Cara Cerdas Kurangi Polusi

0

Manusia, sebagaimana makhluk lainnya, memiliki keterkaitan dan ketergantungan terhadap alam dan lingkungannya. Namun demikian, pada abad-abad terakhir ini, manusia justru semakin aktif mengambil langkah-langkah yang merusak, atau bahkan menghancurkan lingkungan hidup. Para ilmuwan itu mengumumkan ancaman meluasnya padang pasir, semakin berkurangnya hutan, berkurangnya cadangan air minum, menipisnya sumber energi alam, dan semakin punahnya berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Bumi sebagai planet yang menjanjikan kehidupan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya perlu mendapatkan perhatian yang besar agar terhindar dari kerusakan. Sebagian besar manusia sulit menyadari realitas kehancuran lingkungan hidup yang ada disekitarnya.
Tak perlu hal-hal spektakuler untuk menyelamatkan bumi. Kita bisa memulainya dari dari dalam diri dan lingkungan sekitar kita. Banyak yang kita lakukan untuk membantu planet kita tercinta ini bertahan lebih lama terutama dengan mengurangi polusi baik udara, air, maupun tanah.

JANGAN MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN

cegah hindari polusi lingkungan sehatHal yang tak bisa dipungkiri bahwa tiap hari kita pasti menghasilkan sampah. Apalagi jika bersekolah atau bekerja. Kadang kita membeli makanan atau sesuatu dan membuang bungkusnya. Ketika hal itu terjadi buanglah sampah pada tempatnya. Jangan membuangnya di jalan, selokan ataupun dimana saja selain tempat sampah. Carilah tempat sampah sebab benda yang satu ini tersedia di banyak tempat. Jika tidak, taruh dalam tas atau kantung, setibanya di rumah kita bisa langsung membuangnya. Selain mengganggu kebersihan, membuang sampah sembarangan juga bisa membuat tersumbat aliran air jika terbawa air hujan.

PISAHKAN SAMPAH

cegah hindari polusi lingkungan sehatJika kita tinggal di lingkungan kota atau perumahan pasti setiap hari ada petugas yang mengangkut sampah untuk di buang ke tempat pembuangan sampah akhir. Nah sebelum diangkut petugas sampah itu kita pisahkan, antara sampah kering yang berbentuk kertas atau yang berbahan plastik dan sampah basah yang biasanya hasil dari dapur. Selain memudahkan petugas untuk menindaklanjuti, hal itu bisa berguna bagi orang lain. Siapa tahu sampah kering itu bisa digunakan oleh pemulung untuk menyambung hidup mereka. Bermanfaat ganda bukan?

MINIMALKAN PENGGUNAAN LEMARI ES ATAU AC

cegah hindari polusi lingkungan sehatLemari es memang multi fungsi terutama bagi ibu-ibu rumah tangga. Namun dibalik manfaatnya tersebut ada pula sisi negatifnya. Lemari es yang tidak tertutup rapat akan mengakibatkan kompresor akan bekerja terus menerus untuk mencapai suhu yang yang di telah di tetapkan. Hal ini menyebabkan konsumsi listrik menjadi tinggi. Tingginya permintaan listrik akan memaksa pembangkit listrik bekerja lebih berat yang berimbas pada meningkatnya polusi sisa proses pembangkitan listrik.
Demikian juga dengan AC. Usahakan ruangan yang diberi AC selalu dalam kondisi tertutup rapat.

BUDAYA JALAN KAKI

cegah hindari polusi lingkungan sehatSelain menyehatkan, jalan kaki juga menghemat energi. Sekarang ini kita cenderung manja. Mau pergi dalam jarak dekat saja memakai kendaraan baik motor atau mobil, padahal dua benda itu menimbulkan polusi yang membahayakan udara. Coba kita lihat negara-negara maju seperti Jepang, Inggris, Demnark, Swedia. Mereka justru membudayakan jalan kaki.

GUNAKAN ANGKUTAN UMUM

cegah hindari polusi lingkungan sehatTransportasi umum dibuat pemerintah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar, kemacetan dan polusi udara yang sangat memprihatinkan. Mulai sekarang hendaknya kita belajar berbagi dengan menggunakan transportasi umum. Motor atau mobil pribadi kita hanya digunakan sesekali saja. Namun di lain pihak pemerintah juga harus berusaha memperbaiki pelayanan transportasi umum, agar masyarakat nyaman menggunakan fasilitas ini.

KURANGI BELANJA

Semakin banyak kita belanja maka akan banyak pula sampah yang akan kita hasilkan. Lihat saja kalau kita lebih suka jajan di luar maka kita juga akan mendapatkan sampah baik dari bungkus atau sisa produk yang kita beli.

DAUR ULANG

cegah hindari polusi lingkungan sehatJika kita membeli barang maka belilah barang yang berlogo bisa didaur ulang/recycle. Biasanya dikemasannya ada lambang seperti segitiga yang terdapat anak panahnya bertuliskan recycle. Bungkus kemasan produk yang kita buang tersebut dapat didaur ulang dipabrik dan menghasilkan barang baru yang berguna.

TANAM POHON

cegah hindari polusi lingkungan sehatMenanam pohon untuk penghijauan adalah perbuatan mulia. Tanaman yang ditaman bisa beranekaragam. Jika halaman atau kebun kita luas maka bisa ditanami pepohonan besar seperti pohon buah yang berkayu seperti mangga, rambutan, jeruk atau yang lain. Selain berfungsi untuk menyejukkan udara juga menghasilkan buah yang bisa kita makan bahkan dijual. Jika halaman kita sempit bahkan hanya tersedia teras kecil, kita bisa menamam pohon dalam pot. Sekarang ini tersedia tanaman hias yang cantik dan menawan. Selain itu tamanam hias juga mempunyai nilai ekonomi yang tinggi lho. Sangat bermanfaat bukan?

JANGAN MEROKOK DI TEMPAT UMUM

Merokok sangat menganggu kesehatan baik bagi si perokok, terlebih lagi lingkungan sekitarnya alias perokok pasif. Selain mengotori paru-paru asap rokok juga sumber polusi seperti halnya plastik dan karet karena mengandung benzena.
Nah, mulai sekarang marilah kita mengurangi polusi. Mudah bukan langkah-langkahnya?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.