Cara Mengatasi Anak Muntah Secara Aman

0

Kadang kala seorang anak bisa saja mengalami muntah secara mendadak. Tentu saja hal ini akan membuat hati orang tua menjadi tidak tenang. Anak mengalami muntah sendiri tentu saja disebabkan oleh suatu hal. Dalam hal ini orang tua perlu mengetahui penyebab muntah tersebut. Berikut ini cara mengatasi anak muntah secara aman.

Tidak Memberi Obat Sembarangan

Cara mengatasi anak muntah yang pertama adalah dengan tidak memberi obat secara sembarangan kepada anak. Ketika anak sedang muntah terkadang hal ini membuat orang tua panik dan yang hanya dipikirkan yaitu memberikan obat secara sembarangan. Hal ini tentu saja tidak bagus karena dapat memperparah anak. Anak sendiri tidak boleh diberikan sembarangan obat karena tubuh anak berbeda dengan tubuh orang dewasa. Orang tua perlu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu  karena hanya  dokter yang mengetahui resep obat yang sesuai dengan takarannya. Penggunaan obat yang berlebihan pada anak tentu saja akan membahayakan jiwa sang anak. Untuk itu berhati-hatilah ketika memberikan obat kepada sang anak.

Tidak Memberi Makanan Padat

Ketika anak sedang muntah tentu saja hal yang diminumnya ataupun dimakannya pasti akan dimuntahkan kembali. Dalam hal ini tentu saja orang tua tidak boleh memaksa anak untuk makan atau minum. Biarkan anak untuk tenang terlebih dahulu. Bila perlu tidak memberikan makanan padat terlebih dahulu karena anak pasti akan memuntahkannya. Pada saat keadaan tidak sehat, berikan minuman hangat yang dapat membuat anak menjadi tenang seperti teh hangat. Bila ingin memberikan makanan agar perut anak tidak kosong berikanlah buah yang bagus untuk tubuh seperti pisang yang mudah dicerna oleh tubuh. Selama 24 jam hindari untuk memberikan makanan padat karena makanan tersebut tidak akan masuk ke dalam tubuh  melainkan akan dimuntahkan oleh sang anak. Karena itulah anak tidak boleh diberikan sembarangan makanan ketika sedang mengalami muntah berat. Hal ini tentu saja membuat anak menjadi stress maka orang tua perlu menenangkan sang anak. Bila perlu ajak anak untuk beristirahat.

Minum Seduhan Air Jahe

Jahe sendiri digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk mengolah makanan, minuman ataupun menyembuhkan penyakit. Salah satu cara mengatasi anak muntah adalah dengan meminum minuman air jahe hangat. Jahe sendiri dipercaya oleh masyarakat untuk menghilangkan rasa mual. Jahe juga sangat aman bila dikonsumsi oleh semua umur. Ketika anak mengalami muntah maka air jahe adalah solusinya secara aman. Bila anak tidak menyukai rasa jahe yang begitu kuat maka dapat diberikan permen jahe yang banyak ditemukan di pasar. Berikan air jahe hangat sesuai dengan takarannya.

Minum Air Kelapa

Salah satu cara untuk mengatasi muntah pada anak adalah dengan cara meminum air kelapa. Air kelapa berguna untuk menggantikan cairan yang hilang. Air kelapa mudah sekali ditemukan dimanapun. Air kelapa hanya perlu diberikan kepada anak agar anak mendapatkan cairan tubuhnya kembali setelah mengeluarkan banyak muntah. Bila perlu berikan 3 gelas air kelapa kepada anak namun secara perlahan-lahan agar anak tidak muntah lagi.

Lemon

Beberapa wanita sangat mengagumi dengan lemon karena khasiatnya yang sangat luar biasa. Selain itu, bau lemon sangat wangi hanya saja rasa lemon sangat asem. Namun lemon ini ternyata adalah andalan untuk wanita sebagai perawatan tubuh khususnya untuk perawatan wajah ataupun kulit. Beberapa kosmetik bahkan memiliki kandungan lemon. Lemon sendiri juga diolah pada sebuah masakan. Di samping itu, lemon juga bermanfaat untuk mengatasi anak muntah karena aman untuk diminum. Cara mengolah lemon untuk dijadikan obat muntah adalah dengan cara memeras lemon untuk diambil airnya kemudian tambahkan dengan 1 sendok madu bila tidak kuat dengan rasa asem dari lemon itu sendiri. Dapat pula lemon dicampurkan pada teh hangat.

