5 Hal yang Harus diketahui Sebelum Pertama Kali Naik Kereta

0

Seiring perkembangan teknologi, transportasi pun mulai banyak macamnya. Mulai dari darat, laut, hingga udara. Mulai dari yang tanpa tiket, hingga bisa dibayar dengan kartu debit. Mulai dari yang bisa langsung datang ke tempat pemberhentian transportasi hingga yang dapat dipesan secara daring. Dengan penawaran masing-masing, setiap moda transportasi memiliki pelanggan setianya. Untuk yang memiliki uang lebih atau membutuhkan waktu yang lebih cepat sampai, pesawat adalah pilihan yang tepat. Untuk yang bepergian jarak dekat dan butuh sesuatu yang lebih dinamis, pasti akan memilih ojek. Namun demikian, banyak orang yang penasaran atau harus mencoba alat transportasi baru. Untuk anda yang baru akan bepergian pertama kali naik kereta, coba baca beberapa tips berikut ini terlebih dahulu.

1. Siapkan Buku

Menghabiskan waktu yang cukup lama di dalam kereta, tentu anda akan mengalami kebosanan. Apalagi jika dilakukan di malam hari. Jika anda mengira perjalanan naik kereta anda di malam hari akan ditemani lampu-lampu kota yang indah, ada kemungkinan anggapan anda salah. Lintasan rel biasanya dibuat melalui sawah-sawah, dan dengan pemandangan itu, di malam hari anda hanya akan melihat bayangan langit yang gelap dari dalam kereta. Untuk itu, buku dapat mengatasi kebosanan sebelum annda akhirnya terlelap. Sebaiknya sesuaikan tebal buku dengan lamanya perjalanan. Jika hanya pergi ke kota sebelah sebaiknya pilih buku yang tipis, namun jika pergi agak jauh, silakan membawa buku yang lebih tebal. Pastikan juga bahwa buku yang dibawa merupakan tipe buku kesukaan anda dengan melihat review buku tersebut terlebih dahulu.

2. Bawa Powerbank

Jika anda bukan tipikal orang yang sanggup membaca buku berlama-lama, anda dapat menggunakan layanan streaming film dengan menggunakan ponsel atau membaca artikel yang lebih pendek dari sana. Namun, kegiatan ini akan terganggu jika baterai tiba-tiba habis. Untuk itu pastikan anda membawa powerbank yang sudah diisi penuh. Jika sampai di stasiun ternyata powerbank anda ketinggalan atau belum terisi penuh, anda bisa mengisi daya di tempat untuk men-charge secara gratis di tempat yang sudah disediakan di stasiun.

3. Siapkan Earphone

Salah satu unsur yang mendukung dalam sebuah film adalah percakapan-percakapan dan scoring. Agar lebih khusuk dalam menikmatinya dan tanpa mengganggu orang lain, tentu earphone menjadi hal yang sangat penting untuk dibawa. Selain itu, earphone ini dapat digunakan jika kita kebetulan tidak beruntung mendapatkan teman duduk. Contohnya adalah orang yang cerewet dan banyak menanyakan hal-hal privasi. Dengan memakai earphone, maka kita dapat terselamatkan dari obrolan yang tidak menyenangkan atau ketika ingin beristirahat.

4. Siapkan Bantal Leher

Berbeda dengan kursi dalam mobil pribadi atau bus yang dapat disesuaikan tingkat kemiringannya dengan keinginan, kursi pada kereta biasanya berhadap-hadapan sehingga tidak dapat diatur sedemikian rupa. Karenanya bantal leher akan sangat bermanfaat. Untuk kenyamanan, pilihan bantal leher dengan bahan yang halus dan lembut.

5. Jangan sampai Kebablasan

Ini yang sering terjadi jika stasiun yang akan dituju bukanlah tujuan tetrakhir dari kereta yang dinaiki. JIka tidak mendengarkan pengumuman secara jeli atau ketiduran selama perjalanan, kemungkinan untuk kelewatan stasiun tujuan akan selalu ada. Hal ini cukup merepotkan, karena meskipun masih dalam satu kota yang sama, tempat yang benar-benar dituju pasti akan bertambah jauh. Selain boros biaya dan waktu, tentu saja akan boros tenaga juga. Untuk mengurangi risiko ini, anda bisa mengeset alarm sesuai dengan jam tiba yang tertera pada tiket. Anda juga bisa meminta tolong seseorang di samping anda untuk membangunkan jika sudah sampai di stasiun tujuan.

Nah, sudah siap melakukan perjalanan dengan naik kereta? Jangan lupa berdoa juga!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.