5 Jenis Makanan Pencegah Flu

0

Kondisi cuaca yang tidak menentu membuat kita harus ekstra berusaha menjaga kesehatan tubuh. Cara yang paling tepat adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit, terutama penyakit umum di musim pancaroba. Peningkatan kekebalan tubuh dapat dicapai dengan menentukan makanan yang kita konsumsi, karena sekitar 70 persen sel imun tubuh terletak di usus. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung zat-zat untuk mempertahankan sel imun tubuh. Makanan tersebut antara lain :

Buah Stroberi (Strawberry) dan Jerukstroberi-jeruk-cegah-flu

Jeruk dan stoberi adalah beberapa jenis buah-buahan yang mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Seperti kita ketahui, bahwa vitamin C adalah salah satu vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, stroberi dan jeruk memiliki kadar asam organik yang berperan penting dalam penyerapan gizi oleh usus.
Waktu terbaik untuk mengkonsumsi buah adalah pagi sebelum sarapan, sehingga perut masih dalam keadaan kosong. Ini berguna zat-zat bermanfaat dari buah, dapat terserap dengan sempurna oleh tubuh.

Bawang 

bawangputihAneka varian bawang memiliki kandungan zat allicin serta phytochemical allium yang sangat berguna bagi sistem kekebalan tubuh. Bawang putih, bawang merah dan bawang bombay, adalah beberapa varian bawang yang umum kita temui di pasaran. Zat yang terkandung dalam bawang tersebut, selain memiliki efek anti bakteri dan virus, juga bermanfaat sebagai zat anti kolesterol-jahat. Varian bawang putih diyakini dapat menyembuhkan hidung yang mapet akibat flu serta berguna sebagai anti oksidan.
Konsumsilah satu siung bawang dalam sehari untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh.

Cabai

cabaiMenurut penelitian, kandungan vitamin C dan betakaroten dalam cabai lebih tinggi dari beberapa buah-buahan seperti mangga. Cabai juga memiliki kandungan zat bioflavonoid yang berguna bagi kesehatan jantung dan berfungsi sebagai anti kanker. Zat kapsaisin yang juga terdapat dalam cabai berfungs sebagai peluruh lendir yang menyumbat tenggorokan serata hidung.

Brokoli

brookolieDidalam brokoli, terkandung zat sulforaphane yang berfungsi untuk meningkatkan enzim didalam tubuh yang melawan pertumbuhan sel yang abnormal. Kandungan vitamin C yang tinggi dari brokoli (50mg per cup brokoli) tentu saja akan meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit flu.

Jahe

jaheeSenyawa fenolik yang terdapat dalam rumpun jahe seperti gingerol dan shogaol, memiliki sifat anti oksidan yang bagus bagi tubuh.Bahkan menurut penelitian, aktivitas zat shogaol dan gingerol sebagai anti oksidan melebihi aktivitas vitamin E yang berfungsi sebagai anti oksidan juga.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.