Cara Mengatasi Anak Alergi Secara Aman

0

Tidak semua anak dilahirkan dengan tubuh yang sehat karena disebabkan oleh berbagai faktor. Ada yang terlihat sehat di luarnya namun ketika mengalami cuaca dingin tubuhnya mendapatkan alergi. Ada pula anak yang ketika makan-makanan laut seperti ikan, ataupun kepiting malah merasakan alergi. Hal ini dikarenakan metabolism tubuh setiap anak berbeda-beda. Untuk itulah orang tua perlu melakukan perhatian khusus kepada anak alergi agar alergi tidak kambuh kembali. Berikut ini cara mengatasi anak alergi secara aman.

Jahe

Cara mengatasi anak alergi yang pertama adalah dengan menggunakan jahe. Jahe sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi dengan kehebatannya. Jahe sendiri mempunyai banyak manfaat khususnya untuk kesehatan ataupun kecantikan. Jahe sendiri juga dapat digunakan untuk menyembuhkan anak yang mengalami alergi kambuh. Caranya sangat gampang sekali. Cukup siapkan 3 ruas jahe. Kemudian kupas kulitnya hingga bersih. Setelah itu rebus dengan air. Angkat jahe ketika merasa sudah matang. Diamkan air jahe hingga hangat yang mana sangat bagus bila dikonsumsi. Bila anak tidak menyukai dengan rasa jahe, dapat ditambahkan beberapa sendok madu agar terasa sedikit manis. Berikan air jahe pada anak secukupnya. Minuman air jahe ini sangat aman untuk dikonsumsi oleh anak.

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang biasa hidup di pekarangan rumah. Lidah buaya biasanya dimanfaatkan dalam dunia kecantikan untuk berbagai hal seperti menebalkan rambut, menebalkan alis, membuat wajah menjadi bersinar dengan cara dijadikan masker ataupun sebagai pelembab. Lidah buaya sendiri ternyata manfaatnya sangat luar biasa bagi manusia. Apalagi lidah buaya dapat diolah menjadi makanan. Lidah buaya juga aman bila digunakan oleh anak-anak. Caranya sangat gampang sekali. Lidah buaya hanya perlu diambil getahnya, kemudian oleskan pada kulit anak.

Kunyit

Kunyit sendiri diibaratkan seperti saudara kembarnya jahe. Bila kita jarang menyentuh bumbu dapur pastinya hal ini dapat membuat kita bingung bahkan bisa tertukar. Kunyit sendiri biasanya dimanfaatkan untuk memasak, minuman jamu ataupun dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Kunyit menyimpan seribu manfaat untuk tubuh khususnya dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Beberapa wanita sangat menyukai kunyit karena kunyit biasanya diolah menjadi jamu kunyit asem untuk kesehatan wanita khususnya dalam melancarkan pencernaan ataupun melancarkan haid. Kunyit juga dapat dijadikan sebuah masker untuk wajah ataupun dijadikan sebagai lulur badan. Beberapa orang percaya jika kunyit dapat membuat kulit tubuh menjadi putih. Selain itu, kunyit juga digunakan untuk mengatasi alergi pada anak. Caranya sangat gampang sekali. Pilihlah kunyit yang sudah tua. Kemudian haluskan kunyit. Setelah itu oleskan kunyit pada kulit anak secara merata.

Minyak Kelapa

Selain kunyit yang menjadi langganan bagi kaum hawa, minyak kelapa juga menjadi langganan untuk perawatan tubuh khususnya rambut. Minyak kelapa sendiri mudah ditemukan di toko namun sayangnya tidak semua minyak kelapa yang dijual di pasaran adalah minyak murni. Oleh karena itu, kita perlu selektif dan mengetahui minyak kelapa yang asli. Minyak kelapa  juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuh alergi pada anak. Namun minyak kelapa yang digunakan adalah harus minyak kelapa yang asli. Minyak kelapa yang tidak asli tentu saja sudah mengandung bahan tambahan lainnya bahkan kita tidak mengetahui kandungan tersebut. Bila perlu kita membuatnya sendiri di rumah karena sudah terjamin kualitasnya. Cara menggunakan minyak kelapa sebagai obat alergi yaitu dengan cara mengoleskannya pada kulit anak hingga kering. Ketika terasa sudah kering maka bilaslah dengan air bersih.

Daun Salam

Daun salam sendiri ternyata juga sulit sekali ditemukan di pekarangan rumah. Namun mudah sekali untuk kita beli di pasar. Daun salam merupakan bumbu dapur yang wajib harus ada di pekarangan rumah karena manfaatnya yang luar biasa. Selain itu, daun salam ternyata juga dapat menyembuhkan alergi pada anak. Daun salam sendiri sangat aman digunakan untuk menyembuhkan alergi. Caranya yaitu dengan cara mencuci daun salam hingga bersih. Kemudian haluskan daun salam dan taruhlah pada kulit anak. Penyembuhan sendiri membutuhkan waktu yang tidak begitu cepat.

