Cara Mengatasi Anak Susah BAB Agar Menjadi Lancar

0

Setiap manusia diharuskan melakukan BAB agar kotoran ataupun kuman yang tersimpan dalam tubuh terbuang melalui anus. Untuk itulah manusia memerlukan BAB setiap hari. Melakukan BAB biasanya dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur. Melakukan BAB sama saja kita menghilangkan penyakit yang tersimpan dalam tubuh. Namun sayangnya BAB tidak selalu lancar karena berbagai faktor. Untuk mendapatkan kelancaran ketika BAB maka diperlukan sebuah penanganan secara medis ataupun menggunakan bahan-bahan alami khususnya pada anak karena tidak boleh sembarangan. Berikut ini cara mengatasi anak susah BAB agar menjadi lancar kembali.

Gula Merah

Cara mengatasi anak susah BAB yang pertama adalah dengan menggunakan gula merah. Gula merah sendiri selalu digunakan oleh ibu-ibu untuk memasak kue ataupun untuk penambah rasa manis pada makanan bahkan dapat digunakan untuk membuat rasa manis pada minuman. Gula merah sendiri selain digunakan untuk masakan ataupun minuman juga dapat digunakan untuk menyembuhkan anak yang susah BAB. Caranya sendiri sangat mudah. Siapkan satu buah gula merah. Lalu haluskan gula merah kemudian campurkan dengan air panas. Setelah itu diamkan gula merah hingga terasa hangat. Bila air terasa hangat maka berikan kepada anak. Berikan air gula merah tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari hingga merasa BAB sudah lancar kembali. Perhatikan saat akan memberikan air gula merah agar air tidak melukai lidah sang anak.

Pepaya

Siapa sih yang tak mengenal dengan buah pepaya yang akan manfaat ini. Buah pepaya sendiri dipercaya dapat memberikan kelancaran BAB pada orang dewasa ataupun anak-anak. Buah pepaya sendiri sangat bagus bila dikonsumsi setiap hari. Buah pepaya memiliki daging berwarna orange serta manis rasanya. Untuk mengatasi BAB pada anak sangatlah mudah. Buah pepaya dapat diolah menjadi jus lalu berikan sebanyak 2 kali pada anak. Bisa juga dengan ditambahkan air gula merah pada pepaya lalu aduk hingga rata. Berikan pada anak secara teratur agar BAB cepat lancar.

Lidah buaya

Lidah buaya biasanya mudah ditemui pada pekarangan rumah kita. Lidah buaya sendiri mempunyai banyak manfaat bila kita mengetahuinya. Ketika masih bayi, orang tua biasanya akan memberikan lidah buaya pada rambut ataupun alis anak agar memiliki rambut tebal. Selain itu, lidah buaya juga dapat diolah menjadi berbagai makanan seperti kolang-kaling. Bahkan lidah buaya sendiri menjadi langganan sebagai bahan dalam pembuatan kosmetik. Lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi susah BAB pada anak. Pertama-tama siapkan 1 batang lidah buaya. Kemudian bersihkan lidah buaya hingga bersih dan potong hingga menjadi kecil-kecil.  Setelah itu masak air 1 gelas hingga mendidih lalu masukkan lidah buaya dan tambahkan 1 sendok madu agar terasa manis. Berikan minuman lidah buaya tersebut disaat air dalam keadaan hangat.

Air Hangat

Cara yang paling mudah untuk mengatasi susah BAB pada anak adalah dengan cara menggunakan air hangat. Hal yang pertama perlu dilakukan adalah mempersiapkan baskom sedang. Kemudian isilah dengan air hangat. Setelah itu siapkan kain bersih. Celupkan kain ke dalam baskom yang berisi air hangat. Berikan air hangat tersebut pada perut anak. Tepuk tepuk perut anak dengan cara melingkar seperti jarum jam secara hati-hati. Pastikan bila anak merasa nyaman dengan pijatan dari air hangat tersebut.

