9 Tips Cara Menghilangkan Stress Secara Alami

0

Beban kerja dan aktivitas sehari – hari sering kali menjadi salah satu faktor stress bagi sebagaian besar orang. Akibat stress banyak juga  orang yang sulit tidur dan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap kesehatan mereka.  Banyak penderita stress menggunakan cara menghilangkan stress yang malah makin menambah tingkat stress mereka. Bahkan, tidak jarang pula banyak penderita stress bergantung dengan obat penenang atau obat tidur untuk mengatasi masalah tekanan jiwa mereka.

Stress sendiri merupakan kondisi dimana seseorang memiliki beban rohani dengan persoalan hidupnya. Dengan adanya beban rohani ini orang tersebut harus melakukan tindakan serta mengontrol sesuatu agar seimbang. Sebab stress sebenarnya merupakan reaksi yang normal dari sebuah cobaan dan tekanan hidup yang pastinya akan dialami setiap orang dalam titik tertentu.

3 Penyebab Umum Timbulnya Stress di Diri Seseorang

Ada beberapa penyebab stress salah satunya :

1. Ekonomi

Tidak semua orang lahir dalam keluarga yang serba kecukupan, apalagi kita hidup di negara berkembang yang mana penduduknya mayoritas memiliki status sosial menengah ke bawah. Tentunya hal ini menjadikan alasan utama dimana seseorang dapat merasa stress untuk mengejar ekonomi agar kebutuhan sehari – harinya tercukupi. Selain itu belum lagi seorang yang memiliki kawan berbeda status sosial misalnya saja si A memiliki status ekonomi menengah ia memiliki kawan  sebut saja B ia memiliki derajat kalangan atas yang tinggi derajatnya. Nah kesenjangan sosial seperti ini bisa memebuat seseorang menjadi tertekan, selain itu tenunya si A ingin memiliki barang yang dimiliki B. Dan hal ini akan dilakukan si A untuk mencari uang bagaimana si A dapat membeli barang yang dimiliki si B. Tentunya hal ini dapat membuat seorang tertekan.

2. Kerja Berlebih

Segala sesuatu yang dilakukan berlebih tentunnya memiliki dampak yang tidak baik bagi kita. Begitu pula ketika kamu bekerja secara berlebihan maka yang ada otak akan stress. Untuk mengatasi hal ini agar tidak stress saat kerja maka kamu dapat merefresh sejenak otakmu dan beristirahat lalu lanjut bekerja.

3. Percintaan

Di dunia remaja yang masih bau kencur yang sedang menikmati indahnya kisah asamara akan rentan sekali terkena stress. Namun untuk yang sudah berkeluarga juga tidak menutup kemungkinan dapat terserang stress karena konflik rumah tangga.

Maka aku akan memberi saran kepadamu jika kamu memiliki konflik cinta maka segera selesaikan dengan baik – baik dan ambil solusi terbaiknya, kamu juga dapat berdiskusi berdua dengan kepala dingin bersama pasanganmu supaya masalah kalian bisa selesai secepat mungkin dan mendapatkan titik terang.

9 Tips Cara Menghilangkan Stress

Di bawah ini  kami rangkum 9 tips cara menghilangkan stress :

1. Jangan Pendam Beban Sendirian

Cara menghilangkan stress yang mudah yang dapat kamu lakukan ialah dengan mencurahkan semua perasaan yang memgganjal di hati kepada orang terdekat yang dipercaya. Teknik satu ini memang terlihat sepele namun nyatanya masih banyak orang yang tidak ingin mencurahkan isi hatinya dan memiliih memendam perasaanya sendirian karena takut akan label serta penilaian orang terhadapnya.

Mencurahkan isi hati dan beban pikiran terhadap orang terdekat dapat melepaskan hormon endorfin yang nantinya dapat memberikan rasa tenang dan berguna baig kekebalan tubuh dan tingkat kebahagiaanmu.

2. Buatlah Jurnal Pribadi

Banyak penderita depresi menanggap jika berbicara kepada orang terdekat bahkan therapist tidak dapat mengurangi beban psikologi terhadap dirinya. Jika kamu merupakan tipe diatas yang tidak suka membagi  keluh kesah dengan teman maka kamu dapat menuangkan rasa stress dan sedih di dalam jurnal pribadi harian.