Minum Obat

Salah satu cara untuk menyembuhkan anak alergi adalah dengan cara meminum obat. Meminum obat sendiri tentu tidaklah sembarangan karena obat sendiri akan berbahaya bila disalah konsumsikan. Sebelumnya orang tua perlu mengajak anak berobat ke dokter agar mengetahui seberapa jauh alergi pada anak. Kemudian dokter akan memberikan resep obat. Nah, resep obat yang diberikan dokter tentu saja harus diminum dan dihabiskan oleh anak. Anak yang mengalami alergi tentu saja tidak boleh sembarangan dalam meminum obat. Obat sendiri nyatanya dapat membuat anak menjadi ketergantungan, namun bila alergi sudah terlalu parah maka obat adalah jalan salah satunya agar anak cepat sembuh.

Minyak Goreng dan Garam

Minyak goreng yang biasa digunakan untuk memasak masakan ternyata juga dapat menyembuhkan alergi pada anak. Selain minyak goreng sendiri, garam yang selalu ada di dapur juga berguna untuk menyembuhkan alergi pada anak. Caranya dengan cara mencampurkan minyak goreng dan garam. Setelah itu, oleskan kedua bahan tersebut pada kulit yang terkena alergi. Berikan kedua bahan tersebut secara rutin ke kulit hingga alergi hilang.

Balsem

Cara mengatasi anak alergi lainnya adalah dengan cara menggunakan balsem. Untuk menggunakan balsem sendiri tentu tidak secara sembarangan. Tidak semua balsem dapat bekerja dengan baik untuk menyembuhkan alergi pada anak. Hal ini dikarenakan karena setiap balsem pastinya mempunyai kandungan komposisi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Untuk mengetahui balsem yang cocok untuk kulit anak maka orang tua perlu mengajak anak ke dokter. Setelah itu, dokter akan memberikan rekomendasi balsem yang cocok dengan kondisi kulit sang anak. Oleskan balsem pada kulit anak ketika alergi sedang kambuh. Perhatikan agar anak tidak menyentuh matanya setelah menempel dengan balsem karena hal ini dapat membuat iritasi pada mata. Selain itu, ajarkan anak agar tidak memasukkan tangannya ke mulut setelah memegang balsem karena dapat membahayakan keselamatan anak itu sendiri.

Istirahat yang Cukup

Ketika anak mengalami alergi maka yang perlu dilakukan adalah menyuruhnya untuk beristirahat. Dengan beristirahat sendiri juga dapat membuat alergi menghilang dengan sendiri. Alergi akan hilang secara perlahan-lahan. Oleh karena itu, ketika alergi anak kambuh maka yang perlu dilakukan adalah tidur. Bila badan anak terus diberikan obat pastinya hal ini akan membuat tubuh anak menjadi manja dan terbiasa. Cobalah mencari cara agar anak tidak selalu mengonsumsi obat yang mana anak tidak menjadi kecanduan obat.

Tidak Menggaruk Kulit

Ketika alergi datang tentu saja hal ini membuat kulit anak menjadi gatal bahkan menimbulkan bintik-bintik merah. Ketika alergi muncul tentu saja anak akan merasakan gatal yang sangat tinggi sehingga dirinya ingin sekali untuk menggaruknya. Ajarkan anak untuk tidak menggaruk kulit karena dapat mengakibatkan luka. Selain itu juga dapat meninggalkan bekas luka yang akan sulit hilang.

Bedak Alergi

Salah satu cara untuk menyembuhkan alergi pada anak adalah dengan cara menggunakan bedak alergi. Bedak alergi sendiri banyak sekali jenisnya di pasaran. Beberapa orang dewasa menggunakan bedak alergi sebagai penghilang gatal. Ketika ingin memberikan bedak ajarkan anak untuk mencuci kulitnya terlebih dahulu agar bersih kemudian taburkan bedak pada kulit yang mengalami alergi.

Memberikan Minuman Hangat

Cara mengatasi anak alergi yang terakhir adalah dengan cara memberikan anak minuman hangat yang dapat memberikan ketenangan pada anak. Sajikan teh hangat yang dapat membuat dirinya menjadi tenang. Ajarkan anak untuk bersikap tenang ketika alergi datang. Hindari anak menyentuh makanan ataupun barang yang dapat membuat alergi semakin parah. Selain itu, ajarkan anak untuk mencuci tangan setelah dan sebelum bermain.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.