Minyak Kelapa

Jika orang tua melihat anak merasa kesakitan saat BAB tentu hal ini sangat menyedihkan. Apalagi pada anak yang akan membuat dirinya seperti tidak berdaya bahkan dapat membuat habis tenaga. Untuk itulah susah BAB perlu diobati dengan cepat. Caranya dengan cara menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa sendiri sangat mudah ditemukan di dapur. Biasanya digunakan untuk memasak. Minyak kelapa hanya perlu dioleskan pada anus anak ketika sedang mengalami susah BAB. Berikan minyak kelapa sewajarnya pada anus anak agar tidak membuat becek celana sang anak. Pastikan bila minyak kelapa yang digunakan adalah minyak kelapa asli tanpa dicampur bahan apapun.

Makanan Berserat

Salah satu penyebab anak susah BAB karena makanannya sendiri. Beberapa anak nyatanya sangat sulit untuk makan-makanan yang bergizi bila tidak dipaksa oleh orang tua. Dalam hal ini tentu orang tua perlu tegas agar anak memakan makanan yang bergizi serta berserat. Bila perlu buat menu harian makanan untuk anak agar mengetahui apakah makanan sudah memenuhi kebutuhan tubuh anak atau belum. Anak mengalami susah BAB sendiri dapat dikarenakan karena tubuh mengalami kekurangan makanan berserat. Untuk itu, anak perlu memakan makanan berserat setiap harinya. Makanan berserat sendiri dapat berasal dari kacang-kacangan, alpukat ataupun oatmeal. Makanan berserat perlu dipenuhi oleh tubuh sang anak agar membuat tubuhnya menjadi lebih sehat.

Minum Air Putih

Tubuh manusia sendiri membutuhkan banyak air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi tentu hal ini akan sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan penyakit pada tubuh kita sendiri. Orang dewasa sendiri wajib minum air putih sebanyak 1-2 liter sehari. Air putih juga berperan dalam proses pengeluaran BAB. Ketika seseorang jarang minum  air putih tentu hal ini akan membuat BAB menjadi tidak lancar. Bila anak mengalami susah BAB lihat kembali apakah kebutuhan minumnya sudah terpenuhi atau belum. Ketika anak sendiri jarang minum air putih tentu saja membuat anak susah BAB. Salah satu solusinya adalah dengan cara pastikan bila anak minum air putih dengan teratur dan terpenuhi sesuai dengan takaran umurnya masing-masing.

Mengajak Anak Berolahraga

Siapa bilang olahraga hanya perlu dilakukan oleh orang dewasa? Anak-anak  pun juga membutuhkan olahraga agar badannya tetap sehat. Ketika anak berolahraga secara rutin tentu hal ini akan sangat bagus untuk saraf dan otot sang anak. Bila anak mengalami susah BAB tentu saja dapat diatasi dengan cara mengajak anak untuk berolahraga. Berolahraga akan membuat otot-otot semakin lentur. Biarkan anak untuk berlari ataupun berjalan dengan sebebas-bebasnya. Hal ini akan membantu dirinya untuk melakukan BAB dengan lancar.

Ajarkan Jadwal Bab

Ketika masih anak-anak tentu saja anak tidak akan tahu tentang jadwal BAB-nya sendiri. Pastinya bila ingin BAB tentu anak akan berbicara kepada orang tua. Bahkan anak akan menangis agar dibantu untuk mengeluarkan BAB. Untuk membuat anak menjadi terbiasa dengan jadwal BAB maka orang tua perlu mengajarkan anak tentang jadwal mengeluarkan BAB. Orang tua perlu mengajak anak ke kamar mandi sehabis anak makan ataupun bangun tidur. Disaat bangun tidur pastinya badan akan mudah untuk mengeluarkan kotoran yang telah lama tersimpan ketika sedang tidur. Dengan sebuah kebiasaan pastinya anak akan terbiasa dengan hal tersebut.

