Cara Bunda Cerdas Memilih Bubur Bayi Instan

0

Mempunyai bayi memang saat-saat indah bagi orang tua. Banyak hal baru yang akan dihadapi orang tua saat mengasuh si buah hati. Dari kelahiran bayi sampai dia memulai hal-hal pertama dalam kehidupan si kecil tentu saja memerlukan penanganan khusus termasuk makanan atau asupan gizi.

Sebagai asupan pokok ASI adalah yang terbaik selama 6 bulan pertama. Setelah memasuki usia 7 bulan bayi mulai dikenalkan dengan makanan pendamping ASI secara bertahap. Makanan pendamping ASI ini makanan bayi adalah suatu yang amat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan yang sehat bagi bayi.Pada usia-usia awal bayi mulai makan, makanan yang di berikan biasanya berupa bubur untuk bayi.

Akan lebih baik memang jika kita membuat sendiri bubur untuk si kecil. Kita bisa mengolah sayur, buah, beras, dan lain sebagainya untuk si kecil. Tapi, jika terpaksa harus membeli bubur bayi instan, maka beberapa hal yang harus dicermati agar bayi tidak kekurangan gizi atau sakit karena salah memilih bubur bayi instan. Berbagai merk dan jenis makanan bayi termasuk bubur tersedia di mana saja baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Masing-masing produsen berlomba-lomba memikat para orang tua bayi dengan iklan, kemasan yang bagus, dan aneka rasa bubur. Namun sebagai orang tua kita tidak bisa begitu saja membeli tanpa mempertimbangkan yang penting untuk bayi. Di bawah ini ada beberapa tips untuk mendapatkan bubur bayi instan yang terbaik bagi pertumbuhan si kecil.

Periksa Tanggal Kadaluarsa

memilih bubur bayi instanTanggal kadaluarsa terdapat dalam kemasan luar. Cek tanggal dan tahun kadaluarsa. Pilihlah bubur yang masa kadaluarsanya paling tidak masih satu tahun mendatang. Hal ini penting, apalagi jika kita memiliki banyak variasi rasa bubur bayi instan. Jangan sampai disaat kita membutuhkan, ternyata sudah kadaluarsa.

 

Pelajari Cara Penyimpanan

memilih bubur bayi instanPada kemasan biasanya terdapat informasi mengenai bubur ini. Carilah petunjuk setelah kemasan dibuka apakah harus langsung habis, bisa disimpan dalam kulkas, disimpan dalam lemari biasa atau harus dipanaskan lagi. Hal tersebut penting agar bubur yang disajikan bisa optimal kadar gizinya. Karena tidak semua varian bubur bayi instan memiliki metode penyimpanan yang sama.

Perhatikan Cara Penyajian

memilih bubur instan bayiProsusen bubur instan selalu memberi petunjuk tentang bagaimana cara menyajikan bubur yang benar. Hal yang harus dicermati adalah bisa saja masing-masing bubur instan memiliki cara penyajian sendiri. Jadi sebelum menyajikan pelajari dulu cara-cara penyajian dengan teliti agar tidak salah. Tetapi jangan takut untuk mengkombinasikan varian rasa. Cobalah untuk mencampurkan bubur rasa beras merah dengan rasa ayam atau rasa sayuran.

Pilih Bubur Sesuai Usia Bayi

memilih bubur instan bayiBubur instan memiliki banyak varian. Semakin besar usia si kecil maka biasanya bubur yang disediakan semakin bertekstur untuk merangsang pertumbuhan giginya, selain itu variasi rasanya juga semakin bermacam-macam. Pada kemasan bubur bayi instan, biasanya sudah tertulis umur bayi yang disarankan untuk mengkonsumsi bubur tersebut.

Pilih Gizi Seimbang

memilih bubur instan bayiBanyak macam bubur bayi yang tersedia seperti kacang hijau, beras merah, buah, sayur dan lainnya. Pilihlah sesuai kebutuhan gizi si kecil. Bisa saja diberikan secara selang seling agar kandungan gizi yang masuk menjadi bervariasi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.