Cara Memanfaatkan Buah dan Sayuran yang Sudah Layu

0

Terkadang kita kerap kalap sewaktu berbelanja buah dan sayuran yang segar dan di pasar swalayan, akan tetapi beberapa hari setelahnya malah lupa untuk dimakan. Buah dan sayuran ini pun jadi didiamkan begitu saja di dalam kulkas sampai akhirnya menjadi layu bahkan hampir busuk.

Kalau Anda sering kali mengalami hal seperti ini, buah atau sayuran yang sudah layu sebaiknya jangan langsung dibuang begitu saja, karena sesungguhnya masih bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sesuatu. Tetapi, kalau sudah busuk dan bau, Anda harus merelakannya.

1. Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Kue

Anda tahu Banana Cake atau Banana Bread? Bahan dasar untuk membuatnya diperlukan pisang yang cukup matang. Namun, bukan hanya pisang saja, stroberi, apel, pir, dan nanas yang sudah terlalu matang atau bahkan tampak sedikit bonyok juga masih bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar kue, cake, pie, atau crumble loh. Jadi, jangan buang apa yang ada di lemari esmu begitu saja ya.

2. Sebagai Frozen Fruit Bar

Terkadang, buah yang memiliki tingkat kematangan yang lebih mempunyai rasa yang begitu spesifik. Hal tersebut akan membuatnya menjadi kurang enak saat dijus atau dijadikan smoothies. Oleh karena itu, jika memiliki buah yang terlalu matang, kamu bisa membuatnya menjadi fruit bar atau es loli. Tuangkan saja jus atau smoothies yang sudah diblender ke dalam cetakan popsicle, maka rasa aneh yang terdapat pada buah itu tak akan begitu terasa. Malahan bisa kamu nikmati dengan bentuk yang berbeda.

3. Untuk Topping Es Krim atau Pancake

Buah-buahan yang sudah begitu matang bisa juga dijadikan sebagai topping untuk es krim atau pancake. Jika kamu biasa membuat pancake dengan topping selai atau madu, cobalah untuk menjadikan buah-buahan itu sebagai toppingnya. Pasti akan jauh lebih enak. Kamu cukup mencacahnya kecil-kecil dan menekannya menggunakan garpu, lalu dihaluskan dengan blender. Topping tersebut tentu jauh lebih sehat dari pada sirup, kan?

4. Untuk Bahan Tumis

Sayuran seperti wortel, brokoli, paprika, atau seledri yang mulai lembek memang tidak cantik dipandang, tapi jika dimasak menjadi sup atau ditumis, sayuran layu tersebut akan ditutupi oleh isian sup atau tumisan lainnya. Sehingga tidak apa-apa jika dikonsumsi menjadi makanan makan nasi. Dijamin rasanya tetap enak.

5. Disimpan Kembali

Memangnya sayuran layu bisa disimpan? Bisa saja kok. Yang terpenting, sayuran tersebut harus direndam sebentar dalam air mendidih, diangkat, lalu direndam kembali dalam air es agar panasnya hilang terlebih dahulu, agar nantinya tidak semakin layu dan lembek. Setelah itu, sayuran tersebut bisa kamu keringkan, lalu disimpan kembali di dalam freezer. Dengan cara seperti ini kamu bisa mengkonsumsi kembali sayuran tersebut.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.