Cara Mengatasi Sakit Gigi Hingga Sembuh

0

Ketika kita mengalami sakit gigi pastinya rasanya sakit sekali bahkan membuat diri kita ingin sekali marah. Sakit gigi sendiri tentu muncul karena disebabkan oleh suatu hal seperti jarangnya kita melakukan gosok gigi sebelum tidur ataupun terlalu banyak makan permen ataupun cokelat tapi lupa untuk membersihkan. Hingga akhirnya makanan menempel pada gigi hingga pagi hari yang mana merupakan penyebab sakit gigi. Sakit gigi sendiri tidak boleh dibiarkan begitu saja karena menganggu aktivitas bekerja kita. Untuk itu diperlukan sebuah pengobatan agar sembuh. Mau tau bagaimana cara mengatasi sakit gigi. Yuk simak di bawah ini.

Teh Hangat

Cara mengatasi sakit gigi yang pertama adalah dengan menggunakan teh hangat. Teh hangat adalah minuman yang paling enak disajikan saat pagi hari ataupun ketika cuaca sedang dingin ataupun hujan. Teh sendiri memiliki banyak jenis. Ada teh yang dikhususkan untuk diet, ada pula teh untuk pengobatan. Teh bila diminum setiap hari ternyata juga berguna untuk psikis tubuh kita sendiri. Selain itu, meminum teh hangat juga membuat otak menjadi tenang. Untuk menggunakan teh hangat sebagai penghilang sakit gigi caranya sangat gampang sekali. Gunakan kantong teh lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Pastikan bila teh tidak tercampur dengan gula.

Bawang Merah

Bawang merah biasanya akan dikaitkan dengan bawang putih. Namun keduanya memiliki perbedaan pada warna. Bawang merah adalah bumbu dapur yang harus selalu berada di dapur. Bawang merah akan selalu dibutuhkan dalam memasak karena bawang merah membuat makanan menjadi enak dan lezat. Beberapa orang percaya jika bawang merah juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan sakit gigi. Mendapatkan sakit gigi tentu bukanlah hal yang enak karena membuat nafsu makan kita menjadi terganggu. Apalagi kita tidak dapat memakan makanan yang kita sukai. Untuk pengobatan sakit gigi, bawang merah hanya perlu dihaluskan. Kemudian taruh pada bagian gigi yang sakit. Setelah itu diamkan hingga beberapa menit agar bawang merah menyerap ke gusi gigi. Setelah itu berkumur dengan air hangat.

Cengkeh

Bagi orang yang merokok pastinya akan mengetahui jika cengkeh digunakan sebagai bahan rokok. Cengkeh sendiri memiliki bau yang sangat khas dan mudah dikenali. Cengkeh juga dimanfaatkan dalam dunia kuliner. Selain itu, cengkeh juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada mulut. Namun bagian yang dimanfaatkan adalah daun cengkeh. Hal yang pertama perlu dilakukan adalah menyeduh daun cengkeh dengan air panas. Lalu saring airnya. Setelah itu celupkan kapas dengan air cengkeh. Kemudian tetesi ke gigi hingga beberapa kali. Pastikan bila menggunakan cengkeh tidak dalam takaran yang berlebih ataupun dalam waktu yang sangat lama.

Merica

Bumbu dapur lainnya yang dapat mengatasi sakit gigi adalah merica. Merica biasanya digunakan sebagai bahan memasak seperti untuk membuat tempe goreng ataupun masakan lainnya. Memasak tanpa menggunakan merica tentu akan memiliki rasa yang berbeda dan tidak akan lezat. Di samping itu, untuk mengolah merica menjadi obat hanya perlu mencampur merica dengan garam. Setelah itu haluskan kedua bahan tersebut. Kemudian oleskan kedua bahan tersebut pada gigi hingga 5 menit.

