Cara Mencegah Anak Kecanduan TV

0

Di jaman yang semakin maju kehadiran teknologi sepertinya menjadi sebuah kebutuhan. Media begitu berkembang pesat dan luas sehingga masyarakat termasuk anak-anak bisa menikmatinya dengan mudah. Beberapa tahun terakhir ini banyak survai tentang pengaruh media massa terutama televisi (TV) pada anak-anak. Dari beberapa survai tersebut menyatakan banyaknya dampak buruk jika anak terlalu sering bahkan kecanduan acara TV dan orang tua tidak memiliki waktu untuk mengawasinya. Jika anak kecanduan TV, apa yang mereka pelajari selama itu?

Mereka belajar untuk duduk di rumah dan menonton, bukannya bermain di luar dan berolahraga. Lebih dari itu, kadang anak cenderung melakukan kekerasan. Hal ini menjauhkan mereka dari pelajaran-pelajaran hidup yang penting, seperti bagaimana cara berinteraksi dengan teman sebaya, belajar cara berkompromi dan berbagi di dunia yang penuh dengan orang lain. Anak menjadi konsumtif karena anak-anak merupakan target pengiklan yang utama sehingga mendorong mereka menjadi konsumtif. Bahasa televisi simpel, memikat, dan membuat ketagihan sehingga sangat mungkin anak menjadi malas belajar. Setiap kali mereka merasa bosan, mereka tinggal memencet remote control dan langsung menemukan hiburan.
Inilah beberapa tips untuk mengurangi kecanduan acara TV bagi anak-anak:

cegah anak kecanduan tv dengan berkebun

Bercocok Tanam

Berkebun tak perlu tanah yang luas. Sekarang ini masyarakat yang tidak mempunyai tanah luas bisa menanam dalam pot atau dalam pipa paralon. Anak bisa membuat taman bunga atau buah sendiri. Dengan ini anak bisa belajar makna tumbuh dan bertanggung jawab untuk memeliharanya.

Bermain

Hidup anak pada dasarnya adalah bermain. Dengan bermain, anak belajar banyak hal. Kreatifitas bisa tumbuh saat bermain, baik bersama teman atau dengan orang tua nya. Hal ini akan menghindarkan anak kecanduan tv.

cegah anak kecanduan tv membaca buku

Membaca Buku

Biasakan anak membaca buku. Bila sempat, sisakan waktu setiap hari, kalau tidak, beberapa kali setiap minggu untuk membacakan cerita kepada anak atau biarkan sekali-kali anak Anda yang membacakan cerita untuk Anda. Jangan lupa untuk membahas kembali apa yang telah dibaca. Sediakan sebanyak mungkin buku yang pantas di sekitar rumah dan minta kerjasama keluarga untuk menjadikan buku sebagai hadiah ulangtahun, liburan atau lebaran.
(baca juga: Tips Meningkatkan Kegemaran Membaca pada Anak)

Mendengarkan Radio atau Membaca Koran

Anak sekarang sudah jarang sekali mendengarkan radio, apalagi membaca koran. Padahal mungin mereka bisa mendapatkan informasi yang tidak kalah banyaknya dibanding mendengarkan berita di TV. Radio bisa melatih anak untuk mendengarkan dengan baik dan koran bisa mengajak anak untuk menambah wawasannya tentang dunia. Dan hasilnya adalah terhindarnya masalah anak kecanduan tv.

cegah anak kecanduan tv olahraga kreativitas

Membuat Kerajinan

Membuat kerajinan dari barang bekas sangat mengasyikan. Selain melatih kreatifitas juga sarana ngobrol yang mengasyikan. Di sela-sela membuat kerajinan tangan, anggota keluarga bisa saling curhat atau diskusi ringan.

Berolahraga

Kadang kata olahraga terdengar berat, tapi setelah dilakukan biasanya menyenangkan. Selain jalan-jalan, bersepeda dan berenang, masih banyak lagi olahraga yang bisa dilakukan bersama keluarga seperti senam, badminton, futsal. Dengan aktifitas olahraga inilah, cara baik untuk menghidari anak kecanduan tv.

cegah anak kecanduan tv bermain dengan keluarga

Bercengkrama dengan Keluarga

Bercengkerama dengan keluarga bisa membuat pikiran menjadi rileks. Ayah dan ibu bisa mengetahui perkembangan si anak. Dengan adanya komunikasi inilah, anak akan merasa diperhatikan oleh keluarganya sehingga mencegah timbulnya perilaku negatif yang bertujuan mencari perhatian orang lain.

Jalan-jalan

Kegiatan yang satu ini mudah dan murah. Tidak perlu banyak mengeluarkan uang dan simple. Jalan-jalan tak perlu jauh, bisa di sekeliling lingkungan tempat tinggal, atau jika rumah dekat dengan sawah bisa melihat-lihat hamparan padi atau kebun. Atau jika tinggal di kota bisa ke taman kota.

Kebun Binatang atau Museum

Mengunjungi kebun binatang menyenangkan bagi anak-anak karena bisa melihat beragam binatang yang tidak biasa dilihat sehari-hari seperti gajah, jerapah, macan dan lain-lain. Selain itu, museum juga menarik untuk dikunjungi dan bisa belajar sejarah bangsanya.

Memang, seiring dengan perkembangan masa, bukan hanya televisi saja yang menjadi sumber informasi sekaligus ancaman bagi anak. Munculnya berbagai peralatan yang terhubung melalui jaringan internet adalah analogi permasalahan yang sama dengan televisi. Untuk itu, ada baiknya untuk juga membaca tips Menghindarkan Anak dari Kecanduan Internet

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.