Cara Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak di Rumah

Jika anda bingung bagaimana cara mengajarkan bahasa Inggris di rumah. Cara ini bisa anda coba.

0

Memiliki kemampuan berbahasa asing saat ini terasa sangat penting. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Berbahasa adalah perihal kebiasaan. Semakin sering suatu bahasa dipakai dan diajarkan, semakin lancar pula seseorang menggunakannya.

Hal ini juga dipengaruhi oleh lingkungan. Jika lingkungan si anak menggunakan bahasa daerah sejak kecil, besar kemungkinan dia akan lebih lancar menggunakan bahasa daerah, namun ketika berpindah ke daerah tertentu seseorang akan lebih lancar menggunakan bahasa yang sama dengan yang digunakan di lingkungan barunya. Hal ini disebabkan karena bahasa barunya lebih sering digunakan.

Namun demikian bukan berarti si anak tidak dapat memiliki kemampuan berbahasa dengan menguasai lebih dari satu bahasa. Namun, kadang para ibu bingung bagaimana cara mengajarkan bahasa lain seperti bahasa Inggris kepada anak.

1. Ajarkan Sejak Usia Dini

Belajar bahasa baru akan lebih mudah dilakukan di usia yang masih muda karena di usia ini seseorang cenderung menangkap sesuatu dengan lebih mudah. Sementara anak belajar bahasa ibu, tidak ada salahnya mengajarkan bahasa asing juga. Akan tetapi, porsi belajar bahasa  ini hendaknya disesuaikan agar si anak lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah untuk berkomunikasi dengan orang di sekitar, sedangkan kemampuan bahasa Inggrisnya dapat digunakan untuk kegiatan akademik atau keperluan lainnya.

2. Ajarkan Dengan Nyanyian

Anak-anak cenderung lebih mudah menagkap sesuatu ketika dinyanyikan. Lirik lagu tentu lebih mudah dihapal daripada rumus-rumus yang dihapalkan begitu saja. Meskipun terlihat sepele, namun membiasakan anak dengan lagu-lagu berbahasa Inggris akan memberi pengaruh terhadap kemampuan berbahasanya. Tentu saja, lagu yang didengarkan disesuaikan dengan umurnya ya, Bunda. Anak-anak yang maish kecil bisa diperdengarkan lagu anak-anak berbahasa Inggris seperti ABCD, Bingo, dan lain lain.

3. Ajarkan Dengan Permainan

Anak kecil akan mudah bosan, maka dari itu orang tua harus lebih kreatif dalam mengajarkan bahasa Inggris pada anak. Ketika anak kecil mulai ogah-ogahan belajar bahasa Inggris, orang tua bisa lebih kreatif dalam mengajarkannya dengan cara belajar sambil bermain. Contoh permainan ini di antaranya adalah Simon Says untuk lebih mudah mengingat kata-kata dalam bahasa Inggris, Scrabble untuk menambah kosakata dengan cakupan yang lebih luas . Atau jika anda adalah tipikal orang tua modern, anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk belajar bahasa Inggris yang bisa diunduh di appstore atau playstore.

4. Mendongeng Dengan Bahasa Inggris

Untuk melatih kemampuan mendengarkan, bunda bisa membeli buku bacaan anak dan membacakannya ketika akan tidur karena pada saat ini anak akan lebih udah menyerap apa yang dia pelajari. Pilih juga buku dengan gambar yang menarik agar ketika bunda tidak sempat membacakan, si kecil memiliki ketertarikan untuk membacanya sendiri.

5. Bisa Berbahasa Karena Terbiasa

Seperti yang sudah dikatakan di pengantar tadi, berbahasa adalah suatu kebiasaan. Maka dari itu, membiasakan mengatakan hal-hal yang sederhana seperti saat meminta tolong atau berterima kasih bisa menggunakan bahasa Inggris akan anak semakin terlatih. Anda juga bisa mengajak anak untuk menulis cerita pendek sederhana seminngu sekali untuk meningkatkan kualitas tulisan dan grammarnya.

Nah, itu dia beberapa tips cara mengajarkan bahasa Inggris untuk anak, Bunda. Tapi, ingat ya meskipun anak sudah lancar berbahasa Inggris, bahasa daerah dan bahasa Indonesia harus tetap diajarkan dan digunakan dengan porsi yang lebih banyak agar nantinya bahasa-bahasa ini tidak akan menghilang. Jangan takut anak akan jadi tidak bisa berbahasa Inggris karena manusia bisa memiliki kemampuan menguasai lebih dari satu bahasa dengan sama lancarnya kok.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.