Mencium Aromaterapi

Ketika kita sedang sakit ataupun sedang ingin merefleksikan otak terkadang kita disuguhi dengan aromaterapi agar menjadi lebih tenang. Menghirup aromaterapi sendiri juga dapat mempengaruhi psikologi serta alam bawah sadar kita. Hal ini tentu juga dapat mengubah perasaan yang tadinya marah bisa menjadi tenang. Dengan mencium aromaterapi tentu saja hal ini dapat membantu anak menghentikan muntahnya karena otak merasa lebih segar.

Istirahat yang Cukup

Hal yang perlu dilakukan ketika kita mengalami sakit adalah istirahat yang cukup. Sama halnya ketika anak mengalami muntah-muntah tentu anak harus beristirahat. Bila anak tidak beristirahat tentu saja dapat membuat dirinya semakin lemas bahkan pusing. Anak sendiri nyatanya membutuhkan waktu istirahat yang banyak karena dalam masa proses pertumbuhan. Dalam hal ini orang tua perlu memaksa anak agar beristirahat ketika mengalami muntah yang cukup parah. Setelah beristirahat tentu saja akan membuat badan menjadi segar kembali bahkan otak menjadi tenang kembali.

Minum Air Putih

Cara mengatasi anak muntah yang ke delapan adalah dengan cara meminum air putih hangat. Tubuh manusia sendiri juga membutuhkan asupan minum setiap harinya. Bila tidak minum air putih sedikit pun tentu saja hal ini akan membuat tubuh kita menjadi dehidrasi. Disisi lain dapat membuat tubuh kita menjadi tidak sehat. Ketika anak sedang muntah maka yang bagus diberikan adalah air putih hangat. Hal ini karena dapat memberikan ketenangan pada lambung agar mual tidak keluar lagi. Minumlah air putih secara perlahan-lahan agar tidak muntah kembali.

Minum Oralit

Ketika anak ataupun orang dewasa mengalami diare biasanya akan diberikan oralit karena merupakan obat alami untuk dikonsumsi. Oralit sendiri sangat mudah dilakukan di rumah. Berikan oralit sesuai dengan takarannya. Bila perlu orang tua konsultasi terlebih dahulu kepada dokter mengenai takaran yang baik untuk dikonsumsi oleh anak. Pemberian oralit terhadap anak sendiri juga membutuhkan aturan agar tidak membahayakan anak. Berikan oralit ketika anak sudah berhenti muntah. Jangan berikan oralit ketika anak masih muntah karena oralit tidak akan bekerja pada tubuh. Minumlah oralit secara perlahan-lahan dengan diberikan jeda agar oralit bekerja dengan maksimal pada tubuh.

Makan Sup Kaldu

Beberapa anak pastinya sangat menyukai sup karena rasanya yang enak. Sup sendiri banyak jenisnya. Ada sup sayur, daging ataupun buah. Sup yang cocok untuk mengatasi anak muntah adalah sup kaldu. Sup kaldu ini sendiri dapat memberikan ketenangan pada perut apalagi bila disajikan dalam keadaan hangat. Sajikan sup kaldu secara perlahan-lahan kepada anak agar anak tidak muntah kembali. Sup kaldu sangat baik disajikan dalam keadaan hangat serta diberikan setiap hari karena sup mempunyai banyak kandungan gizi dan vitamin yang mana dibutuhkan untuk proses pertumbuhan sang anak.