Tuliskan isi pikiran dan juga perasaan dalam jurnal sehingga nantinya dapat membantu identifikasi hal apa saja yang sering menyebabkan stress dan apa efeknya bagi kesehatanmu. Sehingga dengan begini kamu dapat mencari jalan keluar dan mengatasi masalahnya.

3. Relaksasi Aromaterapi

Lelah dan stress setelah beraktivitas seharian ? Kini saatnya kamu merelaksasi otot dan pikiran supaya kembali  rileks dengan bantuan aromaterapi. Aromaterapi terbuat dari minyak lavender dan secara ilmiah dapat mengurangi frekuensi di detak jantung dan juga tekanan darah.

Hasil penelitian mengatakan jika orang yang menghirup aroma lavender akan memiliki kualitas tidur yang baik. Selain itu peneliti juga menganjurkan orang yang memiliki tingkat stress untuk menjaga kebersihan kamar dan wangi kamar.

4. Meditasi

Meditasi dipercaya dapat membuat penderita depresi tenang serta dapat membentuk pikiran – pikiran positif terhadap penderita. Meditasi sendiri memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Mengasah pikiran penderita depresi untuk fokus
  2. Mengurang pikiran negative yang sudah terbentuk
  3. Membantu si penderita mengenali jenis emosinya
  4. Membentuk attitude positif ketika menghadapi segala jenis masalah

Saat meditasi kita dilatih untuk mengatur ritme napas dan juga teknik pernapasan. Selain itu teknik pernapasan ini dikenal sangat efektif untuk mengurangi kadar hormon kortisol yang mana dapat membantu pikiran untuk lebih tenang.

5. Dengarkan Musik Santai

Kamu dapat memakan makanan ringan serta mendengarkan musik yang memiliki aliran lembut. Terus resapi aliran lagu ini dan nantinya pasti kamu akan terbawa suasana bahagia yang ada di dalam musik. Cara satu ini dapat membuatmu rileks serta membawa perasaan yang nyaman di hati.

6. Positive Thinking

Jika kamu merasa ada  seseorang yang mengatai atau berkomentar buruk di belakang  punggungmu tetaplah untuk bersabar dan tidak tertekan. Terapkanlah rasa masa bodoh dan positive thinking. Mungkin mereka disana sedang membicarakan kelebihanmu yang tidak dimiliki oleh mereka.

7. Kurangi Akivitas Dunia Maya

Insentitas sosialisasimu di dunia maya memiliki peranan besar dalam meningkatkan kadar stress di tubuh. Sebab kamu akan menjadi orang yang sering kesal ketika membaca debat sengit di sosial media. Atau bisa saja  kamu berpotensi menjadi seorang korban bullying di sosial media. Maka saranku jangan membuka sosial media untuk membaca komen atau mengikuti debat. Gunakan sosial media hanya untuk berkomunikasi dnegan orang terdekat saja. Namun alangkah baiknya kamu tidak menggunakan sosial media atau mengurangi kadar insetitas dalam memainkan sosial media.

8. Melibatkan Diri Dalam Aktivitas Keagamaan

Sejak kecil ketika hatimu merasa tidak tenang maka orang tua akan menganjurkan untuk berdoa kepada Tuhan dan meminta pertolongan Tuhan. Cara mendekatkan diri dengan Tuhan ini terbukti mampu mengurangi kadar stress dan juga perasaan membenci diri sendiri.

Ada peneliti mengatakan jika orang yang religius sering mengunakan ilmu spritualnya dalam mengatasi persolan hidupnya. Selain itu melibatkan diri dalam aktivitas keagamaan mampu mencegah stress dan mengurangi kadar stress.

9. Berteriak

Berteriak dengan suara yang lantang merupakan cara yang baik dan manjur dilakukan bagi penderita depresi. Saat mengalami stress seseorang akan mengalami sesuatu yang mengganjal di dalam hatinya dan tidak dapat diungkapkan dengan mudah . Maka dari itu kamu dapat berteriak dengan lantang untuk melepaskan beban hati. Tentu saja kamu harus melakukannya di tempat yang sepi seperti di lapangan, pegunungan atau pantai. Kamu dapat berteriak beberapa kali agar jiwa serta fikiranmu merasa rileks dan lega.

Demikian artikel yang memiliki judul 9 tips cara menghilangkan stress secara alami, semoga artikel ini membawa manfaat bagi kamu wanita dan pria yang kuat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.