6 Cara Menumbuhkan Rambut Bayi Secara Alami

0

Tak sedikit dari para orang tua yang penasaran akan bagaimana cara untuk menumbuhkan rambut bayinya. Pada kenyataannya, hingga bayi berusia 4 bulan adalah hal yang wajar dan normal apabila rambutnya belum tumbuh lebat. Faktor genetik sendiri sebenarnya bisa menyebabkan tumbuhnya rambut yang memiliki tekstur dan warna yang berbeda dari sebelumnya. Nah, jika para orang tua menginginkan rambut bayi mereka tumbuh secara alami, ini dia cara-cara yang bisa dilakukan.

Melakukan Perawatan yang Tepat

Bayi yang baru saja lahir biasanya menghabiskan waktu untuk tidur dan berbaring di ranjang. Hal ini bisa menyebabkan rambut bayi menjadi kusut. Kusutnya rambut si kecil akan membuatnya menjadi susah diurai. Karena itu, sebagai orang tua, Anda harus memberikan perawatan yang tepat pada rambut si kecil sejak dini. Hindarilah mencuci rambut bayi terlalu sering. Jangan berikan shampo yang terlalu banyak, agar tidak membuat tekstur rambutnya menjadi kasar dan kusut. Sisir rambut bayi dengan lembut menggunakan sisir khusus untuk bayi.

Pilih Shampo Bayi yang Berkualitas

Walau rambut bayi kelihatannya selalu bersih, tapi Anda juga harus mencuci rambut dan membersihkan kulit kepalanya seminggu sekali. Bersihnya kulit kepala bayi dapat merangsang pertumbuhan rambut bayi. Oleh karena itu, pilihlah shampo yang tidak membuat matanya pedih, lebih baik lagi menggunakan shampo organik. Bisa juga memberikan tambahan minyak esensial, seperti chamomile atau lavender yang dapat membantu menenangkan si kecil ketika rambutnya sedang dibersihkan. Siapkanlah  handuk untuk menyeka area kening dan telinganya supaya tetap kering, agar bayi tetap nyaman dan tidak rewel.

Pakai Kondisioner

Tak ada salahnya memberikan kondisioner pada bayi. Karena tak banyak yang menyediakan kondisioner untuk bayi, Anda bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang berkualitas. Susu dan yoghurt merupakan bahan yang kaya akan kalsium. Adapun bahan lainnya seperti mencampurkan madu murni dengan minyak zaitun. Anda cukup memijatkannya ke rambut si kecil dan mendiamkannya selama 15 menit sebelum membilasnya. Bahan lainnya yang dapat dibuat adalah campuran buah alpukat dengan minyak kelapa.

Pakai Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya dapat menumbuhkan dan menebalkan rambut bayi. Khasiatnya sangat bagus untuk kulit dan rambut. Anda bisa memberikan getah lidah buaya ke rambut si kecil, jika tidak ada lidah buaya di sekitar Anda, bisa juga membeli produk lidah buaya yang sudah teruji untuk si kecil.

Bereksperimenlah Dengan Produk Baru

Tidak ada yang melarang untuk menggunakan produk baru. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi tentu banyak produk baru yang bermunculan di pasaran. Alangkah baiknya Anda mencoba beberapa dari produk tersebut, untuk menyaring produk mana yang memang cocok dipakai oleh si kecil.

Berikan Makanan Penumbuh Rambut

Banyak makanan yang mengandung protein yang dapat membuat rambut si kecil jauh lebih sehat, di antaranya adalah salmon, bayam, dan telur. Bahan-bahan lainnya seperti wortel, ubi, dan labu pun dapat menyehatkan rambut bayi.

Tentunya banyak pilihan yang bisa diberikan untuk rambut si kecil agar tetap sehat dan terawat. Tergantung bagaimana Anda bereksperimen dan mengolahnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.