Cara Bijak Lindungi Anak Dari Bahaya Internet

0

Layanan internet yang semakin murah dan mudah untuk didapatkan merupakan salah satu alasan mengapa internet begitu marak digunakan belakangan ini. Hal ini juga mempengaruhi terjadinya beragam perubahan kebiasaan di dalam hidup kita, termasuk pada anak-anak juga.

Sudah bukan hal asing lagi bila saat ini sebagian besar anak dapat mengakses internet dengan mudah. Hal ini bisa saja berdampak positif untuk beberapa hal, namun tak jarang pula konsumsi internet justru membawa dampak negatif bagi anak. Sebagai orangtua, maka sudah sepatutnya kita melakukan antisipasi dari awal, lakukan cara bijak ini untuk melindungi si kecil dari bahaya internet:

Jelaskan Dengan Tepat

safe-internetHal pertama yang harus kita lakukan sebagai orangtua adalah memberikan penjelasan yang tepat mengenai fungsi dan manfaat dari penggunaan internet. Hal ini akan membuat anak memiliki pengetahuan yang cukup dan mengerti dengan baik bagaimana seharusnya menggunakan internet dengan bijak. Ini tentu saja tidak mudah, mengingat usia anak yang masih kecil, karena itu kita perlu melakukan ini secara perlahan dan bertahap.

Buat Aturan Main

Setelah anak mengenal dan mengerti akan fungsi internet, maka sudah dapat ditebak bahwa langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh anak adalah berusaha menggunakannya, baik itu untuk sekedar bermain game atau aktifitas lainnya. Untuk mengontrol beragam kegiatan ini, maka kita perlu membuat aturan main mengenai penggunaan internet di rumah.

Tentukan waktu serta durasi yang bisa digunakan oleh anak untuk mengakses internet, hal ini sangat penting karena anak harus tetap memiliki aktifitas lainnya yang bersifat prioritas, seperti: belajar dan beristirahat.

internet-safety-for-kidsDampingi Anak Saat Menggunakan Internet

Lakukan pengawasan dan pendampingan saat anak menggunakan internet, pastikan anak menggunakan internet secara bijak dan tidak berlebihan. Bila pada saat-saat tertentu kita tidak dapat mengawasinya, maka kita dapat melakukan pengawasan dengan cara membuka halaman riwayat yang memuat semua aktifitas yang dilakukan anak selama menggunakan internet.

Gunakan Kebijakan Layanan Internet Pada Komputer

parental-controlAktifkan fitur pengguna di bawah usia dewasa (mode terbatas) pada internet di komputer sebagai sebuah bentuk antisipasi bagi anak agar tidak mengakses informasi / situs yang tidak sesuai dengan batasan usianya. Ini adalah salah satu hal yang sangat penting untuk kita lakukan karena dengan mengaktifkan fitur ini pada layanan internet, maka kita dapat membatasi akses anak terhadap beragam konten dewasa yang tidak pantas untuk usianya. Hal ini akan menghindarkan anak-anak kita dari bahaya internet terutama dari pornografi atau situs yang tak layak seperti situs mencari teman/pacar. Ada berbagai software yang dapat kita gunakan seperti ‘Kaspersky Internet Security’, ‘Net Nanny’, WebWatcher’, ‘Verity’, dsb. Bahkan bagi anda pengguna Windows anda juga dapat mengatifkan fungsi ‘ ‘ untuk membatasi aplikasi yang bisa digunakan untuk akun anak-anak anda.

passwordMembuat Password

Gunakan password pada perangkat komputer di rumah, hal ini akan membantu kita mengontrol dan mengawasi aktifitas anak terhadap internet. Ini juga akan sangat berguna saat kita tidak dapat mengawasi aktifitas anak selama sehari penuh, terutama bagi orangtua yang bekerja dan menghabiskan waktu sepanjang hari di kantor.

Semua langkah ini bukan berarti menjadi sebuah gambaran bagaimana kita tidak percaya pada anak, namun ini adalah sebuah pencegahan anak terhadap dampak bahaya internet dan juga suatu bentuk proses di mana akan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat seorang anak benar-benar bisa mengerti dan tahu bagaimana cara menggunakan internet dengan baik dan bijak. (terasluar-micro_yoda)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.