Hindari Minuman Bersoda

Ketika kita sedang mengalami muntah-muntah terkadang kita diberikan minuman bersoda oleh orang tua. Hal ini ternyata salah. Ketika tubuh dalam keadaan tidak sehat dan mengalami muntah-muntah tentu saja tubuh menginginkan penggantian cairan. Minuman bersoda sendiri bukanlah minuman yang tepat untuk mengganti cairan tubuh. Hal ini justru akan membuat perut terisi penuh dengan gas bahkan membuat tubuh ingin muntah kembali. Oleh karena itu hentikan minum bersoda dahulu demi kesehatan tubuh.

Tidak Banyak Makan

Ada beberapa anak yang mendapatkan muntah dikarenakan banyak makan. Hal ini mungkin saja terjadi karena perutnya yang terlalu cepat ketika makan ataupun perut dalam keadaan penuh. Oleh karena itu, anak perlu berhati-hati ketika makan ataupun hentikan makan bila merasa sudah penuh. Bila hal ini terus dibiarkan tentu saja akan membuat perut untuk muntah terus menerus.

Kayu Manis

Anak mengeluarkan muntah tentu saja disebabkan oleh suatu hal. Untuk menghentikan muntahan yang dikeluarkan anak tentu saja orang tua akan melakukan berbagai. Salah satunya adalah dengan memberikan kayu manis pada anak. Kayu manis sendiri dapat mengobati saluran pencernaan akibat muntah. Hal ini dapat menyebabkan kayu manis berguna untuk mengatasi anak muntah. Untuk mengonsumsi kayu manis dapat ditambahkan dengan madu. Bila anak tidak menyukai dengan rasa kayu manis yang asli maka bisa ditambahkan dengan berbagai bahan seperti teh. Konsumsi teh secara rutin ketika muntah agar badan menjadi lebih sehat dan tidak mual lagi.

Minum Teh Hangat

Ketika tubuh sedang mengalami tidak sehat apalagi muntah-muntah tentu saja perlu mendapatkan cairan tambahan agar tidak terjadi dehidrasi. Orang tua dapat memberikan minuman teh hangat kepada anak agar cairan yang dikeluarkan ketika muntah terisi kembali. Selain itu, teh hangat juga memberikan rasa kenyamanan pada tubuh anak. Minumlah teh secara perlahan-lahan agar tidak memicu mual kembali. Setelah itu minumlah teh secara rutin agar  membuat tubuh anak menjadi tenang setelah muntah.

Minum Minuman Isotonis

Beberapa dari kita tentu saja jarang sekali mendengar istilah dengan yang namanya minuman isotonis. Minuman isotonis sendiri sama halnya seperti minuman pengganti cairan tubuh yang telah hilang dari tubuh kita. Sudah bisa dipastikan bahwa minuman isotonis bukanlah minuman biasa. Minuman isotonis sendiri menolong penderita muntah agar tidak kehilangan cairan yang begitu banyak. Oleh karena itu, minuman isotonis sendiri sangat bagus untuk dikonsumsi oleh anak yang sedang muntah agar tubuh tidak merasa muntah.

Biji Adas

Cara aman yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak yang muntah adalah dengan memanfaatkan biji adas. Biji adas sendiri dapat diolah menjadi sebuah minuman dengan cara direbus ketika masih berbentuk biji. Selain itu, biji adas dapat meringankan sakit perut yang mana memicu terjadinya muntah kembali.  Selain itu, biji adas juga memberikan rasa nafsu makan pada anak sehingga bagus untuk dikonsumsi. Bila anak tidak menyukai dengan rasa dari biji adas sendiri, tambahkan dengan satu sendok madu agar anak menyukai. Jika anak mengalami batuk, biji adas dapat mengobati batuk pada anak hingga sembuh. Konsumsilah biji adas secara rutin bila muntah belum berhenti.

Daun Mint

Cara mengatasi anak muntah yang terakhir adalah dengan cara menggunakan daun mint. Mint sendiri biasanya dapat kita pada makanan ataupun minuman. Daun mint sendiri juga dapat menyembuhkan pada muntah anak. Daun minum dapat dicampurkan pada minuman yang akan diminumkan pada anak. Daun mint dapat memberikan rasa ketenangan dan kesegaran pada tubuh bila dikonsumsi secara rutin.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.