Bagaimana Cara Membuat Kebun Ramah Anak?

0

Anak-anak juga perlu dilatih berkebun sejak kecil agar mereka lebih mencintai lingkungan dan mengenal berbagai jenis tanaman semenjak belia. Lagipula, mengajari anak-anak berkebun tidak terlampau sulit kok. Mereka akan sangat menyenangi hobi baru ini karena dapat bermain tanah dan kotoran sepuas hati.
Hebatnya lagi, berkebun dapat memberi keuntungan ganda berupa tanaman-tanaman sayuran atau herbal obat yang bisa dengan mudah dipetik dari kebun sendiri. Nah, sudah tidak sabar ingin mengajak anak-anak berkebun? Simak dulu tips untuk membuat kebun yang ramah anak berikut ya:

Jangan gunakan bahan kimia beracun

Pesticide warning sign on a park lawn.Kekhawatiran akan bahaya anak terkena pestisida atau mungkin secara tak sengaja bersentuhan dengan bahan-bahan kimia beracun dapat diminimalisir apabila Anda tidak memakai bahan kimia beracun ketika berkebun. Lebih baik gunakan bahan organik sebagai pembasmi hama tanaman maupun pupuk. Jagalah kebun Anda tetap alami dengan bahan-bahan organik yang ramah bagi anak-anak, maupun setiap orang dan binatang yang akan mampir ke tempat berkebun Anda.

Pastikan Tidak ada Benda Tajam di Kebun

2-Backyard-Cactus-Garden-IdeasAnak-anak adalah makhluk kecil yang serba ingin tahu dan sangat energik. Ada kemungkinan bahwa mereka mungkin akan melompat, berlarian atau bahkan tersandung saat berkebun. Usahakan untuk mengurangi bahaya dengan memastikan tidak ada benda tajam di kebun. Jangan menaruh benda tajam secara sembarangan ketika banyak anak-anak melintas seperti cangkul, sekop, linggis, pasak, atau kawat berduri, sebaiknya disimpan dalam tempat aman sementara.

Memilih Tanaman yang Cepat Dipanen

carrots-girlAnak-anak bukanlah tipe penyabar. Mereka sangat bersemangat untuk mempelajari hal baru namun juga cepat bosan. Oleh karena itu, pilihlah jenis tanaman yang memiliki umur pendek dan bisa segera dipanen dalam waktu dekat. Pastikan anak-anak juga bisa dengan gampang turut merawat tanaman mereka. Hindari pemilihan tanaman yang berduri atau berdaun gatal. Tanaman tomat atau kacang sangat sempurna untuk acara berkebun yang ramah anak.

Berikan Alat Berkebun Bagi Anak

boys-and-his-toolsAgar si kecil makin antusias dalam berkebun, Anda bisa membekalinya dengan peralatan berkebun sederhana seperti alat penyiram tanaman atau sekop mini. Ada banyak perkakas berkebun dari plastik yang bisa dipakai anak-anak. Mungkin Anda bisa memilih peralatan berkebun anak yang berwarna cerah atau berwarna-warni agar anak-anak lebih bersemangat dalam berkebun.
Tips-tips di atas akan membantu Anda untuk memulai membuat berkebun yang ramah anak. Mudah-mudahan artikelnya berguna untuk Anda dan keluarga. (Terasluar-Detty Risetya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.