Cara Cepat Turunkan Demam Anak Dalam 1 Jam

0

Salah satu penyakit langganan yang kerap mendera si kecil adalah gejala influenza seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan dan demam. Kalau sudah meriang atau demam, banyak orang tua yang panik dan mencari seribu satu cara agar demam si kecil cepat mereda.

Hal ini bisa dimaklumi. Pasalnya, demam jika dibiarkan saja dapat menjadi masalah baru, terutama jika sudah melebihi suhu 39,5 derajat Celcius. Pada dasarnya, demam sendiri merupakan sistem pertahanan tubuh untuk menghadapi serangan infeksi dari bakteri, virus atau kuman. Dengan cara meningkatkan suhu tubuh menjadi lebih panas, maka bakteri atau virus tidak bisa berkembang biak bahkan akan mati.

Namun demikian, demam tetaplah harus segera ditangani agar si kecil tidak step atau kejang. Berikut ini cara cepat dan mudah untuk mengatasi demam pada anak hanya dalam kurun waktu 1 jam. Mudah-mudahan bisa membantu menurunkan panas si kecil ya:

Pertama, siapkan dahulu beberapa perlengkapan berikut:

  • 2 atau 3 lembar kain handuk kecil atau waslap bersih,
  • Cuka apel,
  • Wadah baskom.

Langkah-langkah penggunaan:

  1. Siapkan wadah baskom, kemudian tuang cuka apel murni sekitar setengah wadah baskom atau hingga kain waslap dapat tercelup sepenuhnya.
  2. Jika sudah, peras waslap untuk mengurangi kadar air. Yang kita butuhkan hanya waslap yang cukup lembap untuk kompres.
  3. Gunakan waslap-waslap tersebut untuk mengompres bagian dahi, perut, atau bagian pangkal paha.
  4. Biarkan kain waslap sebagai kompres selama kurang lebih 1 jam.
  5. Suhu tubuh perlahan-lahan akan kembali normal.

kompres anak demam

Mengompres anak yang demam memakai cuka apel murni di bagian-bagian tubuh tertentu akan membantu menurunkan suhu tubuh kembali normal. Alasannya, pada bagian-bagian tubuh tersebut banyak terdapat syaraf-syaraf yang jumlahnya jutaan. Jika syaraf-syaraf tersebut terkena suhu yang dingin dari cuka apel murni, maka akan membantu menjaga kondisi suhu tubuh kembali normal.

Pertolongan pertama pada anak yang demam ini sangat mudah, bukan? Tidak mengandung efek samping sama sekali dan efektif. Semoga si kecil cepat sembuh.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.