Begini Caranya, 15 Cara Mendidik Anak yang Baik dalam Keluarga

0

Anak dilahirkan di dunia untuk dititipkan kepada orang tua agar dididik, disayang untuk menjadi orang yang berguna bagi agama, bangsa dan nusa. Namun sayangnya tidak semua anak dapat tumbuh menjadi anak yang baik karena kesalahan didik sejak kecil. Tetapi anak dapat dididik menjadi anak yang baik bila orang tua sudah menanamkan moral yang baik secara baik. Yuk simak dengan baik-baik cara mendidik anak yang baik di bawah ini.

1. Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Anak

Image : psikologan

Cara mendidik anak yang baik adalah dengan cara membiarkan rasa ingin tahu anak agar terus tumbuh. Anak sendiri memiliki imajinasi dan rasa ingin tahu yang sangat besar terhadap lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, orang tua jangan pernah membatasi rasa ingin tahu anak agar tidak membuat anak menjadi takut dalam melakukan hal apapun. Hal ini juga akan mempengaruhi psikologi sang anak.

2. Mengajari Anak untuk Mengemukakan Pendapat

istockphoto

Sedari kecil pastinya anak tidak bisa mengetahui hal yang benar serta yang buruk. Maka dari itu, orang tua perlu membimbing dan mengajarkan mengenai hal yang buruk serta yang baik. Namun bila hal yang dilakukan anak tidak benar maka anak perlu diajarkan untuk mengemukakan pendapatnya di depan orang tua. Mengajarkan anak untuk mengemukakan pendapat secara dini nyatanya sangat bagus untuk keberaniannya dalam memberikan pendapatnya.

3. Mengajari Anak Bersosialisasi

Image : hellosehat

Dalam proses perkembangan, seorang anak biasanya akan mulai banyak bicara ataupun bercoleteh. Ketika anak sudah mulai bisa berbicara secara jelas maka waktunya untuk orang tua mengajari anak agar bisa bersosialisasi dengan lingkungan. Selain itu, juga perlu ditanamkan etika dalam bersosialisasi agar anak tidak bertingkah hal yang tidak wajar.

4. Orang Tua sebagai Teladan untuk Anak

Image : aquariuslearning

Anak sendiri dalam masa perkembangan sangat mudah mempelajari hal baru dengan cepat. Apalagi anak adalah peniru yang baik dalam hal yang dilihatnya. Oleh karena itu, orang tua dituntut untuk menjadi teladan yang baik bagi anak. Saat orang tua melakukan hal yang tidak baik pastinya anak akan meniru hal yang tidak baik begitu pun dengan sebaliknya.

 5. Memberikan Kesempatan Anak untuk Mandiri

Image : pusatkemandirian

Pastinya setiap orang tua mempunyai rasa cemas pada dirinya dengan anaknya sendiri. Rasa cemas itu akan hilang bila orang tua selalu mendampingi anaknya di manapun dan kapapun. Namun sayangnya hal ini dapat membuat anak menjadi tidak mandiri. Cobalah memberikan kesempatan kepada anak secara mandiri. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak kepada dirinya sendiri.

6. Tidak Menuruti Keinginan Anak

Image : wisesecret

Ketika anak masih kecil pastinya mempunyai sifat meminta segala hal kepada orang tua. Sebagai orang tua pastinya kita akan mencoba untuk menurutinya. Namun ternyata hal ini tidaklah bagus bila kita selalu menuruti segala keinginan sang anak. Hal ini bahkan bisa terbawa hingga sang anak menjadi dewasa. Cobalah untuk menolak keinginan sang anak dengan  disertai alasan yang mudah dimengerti oleh sang anak.

7. Tanamkan Sikap Jujur

Image : ariefberkarakter

Jujur sendiri nyatanya tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa namun juga diperlukan oleh anak-anak. Orang tua yang baik pastinya telah menanamkan rasa jujur kepada anak secara dini. Rasa jujur dapat memberikan rasa empati kepada dirinya ataupun orang lain. Saat anak dapat bersikap jujur kepada dirinya sendiri hal ini sama saja bila anak menghargai dirinya sendiri.

8. Pendengar yang Baik

Image : psikologianak

Seorang anak pastinya akan senang bila dirinya mendapatkan seseorang yang dapat menjadi teman sekaligus pendengar yang baik bagi dirinya sendiri. Saat anak mendapatkan teman yang dapat dipercayainya pastinya anak akan merasa nyaman khususnya bila anak mempercayai orang tuanya sendiri.

9. Kasih Sayang yang Tulus

Image : hipwee

Setiap anak pastinya menginginkan kasih sayang yang tulus dari orang tua. Sebuah kasih sayang pastinya akan membuat hubungan antara anak dengan orang tua semakin kuat. Saat orang tua jarang bersama anaknya sendiri pastinya hal ini juga akan mempengaruhi hubungan anak dengan orang tua. Orang tua yang baik pastinya tidak akan menghindarkan kasih sayangnya kepada anaknya sendiri.

 

10. Hindari kata “Jangan”

Image : jurnalwanita

Beberapa orang tua dalam melindungi anaknya terkadang mengucapkan kata “jangan” agar anaknya terhindar dari sebuah permasalahan. Nyatanya kata “jangan” sendiri tidak bagus untuk psikologis anak. Kata “jangan” dapat membuat keberanian ataupun kreatifitas sang anak menjadi terhambat. Bahkan hal ini dapat membuat sang anak menjadi ragu dalam bertindak.

11. Mengajari untuk Meminta Maaf

UlyaDays

Seorang anak saat masih kecil pastinya akan mudah untuk dibimbing. Khususnya bila kita mengajarinya untuk meminta maaf bila dirinya melakukan sebuah kesalahan. Sikap meminta maaf kepada orang lain nyatanya perlu diajari sedari dini. Hal tersebut akan membuat etika anak menjadi pribadi yang lebih baik.

12. Tidak Berkata Keras di Depan Anak

tidak-berkata-keras-depan-anak
IrelandsBabyShow

Hal yang perlu kita hindari saat kita berhadapan dengan anak adalah tidak berkata keras. Berkata keras sendiri dapat membuat sang anak menjadi takut. Selain itu juga dapat menganggu psikologi sang anak. Berbicara di depan anak cukup secara lembut dan halus.

13. Mengajari Mengucapkan Terima Kasih

jadiBerita

Ketika seseorang mendapat hadiah ataupun pujian biasanya akan mengucapkan terima kasih untuk membalas kebaikan. Selain itu, tidak semua anak   mengerti cara untuk berterimakasih dengan benar. Maka dari itu, tugas orang tua yaitu mengajari agar anak dapat menghargai orang lain sedari dini.

14. Ajarkan Ibadah

islamidia

Sedari kecil anak juga perlu ditanamkan untuk mengenal Sang Pecipta. Saat anak mengenal sang pencipta pastinya dirinya akan berpikir mengenai alam semesta. Anak yang telah diajarkan untuk beribadah sedari dini pastinya dia akan mudah bersyukur dengan apa yang diterimanya sekarang ini.

15. Ajak Anak Berolahraga

mengajarkan anak berolahraga
Zwitsal

Cara mendidik anak yang baik terakhir adalah dengan mengajak anak untuk berolahraga bersama. Saat anak mengenal olahraga pastinya hal ini akan terbawa hingga dewasa. Anak sendiri akan mulai mencari jenis olahraga yang ia sukai.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.