5 Tanaman Penyedap Rasa Ini Harus Ada di Kebun Anda

1

Sejak berabad-abad silam, manusia sudah mengenal aneka tanaman untuk dijadikan obat berkhasiat tanpa efek samping berbahaya. Bukan hanya itu saja, tanaman herbal juga bisa dimanfaatkan sebagai bumbu untuk menyedapkan setiap masakan dan menambah rasa pada daging.

Bagi para pecinta tanaman atau hobi berkebun, menanam tanaman herbal untuk pelengkap bumbu di dapur adalah suatu keharusan di kebun. Hal ini bukan tanpa alasan, karena tanaman herbal sangat serbaguna dan bisa diandalkan ketika membutuhkan bumbu masakan yang cepat dan segar. Anda cukup tinggal memetik saja di kebun, kan?. Jika Anda hobi berkebun, coba pertimbangkan untuk menanam tanaman herbal dapur berikut di kebun Anda:

oreganoOregano

Oregano juga dikenal dengan sebutan marjoram liar dan sangat mudah tumbuh. Biasanya, daun oregano dikeringkan dan diekstrak menjadi berbentuk bubuk. Bubuk oregano sangat populer untuk menyedapkan masakan seperti pizza atau steak bahkan masakan dari Eropa dan Asia.
HerbsThyme

Thyme

Thyme adalah salah satu herbal alami yang tak kalah ampuh untuk menyedapkan cita rasa masakan. Memiliki batang yang pendek biasanya hanya sekitar 10 inci. Daun thyme begitu harum dan aromatik sehingga sangat pas dijadikan bumbu masakan. Daunnya dikeringkan agar lebih mendapatkan aroma yang khas. Juru masak kerap menambahkan thyme untuk berbagai hidangan seperti  semur daging atau kepiting.

Basil

BasilBasil juga perlu dimasukkan dalam daftar tanaman herbal dapur yang harus ada di dalam kebun. Tanaman mirip kemangi ini memiliki daun beraroma khas yang segar dan wangi. Warna daun hijau terang membuat setiap masakan terlihat lebih menarik dan istimewa. Basil kerap dipakai dalam masakan Italia dalam bentuk bubuk atau daun segar.

ParsleyParsley2

Sebagai garnish atau bumbu, parsley adalah tanaman herbal dapur yang sangat populer di seluruh dunia. Daun peterseli atau parsley sangat beraroma dan memanjakan indera penciuman. Begitu daun parsley ditambahkan ke dalam masakan, masakan akan beraroma harum dan mengundang selera seketika. Anda bisa memotong-motong atau merajang halus daun peterseli/parsley sebelum ditaburkan dalam masakan.

Daun bawang

daun-bawangYang terakhir, adalah daun bawang. Masakan Indonesia biasanya sangat familiar dengan daun bawang yang memberikan aroma ciri khas tersendiri dan menggugah selera. Daun bawang memiliki aroma yang ringan jika dibandingkan dengan biji bawang merah sendiri. Tambahkan daun bawang ke dalam sayur sop, omelet, telur dadar atau apapun masakan Anda untuk meningkatkan aroma dan selera makan seluruh anggota keluarga.

Jika Anda memiliki tanaman herbal penyedap rasa di kebun sendiri, tidak perlu lagi membeli penyedap rasa kimiawi, bukan? Lebih hemat dan lebih sehat. Selamat berkebun. (terasluar.com-Detty Risetya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] Anda menanam berbagai jenis tanaman herbal tersebut di kebun? Anda juga bisa menanam tanaman bumbu dapur. Kalau belum, cobalah sekarang juga untuk buktikan bermacam bonus dan manfaat dari berkebun tanaman […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.