3 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

0

Menghadapi si buah hati yang sulit makan memang membutuhkan kesabaran. Terkadang anak-anak bisa lahap makan, tapi seiring pergantian hari, mereka bisa sulit diminta makan. Jangankan untuk makan, sesuap nasi saja mereka menolak dengan menutup rapat-rapat mulutnya.

Kalau sudah begini, orang tua terutama ibu yang menjadi pusing tujuh keliling. Hal ini tidak aneh, lantaran anak-anak yang sulit makan biasanya juga gampang jatuh sakit karena kurang nutrisi dan tidak mendapatkan cukup gizi penting harian untuk mendukung sistem kekebalan tubuhnya. Wah, enggak mau dong anak gampang sakit atau bahkan kekurangan gizi karena susah makan? Maka dari itu, coba Anda ikuti tips agar anak bisa lahap makan di bawah ini ya:

Piring penuh makanan berwarna

colorful-platesEits… tapi ingat ya bukan makanan yang diberi pewarna buatan kimia. Ada banyak jenis pewarna alami makanan yang lebih sehat tanpa efek samping bagi kesehatan. Atau bisa juga Anda menyediakan jenis makanan sehat yang memang memiliki warna menarik. Sebagai contoh, nasi goreng diberi warna merah dari campuran stroberi, atau kue talam yang diberi warna hijau dari daun suji, dan masih banyak lagi jenis makanan berwarna lainnya. Semakin banyak jenis warna makanan di piring, maka anak akan makin terpikat untuk melahapnya.

Dicetak dalam bentuk unik

funny-shape-decoration-on-foodsMakanan tidak akan disentuh anak bila dilihat dari bentuknya saja kurang menarik. Jangan membiarkan tampilan makanan Anda tampak seperti bubur atau bahkan bekas muntahan yang membuat anak tak sudi memandang. Sebaliknya, belilah cetakan-cetakan kecil yang lucu, biasanya cetakan ini untuk membuat agar-agar. Bisa berbentuk bintang, hati, hewan, kotak, bulat dan sebagainya. Anda bisa mencetak makanan seperti nasi goreng, atau nasi putih ke dalam cetakan lucu ini.

Aroma yang meningkatkan nafsu makan

37-mie-gorengSetelah Anda berhasil memikat anak dengan tampilan visual makanan yang menarik, sekarang saatnya untuk memikat indera penciuman anak agar mereka mau makan. Aroma makanan yang wangi akan lebih mudah meningkatkan selera makan. Salah satu trik misalnya menaburkan bawang goreng. Dijamin aroma bawang goreng yang wangi akan menggugah selera makan si kecil.

Pada zaman nenek moyang, anak-anak yang kurang nafsu makan bisa diatasi dengan ramuan tradisional berupa rempah-rempah seperti kencur yang direbus lalu diambil sarinya dan ditambahkan diberi gula. Kencur berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan sehingga anak-anak akan lebih doyan makan. Selamat mencoba. (terasluar-detty) 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.