Cara Cepat Ajarkan Anak Toilet training Dalam 7 Hari

1

Toilet training atau potty training atau latihan agar anak bisa buang air kecil atau buang air besar sendiri ke toilet membutuhkan banyak perjuangan dan kerja keras kedua orang tua. Jika salah satu orang tua tidak bisa mendidik anak secara konsisten berlatih buang air mandiri, maka potty training akan gagal. Sebenarnya, sejak anak bisa berjalan, mereka sudah bisa dan memahami potty training.

Bahkan, ada beberapa sarana penunjang agar anak bisa ke toilet sendiri misalnya seperti toilet duduk mini yang terbuat dari plastik sehingga anak-anak bisa berlatih buang air sambil duduk. Jika Anda tidak memiliki alat toilet training ini di rumah pun tak masalah.

Kalau anak sudah bisa pergi ke toilet sendirian maka Anda pula yang akan merasa senang karena anak bisa makin mandiri. Berikut ini adalah cara cepat mengajarkan anak potty training dalam 7 hari:

Pastikan Usia Anak Sudah Siap

Percuma saja melatih anak balita yang belum cukup umur untuk toilet training. Biasanya anak sudah bisa duduk di toilet ketika umur di atas 1 tahun karena mereka sudah bisa berjalan. Tidak usah terlalu memaksakan toilet training jika tidak ingin pelatihan hanya berujung sia-sia.

potty-trainingJangan Dimarahi

Tidak perlu merasa emosi atau jengkel jika anak kadang-kadang masih ngompol atau buang air besar di celana. Pada dasarnya, anak di usia balita masih belum bisa mengatur kandung kemih dan sistem pengeluaran sehingga tidak jarang mereka jadi gampang mengompol. Memarahi anak hanya akan membuat mereka merasa enggan dan takut untuk melakukan potty training.

Dampingi Anak Saat Potty Training

dampingi-anak-potty-trainingPada hari pertama, biarkan anak mengenal terlebih dahulu apa itu toilet, gayung, sabun dan sebagainya. sarana inilah yang nantinya akan dipakai ketika berada di toilet untuk buang air. Secara bertahap, ajarkan mereka untuk duduk di toilet atau jongkok di toilet hingga mereka merasa nyaman. Jangan biarkan anak ditinggal sendiri, sampai mereka merasa berani untuk melakukan hal ini sendirian.

Terus ajarkan anak secara teratur toilet training. Agar bisa karena biasa. Jika mereka sudah terbiasa untuk duduk di toilet maka akan lebih mudah untuk menjadikannya kebiasaan. Semoga berhasil ya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. toilet training anak says

    wih bisa langsung di terapkan nih cara cepat untuk toilet training anak

Leave A Reply

Your email address will not be published.