5 Bahan Dapur yang Bisa Mencerahkan Wajah

0

Perempuan Indonesia memiliki beragam warna kulit, seperi putih, sawo matang, hingga kuning langsat. Tapi, apapun warna kulitnya,merawat serta menjaga supaya kulit tetap sehat, cerah, dan tidak kusam adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Melakukan perawatan kulit tidak mahal, bahkan kamu tidak harus ke salon kecantikan. Bahan dapur yang ada di sekitarmu bisa diracik menjadi sesuatu yang dapat membuat kulit wajah lebih cerah dan sehat. Berikut ini bahan-bahannya:

1. Mentimun

Mentimun ternyata dapat digunakan untuk membantu mencerahkan kulit . Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, serta terdapat vitamin A, B,C juga sejumlah mineral yang membuat timun memiliki peranan yang penting dalam membantu perawatan kulit. Timun tidak hanya dapat membuat warna kulit menjadi lebih cerah, bisa juga membersihkan bintik hitam, dan bengkak yang terdapa pada kantung mata. Caranya bisa dilakukan dengan menghaluskan timun serta mengoleskannya secara merata ke seluruh permukaan wajah. Tunggulah beberapa saat, lalu kamu bisa membilasnya dengan air. Sedangkan untuk mengompres mata, caranya dengan mengiris timun, lalu meletakkannya diats kantung mata dan mendiamkannya selama15 menit.

2. Beras

Beras merupakan makanan pokok orang Indonesia. Jadi, tidak akan sulit untuk menemukannya. Beras memiliki kandungan vitamin C, E, dan B1 serta mampu mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori, dan mempercepat proses pengelupasan kulit sehingga proses regenerasi dapat berjalan dengan baik. Ada dua jenis perawatan yang bisa dilakukan dengan beras, di antaranya menggunakan rendaman air beras untuk mencuci muka atau menjadikannya masker beras, yang bisa dibuat dengan cara merendam beras semalaman dan ditumbuk halus, lalu dijemur sampai kering. Setelah itu, kamu bisa mencampurkannya dengan madu atau minyak zaitun. Oleskan masker tersebut pada wajahmu, diamkan selama 20 menit, dan bilaslah dengan air hangat hingga bersih.

masker kentang3. Kentang

Salah satu umbi-umbian ini dipercaya mampu membuat kulit tidak kusam. Didalamnya terdapat kandungan vitamin A, B,C, fosfor, juga sejumlah mineral lainnya yang ampuh dijadikan bahan alami untuk perawatan wajah. Selain itu, antibiotik dan vitamin C yang terdapat pada kentang ini dapat berperan sebagai anti oksidan yang bisa mengatasi peradangan pada jerawat. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menumbuk atau memblender kentang yang sudah dibersihkan sampai menjadi bubur. Lalu, mengoleskannya ke wajah selama 30 menit. Bisa juga menambahkan madu atau putih telur untuk hasil yang lebih maksimal lagi. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat sampai bersih.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis biasanya digunakan untuk bahan penghilang bau amis pada ikan. Didalamnya terdapat kandungan vitamin C, B1, asam amino, juga fosfor. Antioksidanyang dimiliki jeruk nipis dapat membantu mencerahkan kulit kamu. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membelahnya menjadi dua bagian, lalu peras airnya di dalam wadah. Oleskan perasan jeruk nipis pada permukaan wajah selama 20 menit, setelah itu bilas sampai bersih dengan air hangat.

5. Pepaya

Pepaya adalah buah yang terbukti dapat mencerahkan wajah karena memiliki  kandungan vitamin A, B,C  serta beta-karoten yang tinggi. Kandungan-kandungan inilah yang bekerja untuk membantu meregenerasi sel kulit, selain memberikan nutrisi dan melembapkan wajah. Serat yang tinggi didalam buah pepaya juga dapat membantu kamu apabila sulit buang air besar. Selain memakannya secara langsung, pepaya bisa dihaluskan dan dijadikan sebagai alternatif untuk masker wajah. Caranya dengan memisahkan pepaya dari kulit dan bijinya, lalu memblendernya sampai halus. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkannya dengan madu,  aplikasikanlah pada permukaan wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah cukup kering, bilaslah dengan air hangat hingga bersih.

Untuk memiliki wajah sehat dan terawat tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal kan? Banyak bahan-bahan lainnya yang ada di sekitarmu yang bisa kamu gunakan untuk membuat wajahmu cerah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.