Belajar Mengetik Cepat Dengan RapidTyping

0

Apakah Anda masih mengetik dengan dua jari? Apakah anda masih perlu melihat papan tombol jari sebelum menekannya? Cara ini tentu sangat tidak efisien bagi anda yang memiliki kegiatan sehari-hari sebagai penulis atau pelajar yang harus mengerjakan tugasnya dengan cara mengetik. Bayangkan jika anda memiliki tugas mengetik dengan ratusan bahkan ribuan kata, tentunya sangat menyita waktu bukan?

Pada postingan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara mengetik cepat menggunakan aplikasi bernama RapidTyping. Saya memilih aplikasi ini karena menurut saya aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang mudah untuk dioperasikan oleh orang awam sekalipun. Sebelum anda belajar mengetik cepat dengan 10 jari, yakinkan terlebih dahulu bahwa diri anda bisa melakukannya. Jika orang lain bisa, kenapa kita tidak?

Berikut beberapa keunggulan dari RapidTyping:

  • RapidTyping nyaman dan mudah digunakan
  • Tema dapat diganti sesuai keinginan
  • RapidTyping menyematkan papan ketik virtual yang memberitahukan tentang penempatan pisisi jari yang benar dengan memberi warna pada pada papan ketik sebagai pembeda
  • Papan ketik dapat diganti sesuai dengan jenis keyboard yang kita gunakan
  • Ada tiga tingkatan yang dapat anda pilih untuk belajar mengetik, yaitu Beginner, Intermediate, dan Expert
  • Kita dapat melihat skor yang kita capai saat latihan berakhir
  • Dan keunggulan yang terakhir, aplikasi ini dapat dimiliki secara cuma-cuma alias gratis

Cara menginstal

  • Download aplikasinya disini http://www.rapidtyping.com/ (saat ini saya menggunakan versi 4.6.6 karena menurut saya lebih user friendly)
  • Install aplikasinya (ikuti dan baca baik-baik langkah-langkahnya)
  • Jalankan aplikasinya

Berikut beberapa tips belajar mengetik dengan RapidTyping

  1. Tombol A,S,D,F dan J,K,L, ; (pada keyboard QWERTY) menunjukkan posisi dasar dari jari-jari anda. Keyboard biasanya memiliki tonjolan kecil pada tombol F dan J. Itu membantu jari-jari anda mencari posisi dasar tanpa melihat keyboard.

Capture2

  1. Pemberian warna pada keyboard berguna sebagai petunjuk jari mana yang harus menekan tombol (Lihat gambar diatas). Gunakan ibu jari untuk menekan tombol spasi.
  2. Posisi dasar pada numerik pad adalah papan tombol nomor 5 untuk jari tengah, 4 untuk jari telunjuk, dan 6 untuk jari manis. Numerik pad berfungsi untuk memudahkan dan mempercepat kita dalam menginput data numerik.
  3. Cobalah untuk mengetik tanpa melihat papan tombol. Gunakan jari anda untuk mencoba menemukan tombol yang dituju.

Saran untuk sukses dalam belajar belajar mengetik dengan RapidTyping

  1. Jangan terburu-buru pada tahap awal pembelajaran. Mengetiklah dengan perlahan untuk menghindari kesalahan saat mengetik. Saat terbiasa kecepatan mengetik anda akan meningkat dengan sendirinya.
  2. Anda harus menetapkan dan menjaga irama saat mengetik.
  3. Tekan tombol hanya dengan jari yang telah ditentukan seperti gambar dibawah (lihat tombol yang berwarna hitam).

Capture4

  1. Batasi gerakan jari hanya untuk apa yang diperlukan untuk menekan tombol tertentu. Usahakan agar tangan dan jari selalu dekat dengan posisi dasar. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kecepatan mengetik dan mengurangi stres pada tangan.
  2. Jangan melihat tombol ketika anda mengetik. Hanya geser jari anda sampai anda menemukan tombol yang dituju.
  3. Jangan tekan tombol terlalu kuat. Cobalah untuk menggunakan tekanan seminimum mungkin saat menekan tombol.
  4. Untuk beralih antara huruf besar/kecil selalu menggunakan sisi yang berlawanan

Mungkin pada awalnya  anda akan merasa kesulitan untuk belajar mengetik cepat dengan 10 jari. Tapi jika anda rutin berlatih, percayalah anda akan dapat menguasainya. Seperti kata pepatah “ala bisa karena biasa”. Sekian dulu postingan dari saya, semoga ini bermanfaat bagi anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.