Cara Memilih Bimbingan Belajar untuk Anak

0

Bagi orang tua, pendidikan anak adalah hal yang sangat penting, apalagi jika putra putrinya sudah memasuki jenjang SMU. Bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu masuk perguruan tinggi maka berbagai hal tentu saja harus di siapkan.

Sekarang ini, beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia memiliki otoritas lebih luas untuk melakukan ujian masuk bagi calon mahasiswa melalui jalur khusus, sehingga membuat para calon mahasiswa mempunyai lebih banyak peluang. Tapi apapun bentuknya para siswa harus tetap siap apalagi bagi mereka yang memilih jalur SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) terutama untuk perguruan tinggi negeri (PTN) favorit. Karena ujiannya bersifat nasional maka saingannya pun berasal dari seluruh Indonesia. Untuk mengantisipasinya kita pun harus melakukan persiapan sebaik mungkin termasuk mengikuti bimbingan belajar (bimbel). Tips-tips berikut dapat membantu memilih bimbingan belajar yang sesuai harapan:

tips cara memilih bimbingan belajar bimbel

1. Cari Informasi

Sebelum mendaftar ke bimbingan belajar, sedini mungkin perlu mengumpulkan informasi tentang bimbel yang mungkin kita tahu. Untuk mengetahui lebih jauh bisa melihat brosur, telepon, atau datang langsung agar lebih jelas.

2. Reputasi Nasional

Reputasi menjadi bukti riil keberhasilan suatu bimbingan belajar. Tempat bimbingan belajar yang bertaraf nasional tentusaja sudah dipercaya banyak kalangan termasuk akademisi dalam membantu para siswa bimbingannya. Reputasi tersebut dibangun atas keberhasilannya membantu para siswa lolos menembus perguruan tinggi yang bisa dilihat dari daftar nama mahasiswa yang lolos SPMB. Biasanya pihak bimbel yang bonafit akan memantau keberhasilan anak didiknya sehingga dapat menyajikan data tentang mantan anak didiknya.

3. Sesuaikan Kemampuan

Yang dapat mengukur kemampuan adalah diri si anak sendiri. Jadwal bimbingan belajar sangat bervariatif. Ada yang berjangka 1 tahun, 6 bulan, 3 bulan atau bimbingan intensif 1 bulan menjelang SPMB. Begitu juga apakah bimbingan dilakukan pagi, siang, sore atau malam. Pemilihan waktu mengikuti bimbingan tersebut tentu saja disesuaikan dengan jadwal anak sehari-hari. Jangan sampai bimbingan yang seharusnya membantu justru menjadi beban.

4. Kualitas Pengajar

Hal ini sangat penting diperhatikan. Seperti halnya memilih sekolah, kita perlu cermat memilih tenaga pengajar karena poin ini juga dapat menentukan keberhasilan si anak dalam menambah pengetahuannya. Tenaga pengajar yang profesional dan terbukti prestasinya merupakan salah satu acuan memilih bimbingan belajar

tips cara memilih bimbingan belajar bimbel

5. Lokasi

Usahakan memilih tempat bimbingan belajar yang tidak jauh dari rumah atau sekolah. Hal tersebut tentusaja untuk menghemat tenaga dan biaya. Jika letak bimbingan belajar terlalu jauh bisa-bisa membuat capek dan menguras tenaga dan pikiran. Akibatnya otak menjadi tidak optimal dalam menyerap materi yang disampaikan alias menjadi tidak efektif.

6. Kualitas Materi

Hal ini bisa dilihat dari contoh diktat/buku yang dipunyai atau disediakan pihak bimbingan belajar. Kita bisa melihat materi penyajian, contoh soal atau rumus praktis yang ada. Jika penyajiannya sulit di mengerti anak maka segera beralih ke bimbingan lain.

7. Fasilitas

Bimbingan belajar yang baik seharusnya memberikan pelayanan dan fasilitas yang baik untuk menunjang keberhasilan siswa. Amati jumlah kelas, kebersihan kelas, sarana belajar mengajar yang ada. Tanyakan apalah mereka sering melakukan uji coba ujian intern dan juga try out (uji coba di luar) SPMB. Selain itu apakah bimbel tersebut menyediakan konsultasi materi atau pilihan jurusan, dan boleh minta pindah kelas jika tidak sesuai.

8. Harga

Jika hal-hal sudah jelas, maka kini saatnya melihat harga yang ditawarkan. Memilih bimbingan belajar yang mematok harga tinggi memang belum tentu menjamin bisa meloloskan para siswanya keperguruan tinggi negeri. Untuk itu sesuaikan hal-hal di atas, baru kita bisa setuju dengan harganya. Dan tentu saja sesuaikan juga dengan keadaan kantong orang tua.

Sesungguhnya bimbel hanya bersifat membantu, yang lebih penting adalah belajar dengan giat. Jika anak sudah mempunyai kemauan yang keras untuk belajar, materi yang diberikan di sekolah lebih dari cukup untuk menembus tes ujian masuk sekolah atau ujian nasional.

Save

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.