9 Hal yang Dihindari Selama Hamil

0

Saat hamil adalah waktu-waktu special bagi seorang wanita. Ketika ada janin tumbuh dalam rahim wanita maka kondisi calon ibu dan bayi akan ekstra diperhatikan. Menjaga kondisi janin dan diri sendiri selama hamil perlu dilakukan secara cermat apalagi bila kehamilannya tergolong berisiko tinggi, seperti memiliki riwayat hipertensi, preeklampsia, asma, kelainan jantung, dan sebagainya. Oleh karena itu ada hal-hal yang perlu dihindari selama kehamilan, antara lain;

Naik Pesawat Terbang

hindari naik pesawat saat hamilBanyak maskapai terutama maskapai internasional menerapkan aturan untuk tidak membolehkan wanita dengan kehamilan di atas 32 minggu ikut penerbangan jarak jauh misalnya rute Jakarta-New York yang perjalanannya memakan waktu lebih dari 20 jam. Hal tersebut dikarenakan posisi penumpang yang duduk terus menerus dan hal ini memperbesar risiko terjadinya perdarahan, ketuban pecah, kontraksi, dan sebagainya. Apalagi perubahan tekanan dalam pesawat juga bisa ikut merangsang kontraksi, hingga berkemungkinan mempercepat persalinan. Kecuali kalau penerbangannya hanya makan waktu 1-2 jam, dari Jakarta ke Surabaya atau dari Jakarta ke Bali, misalnya. Itulah mengapa umumnya perusahaan penerbangan meminta surat keterangan mengenai kondisi dan usia kehamilan yang bersangkutan dari dokter kandungan. Sehingga itulah mengapa naik pesawat terbang merupakan salah satu hal yang dihindari selama hamil

Tambal Gigi

hamil hindari tambal gigiBagi orang yang tidak hamil cabut gigi mungkin bukan hal yang sangat mengkhawatirkan. Tapi bagi ibu hamil tindakan ini perlu diperhatikan secara ekstra karena kondisi geligi ibu hamil umumnya mudah berdarah lantaran adanya pelebaran pembuluh-pembuluh darah, disamping perubahan hormonal. Jika memang harus cabut atau tambal gigi harus konsultasi dengan dokter kandungan dan dokter gigi agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan ibu dan janin.

Minum Obat

hamil hindari minum obatSaat hamil kadang wanita juga mengalami sakit seperti pada kebanyakan orang, misalnya flu berat, diare, cacar air dan sebagainya. Namun ada hal yang harus dicermati saat akan mengkonsumsi obat apalagi obat yang dibeli secara bebas di warung-warung. Pada saat hamil kandungan obat yang dikonsumsi oleh ibu akan diteruskan ke tubuh janin melalui plasenta bersama zat gizi yang didapat dari makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu, dan menyebabkan efek samping beragam tergantung jenis obatnya. Ada yang berpengaruh langsung terhadap janin seperti menyebabkan keguguran, mengganggu bahkan menghambat proses pembentukan janin sehingga menyebabkan cacat janin, atau ada juga yang memiliki efek buruk menurunkan fungsi plasenta dan menghambat jalan nutrisi menuju janin. Oleh karena itu wajib bagi ibu hamil lakukan saat mengalami gangguan kesehatan saat hamil, terutama penyakit yang membutuhkan pengobatan jangka panjang adalah pemberian obat dalam kontrol ahli medis. Semua obat yang di konsumsi harus dengan pengawasan dokter.

Olahraga Berat

hamil hindari olaharaga beratIbu hamil juga butuh olah raga. Selain untuk menjaga kesehatan, kebugaran juga bisa membantu proses persalinan. Yang perlu diperhatikan saat kondisi hamil adalah pemilihan jenis olah raga yang cocok.misalnya jangan lakukan gerakan cepat, menghentak, maupun sambil mengangkat beban. Jenis olahraga lain dihindari selama hamil adalah, sepatu roda, ski, tenis, hiking, dan latihan beban. Sedangkan yang di anjurkan adalah jalan pagi.

Mengangkat Beban Berat

hamil hindari angkat bebabn beratDalam kegiatan sehari-hari ibu hamil juga harus memperhatikan juga pekerjaan apakah kegiatan tersebut ekstra menguras tenaga atau tidak. Oleh karena itu, mengangkat beban-beban berat, termasuk menggendong anak atau mengangkut ember berisi air adalah beberapa hal yang harus dihindari selama hamil. Aktivitas ini bisa memicu kontraksi rahim akibat tekanan dari otot-otot perut. Bila terjadi terus-menerus dalam jangka waktu cukup lama bukan tidak mungkin mengakibatkan keguguran atau kelahiran prematur.

Merokok

hamil hindari merokokRokok mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh. Nikotin yang terdapat di dalamnya bisa memacu gangguan kontraksi. Dan yang lebih berbahaya adalah bisa menghambat aliran darah dari ibu ke janin melalui tali pusar sehingga menghambat distribusi zat makanan yang diperlukan janin. Dengan begitu, rokok meningkatkan risiko kelahiran bayi dengan berat badan rendah, di bawah 2500 gram.

Kopi dan Teh

hamil hindari minum kopi tehKopi dan teh mengandung kafein yang memiliki efek merangsang syaraf serta memacu kerja jantung dan otot. Bila dikonsumsi berlebihan bisa merangsang aktivitas syaraf yang pada akhirnya akan membebani kerja jantung, pembuluh darah dan ginjal. Meski begitu, konsumsi normal 2-3 cangkir sehari, umumnya tidak sampai berpengaruh ke janin karena prosentasenya sangat kecil. Toh, beberapa jam setelah diminum, umumnya segera dikeluarkan tubuh bersama air seni, hingga tidak tertimbun dalam tubuh. Namun bila dikonsumsi secara berlebih dengan kadar kekentalan tinggi, janin bisa terkena gangguan epilepsi.

Pengaruh Alkohol

hamil hindari minum alkoholBayi yang lahir dari ibu peminum memiliki risiko lebih tinggi mengalami gangguan perkembangan mental maupun otak. Itulah mengapa, sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol selama kehamilan.

Makanan Kurang Matang

hamil hindari makanan setengah matangMakan daging mentah, telur mentah atau yang dimasak kurang matang lebih baik dihindari selama hamil. Hal tersebut dikarenakan makanan mentah atau kurang matang bisa mengandung toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga E.coli, yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Makan sayuran mentah juga harus diperhatikan untuk menghindari bahaya pada janin.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.