Pemberian Susu Formula yang Tepat

Ketika anak sudah melepaskan asi pastinya orang tua akan memberikan susu formula kepada anak. Susu formula sendiri banyak sekali dijual di pasaran. Susu formula yang tersebar di pasaran tentu bukanlah barang yang murah. Tidak semua anak dapat cocok dengan semua jenis merek susu formula. Bahkan ada beberapa merek susu formula yang membuat anak untuk susah BAB. Dalam hal ini tentu saja akan membingungkan orang tua sendiri. Ketika anak susah BAB, pastikan bila anak meminum susu formula dengan teknik dan takaran yang sudah dianjurkan. Namun bila anak mengalami susah BAB yang berkepanjangan tentu saja hal ini akan sangat membahayakan sang anak. Orang tua perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan solusinya.

Mandi Air Hangat

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi anak susah BAB adalah dengan mengajaknya mandi dengan air hangat. Ketika masih bayi tentu saja orang tua sangat rajin untuk memandikan anaknya dengan air hangat. Nah, sama halnya ketika anak sedang dalam masa pertumbuhan juga bisa menggunakan air hangat untuk melancarkan BAB-nya. Mandi dengan air hangat sendiri dapat membuat otot-otot menjadi lebih santai serta rileks. Bahkan hal ini dapat membuat anak menjadi lebih tenang ketika akan mengeluarkan BAB. Untuk itu, orang tua perlu rajin memandikan anak dengan air hangat.

Hentikan Memakan Bubur Instan

Bila anak anda sangat menyukai dengan bubur instan maka ketika anak sedang sulit BAB hentikan terlebih dahulu.  Bubur instan sendiri ternyata juga mempengaruhi pencernaan sang anak. Oleh karena itu, ibu dapat menggantinya dengan makanan yang dapat memperlancar BAB sang anak. Bila BAB anak sudah terlihat sangat lancar maka orang tua dapat memberikan bubur instan kembali. Ada baiknya bila ibu membuat bubur sendiri agar mengetahui kualitas serta kebersihannya. Jangan berikan bubur instan dalam jumlah yang berlebihan kepada anak. Hentikan kembali memakan bubur instan bila mendapatkan gejala susah BAB kembali.

Ajarkan Anak Tidak Menahan BAB

Beberapa anak ada yang malas untuk pergi ke toilet karena sedang asyik bermain. Dalam hal ini tentu saja orang tua harus memberikan ketegasan kepada anak bahwa BAB tidak boleh ditahan berlama-lama. Bab yang ditahan secara lama tentu saja akan membuat sakit perut. Hal ini dapat membuat trauma kepada anak sendiri. Untuk itu ibu harus mengajak anak ke toilet bila sudah saatnya untuk mengeluarkan BAB. Untuk mengajak anak ke toilet sendiri tentu bukanlah hal yang mudah namun bila diajarkan secara perlahan-lahan pastinya anak akan menjadi terbiasa dan mengerti. Selain itu, cobalah ajarkan kepada anak agar anak berbicara jika ingin mengeluarkan BAB.

Kurangi Makanan yang dibekukan

Di zaman era yang serba modern ini segala jenis makanan dapat disimpan ataupun dibekukan pada lemari pendingin. Hal inilah yang membuat semua makanan dan minuman dapat tersimpan sangat lama di lemari pendingin. Makanan yang tersimpan lama di lemari pendingin tentu saja belum tentu menyehatkan untuk tubuh. Makanan yang sudah dibekukan sendiri tenyata hanya memiliki sedikit serat dan nutrisi. Tentu hal ini tidak terlalu menguntungkan untuk tubuh kita. Ketika anak mengalami susah BAB maka yang perlu dilakukan adalah dengan cara mengurangi makanan yang dibekukan. Penuhi tubuh dengan makanan yang kaya akan serat serta nutrisi. Hal ini akan mempermudah anak untuk mengeluarkan BAB-nya. Pastikan bila tubuh anak mengalami banyak asupan serat serta nutrisi dengan seimbang agar anak terhindar dari susah BAB.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.