yang cemerlang.

soda-bottle-wall-garden-1Berkebun dalam media pot atau kontainer akan memberikan banyak kesenangan. Bukan hanya sekadar hobi, beberapa orang bahkan telah menjadikan berkebun dalam kontainer sebagai peluang bisnis yang sangat cerah dengan menghasilkan pundi-pundi uang setiap hari.

Selain tanaman atau bunga, Anda juga bisa menanam aneka sayuran seperti tomat atau kentang di dalam media pot/kontainer lho. Bagaimana, Anda tertarik mencoba berkebun di dalam media pot/kontainer? Tanaman apa yang Anda pilih? Yuk, berbagi di kolom komentar… (terasluar-Detty Risetya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.