Cara Mengatasi Anak Diare

0

Pastinya seorang anak pernah merasakan yang namanya diare. Diare tentu saja merupakan penyakit yang tidak boleh dianggap remeh. Bahkan bila seseorang menderita diare akut tentu saja hal ini bisa menghilangkan nyawa orang tersebut. Oleh karena itu penyakit diare perlu diobati. Apalagi bila anak menderita diare tentu saja anak akan merasa kesakitan. Salah satu cara untuk menghentikan diare yaitu mengobatinya dengan cara yang tepat. Bahkan bahan-bahan yang berada di dapur rumah pun dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diare pada anak. Berikut ini cara mengatasi anak diare.

Oralit

2-bungkus-oralitCara mengatasi anak diare yang pertama adalah dengan menggunakan oralit. Oralit sendiri membantu penderita diare khususnya bagi yang kehilangan banyak cairan. Oralit sendiri sangat mudah dilakukan di rumah. Oralit adalah percampuran antara gula serta garam dalam air hangat. Berikan oralit dalam takaran yang sewajarnya kepada anak. Berikan oralit secara rutin agar anak sembuh dari diare.

Pisang

Pisang sendiri adalah buah yang mengandung banyak vitamin untuk tubuh kita. Pisang memiliki ciri khas berwarna kuning lonjong. Disaat buah pisang matang tentu rasanya akan manis sekali. Namun bila belum mentah tentu rasanya agak sedikit pahit. Biasanya pisang dihidangkan denga cara direbus, ataupun digoreng. Bahkan dijadikan bahan untuk membuat kue. Salah satu cara mengatasi anak diare maka orang tua dapat memberikan pisang pada anak.

Yoghurt

Beberapa orang biasanya menggunakan yoghurt untuk melancarkan bab. Yoghurt sendiri memiliki rasa asam manis. Di Indonesia sendiri, yoghurt tidak dijadikan makanan utama. Namun ada beberapa Negara yang menjadikan yoghurt sebagai makanan yang harus dihidangkan untuk setiap harinya. Yoghurt sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Yoghurt dapat kita buat di dalam rumah. Selain itu, yoghurt dapat mengobati diare pada anak. Berikan yoghurt dengan takaran yang sesuai kebutuhan anak selama diare belum sembuh.

Daun Jambu Biji

Pastinya setiap buah yang berada di lingkungan sekitar kita memiliki berbagai manfaat untuk tubuh manusia. Namun tidak semua orang mengetahuinya karena kurangnya pengetahuan yang ada. Beberapa buah bahkan berguna untuk mengobati sebuah penyakit yang ada di dalam tubuh. Salah satunya adalah daun jambu biji. Untuk mengatasi anak diare, orang tua dapat memberikan daun jambu biji kepada anak. Tentu hal ini akan sulit diberikan kepada anak namun orang tua harus memaksakan kepada anak agar anak cepat sembuh.

Jamu Kunyit

Selain orang dewasa yang perlu meminum jamu, anak-anak pun harus meminum jamu bila dalam keadaan yang memaksa seperti sedang sakit. Jamu sendiri memiliki banyak jenisnya. Jamu terbuat dari berbagai bahan-bahan alami yang ada di lingkungan sekitar. Salah satunya adalah jamu kunyit. Beberapa wanita sangat menyukai jamu kunyit karena sangat bagus untuk tubuh. Jamu kunyit juga dapat digunakan untuk mengatasi anak yang terkena diare. Jamu sangat jarang disukai oleh anak-anak karena rasanya yang pahit. Oleh karena itu, orang tua dapat menambahkan gula pada jamu kunyit agar anak menyukainya.

Minum Air Putih

Hal yang tidak boleh dilewatkan ketika anak mengalami diare adalah minum air putih yang banyak. Ketika diare tentu saja anak akan mengeluarkan banyak cairan. Tubuh sendiri tentu saja membutuhkan banyak cairan untuk melakukan berbagai aktivitas. Ketika cairan ditubuh terpenuhi hal ini membuat anak tidak mengalami dehidrasi. Orang yang mengalami dehidrasi pun dapat memicu terjadinya kematian mendadak. Oleh karena itu, pastikan anak tetap meminum banyak air putih.

ASI

Saat anak mengalami diare dan masih meminum asi maka yang perlu dilakukan oleh ibu adalah jangan pernah berhenti memberikan asi. Asi yang telah diminum oleh anak sejak lahir ini ternyata memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk tubuh anak yaitu mencegah terjadinya diare. Oleh karena itu, berikan asi yang banyak kepada anak agar anak cepat sembuh dari diare.

Berobat ke Dokter

Bila ibu sudah pusing dengan diare anak yang tak kunjung berhenti namun telah memberikan beberapa obat alami maka waktunya untuk mengajak anak berobat ke dokter. Hal ini bertujuan agar dokter melakukan pemeriksaan secara detil kepada anak. Setelah itu dokter akan melakukan tindakan serta obat yang akan membuat anak berhenti diare. Ada baiknya bila anak dibawa ke dokter bila anak mengalami diare yang cukup lama.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.