6 Tanaman Air Penghias Kolam Belakang Rumah

0

Bosan dengan halaman belakang rumah yang hanya berisi rerumputan dan tanaman yang  tumbuh di darat saja? Atau memiliki kolam namun hanya berisi ikan-ikan? Jika anda ingin menyulap halaman belakang rumah anda menjadi lebih menarik, anda bisa mencoba membuat kolam kecil atau mengisi kolam yang sudah ada dengan beberapa tanaman air di bawah ini:

1. Enceng Gondok

bunga-enceng-gondokTanaman air mengapung yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga anda. Walaupun biasa dianggap sebagai gulma, enceng gondok dapat meningkatkan kadar estetik pada kebun belakang anda.  Enceng gondok biasa ditemukan di rawa-rawa, danau, atau bahkan sungai. Namun, tumbuhan yang memiliki nama-nama berbeda di setiap daerah ini dapat pula hidup di kolam-kolam dangkal. Eceng gondok tidak memerlukan perawatan khusus karena tanaman ini dapat beradaptasi dengan baik, bahkan pada perubahan yang sangat ekstrim. Pertumbuhannya pun terhitung cepat. Enceng gondok dapat menangkap polutan logam berat, tanaman ini juga memiliki manfaat yang lainnya, seperti bahan pembuatan kertas, kompos, biogas, kerajinan tangan, bahkan sebagai media tumbuhnya jamur  merang.

2. Teratai

tanaman-teratai-di-kollamTanaman ini tumbuh di air yang memiliki permukaan yang tenang. Cocok diletakkan di kolam belakang rumah anda. Pertimbangan yang akan mendukung keputusan anda untuk menumbuhkan tumbuhan ini di kolam anda adalah bunganya yang indah yang muncul di tengah-tengah daun lebar yang mengambang di permukaan air. Bahkan seorang pelukis dari Perancis bernama Claude Munet mengabadikan keindahan bunga ini dengan membuat lukisan bunga teratai.

3. Bunga Lotus

bunga-lotus-putihSering dikira sama dengan bunga teratai, ternyata dua tumbuhan ini memiliki perbedaan. Salah satu perbedaannya terletak pada kelopak bunganya. Jika bunga teratai memiliki kelopak yang agak panjang dan runcing serta bertumpuk dengan rapi, bunga lotus justru memiliki kelopak bunga yang agak bulat dan besar. Kelopak tersebut tidak beraturan dan tidak terlalu banyak. Akan tetapi, meskipun berbeda, baik bunga terartai maupun bunga lotus, dua-duanya akan cocok menjadi penghias kolam di kebun belakang rumah anda.

4. Melati Air

melati-airTumbuhan ini biasanya malah ditanam di pot-pot dengan kandungan air yang banyak hingga becek. Meskipun tidak sewangi bunga melati biasanya, bunga ini memiliki nilai estetik yang tidak kalah. Berwarna putih dan berderet pada tangkai yang panjang, bunga ini memiliki beberapa manfaat khususnya untuk kesehatan. Wah, selain memperindah kolam halaman belakang, anda juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit dengan tanaman ini seperti sariawan, bisul, bronchitis, sakit mata, radang usus hingga radanhg ginjal. Selain itu, bunga ini juga memiliki manfaat untuk menyegarkan udara di sekitar tentunya.

5. Pisang Air

tanaman-pisang-amazonSesuai dengan namanya, tumbuhan ini berbentuk seperti tumbuhan pisang. Bedanya terletak pada bentuk daunnya. Jika pohon pisang biasa memiliki daun memanjang dan tepi yang datar, pisang air justru memiliki bentuk daun yang seperti bentuk daun talas, yaitu tepian yang bergelombang. Untuk itulah, tanaman air ini sering digunakan sebagai penghias taman air. Anda juga bisa memepertimbangkan untuk menaruh beberapa tanaman pisang air ini di kolam belakang rumah anda. Pohon ini selain memiliki nilai keindahan sebagai pelengkap eksterior rumah ternyata, menurut sebuah penelitian, juga memiliki kemampuan untuk memulihkan lingkungan.

6. Kala Lili

tanaman-hias-kalla-liliTumbuhan dengan bunga yang memiliki berbagai macam warna ini terlihat sangat indah dan pas ditumbuhkan sebagai tanaman air penghias untuk kolam. Akan tetapi, jika anda memiliki kucing sebagai hewan peliharaan, sebaiknya menghindari memilih Kala Lili (calla lily) karena tumbuhan ini beracun jika dikonsumsi oleh kucing tersebut.

Nah, beberapa pertimbangan tanaman air di atas dapat anda gunakan jika ingin menghias halaman belakang rumah anda dengan kolam yang indah dan menyejukkan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.