5 Tips Penting Menanam Mentimun di Kebun

0

Ada beberapa orang yang rela berpanasan di bawah terik matahari demi menuntaskan hobi berkebun sayur di halaman rumah sendiri atau di kebun belakang rumah. Salah satu sayuran favorit untuk ditanam adalah mentimun. Maklum saja, mentimun sangat bermanfaat untuk dapur. Bukan hanya lezat sebagai acar, rujak, ataupun salad, mentimun juga praktis dan efektif dijadikan obat alami dalam merawat kecantikan kulit.

Tidak hanya itu, mentimun juga mengandung banyak kadar air sehingga cocok untuk pelembap kulit atau mengatasi alergi kulit. Baiklah, langsung saja yuk ikuti tips-tips penting untuk menanam mentimun berikut yuk:

Putar Mentimun

Sebagai tanaman yang menjalar, bagian bawahmentimun yang bersentuhan langsung dengan tanah bisa berubah warna kecoklatan lalu membusuk. Hal ini bisa disebabkan karena permukaan tanah yang terlalu lembap atau basah terlalu dingin untuk permukaan kulit mentimun. Secara teratur, cobalah untuk memeriksa mentimun terutama di bagian bawah, kemudian putar sedikit agar permukaan kulit mentimun dapat terjaga kesegarannya.

beri-pupukBerikan Pupuk di Awal Penanaman

Hampir semua tanaman bisa lebih mudah tumbuh dengan diberi pupuk, baik itu berupa pupuk kandang atau pupuk kimia buatan. Tetapi, mentimun hanya boleh diberikan pupuk di awal proses penanaman hingga mulai muncul bunga. Hal ini dikarenakan sebaiknya menutrisi mentimun dari dalam tanah secara perlahan-lahan. Nutrisi atau pemupukan yang terlalu banyak justru tidak akan bagus.


Perhatikan Kelembapan Tanah

Dikarenakan jenis tanaman yang menjalar di atas permukaan tanah, maka mentimun harus mendapat perhatian ekstra dari segi kelembapan tanah. Tanah yang terlalu basah atau lembek tidak akan menghasilkan mentimun berkualitas. Mentimun akan berkembang baik ketika ditanam pada musim kemarau namun mendapat air yang memadai.

Mencegah Mentimun Berasa Pahit

buah-mentimun-2Sebagian pecinta hobi berkebun, merasa bingung karena mentimun yang sudah dipanen memiliki rasa pahit dan tentu saja kurang lezat untuk dikonsumsi. Hal ini bisa dikarenakan berbagai faktor. Misalnya saja  kondisi tanah yang buruk, kelembapan tinggi, dan suhu ekstrim di negara-negara dengan 4 musim. Hal-hal tersebut bisa membuat mentimun jadi “stres” sehingga rasanya pahit. Untuk mengatasinya, sebaiknya diperhatikan proses penyiraman dan pemupukan secara teratur, agar mentimun selalu terjaga kualitas dan kesegarannya.

Dalam hitungan minggu, Anda sudah bisa mencoba memanen tanaman mentimun di kebun sendiri. Entah dipakai bahan masakan atau sebagai perawatan kecantikan, yang jelas mentimun sangat serbaguna dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Anda berminat menanam mentimun di kebun sendiri? Cobalah, dijamin tak akan menyesal deh. (terasluar-Detty Risetya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.