Serai

Salah satu bumbu dapur yang dapat dijadikan andalan untuk mengatasi sakit gigi adalah serai. Serai sendiri bila digunakan untuk memasak pastinya akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan khas. Selain itu, serai juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir hewan di dalam rumah. Serai juga dapat diolah untuk kebutuhan perawatan tubuh seperti sabun mandi. Bila ingin menggunakan serai sebagai penghilang sakit gigi caranya hanya dengan merebus daun serai. Kemudian gunakan rebusan daun serai sebagai obat kumur. Lakukan hal ini setelah makan  ataupun sebelum gosok gigi.

Bawang Putih

Beberapa orang mempercayai jika bawang putih mempunyai manfaat yang sangat luar biasa bila dikonsumsi setiap hari. Ketika kita memakan bawang putih secara mentah tentu saja  lidah kita akan terasa pedas. Memakan bawang putih terlalu banyak dapat membuat bau badan semakin kuat. Hal ini biasanya sangat dihindari oleh kaum wanita. Memakan bawang putih sendiri tentu memiliki aturan tersendiri. Untuk mengobati sakit gigi caranya hanya perlu menempelkan satu siung bawang putih pada bagian gigi yang sakit. Setelah itu diamkan selama 10 menit  dan kumur-kumur.

Garam

Garam adalah bumbu dapur yang harus berada di dapur. Garam akan selalu dibutuhkan untuk memasak. Tanpa garam tentu saja rasa masakan akan terasa tidak enak alias hambar. Garam sendiri juga dapat digunakan untuk perawatan tubuh. Bila kita mengetahui dengan baik kegunaan garam tentu hal ini akan menguntungkan bagi diri kita sendiri. Salah satu cara agar garam berguna untuk mengobati sakit gigi adalah dengan cara mencampur garam dengan air hangat. Kemudian gunakan air garam sebagai bahan kumur. Lakukan secara rutin agar gigi cepat sembuh.

Air Hangat

Salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk mengusir rasa sakit pada gigi adalah dengan cara menggunakan air hangat. Air hangat sendiri biasanya kita gunakan untuk mandi. Air hangat ternyata juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi bayi yang baru lahir ataupun anak-anak sangat bagus bila mandi menggunakan air hangat. Hindari untuk mandi menggunakan air panas karena akan membuat luka kulit. Air hangat hanya perlu digunakan untuk berkumur-kumur. Namun sebelumnya pastikan bila kamu menggosok gigi terlebih dahulu agar tidak ada kotoran yang menempel pada gigi.

Daun Mint

Bila kamu pernah memakan permen daun mint pastinya rasanya akan seperti daun namun ada terasa mint serta sedikit pedas. Permen daun mint sendiri membuat mulut menjadi terasa wangi serta adem di tenggorokan. Daun mint dapat digunakan sebagai sayuran pada makanan ataupun diolah menjadi permen daun mint. Selain itu, daun mint juga bisa digunakan untuk mengusir gigi yang sakit. Caranya dengan cara memakan daun mint atau dengan menempelkan daun mint pada bagian gigi yang sakit. Cara ini terbilang sangat aman untuk dilakukan.

Jambu Biji

Ketika kita sedang sakit terkadang orang tua kita memberikan jambu biji untuk dimakan agar ketahanan badan kita menjadi pulih. Tentu saja orang yang sedang sakit pastinya harus mendapatkan banyak asupan makanan yang bergizi khususnya sayur-sayuran serta buah-buahan. Salah satunya adalah jambu biji. Jambu biji sendiri juga menjadi favorit bila kita ingin menjalankan diet sehat. Selain itu, jambu biji dapat dijadikan solusi untuk mengatasi gigi yang sakit. Caranya dengan memanfaatkan daun jambu biji. Kamu hanya perlu memakan daun jambu biji. Bila kamu merasa daun jambu biji menyangkut pada sela-sela gigi maka yang perlu dilakukan adalah dengan cara berkumur-kumur.

Es Batu

ice-cubeEs batu digunakan untuk membuat minuman menjadi dingin. Es batu akan sangat dibutuhkan ketika udara sedang panas. Semua minuman pastinya akan membutuhkan es batu agar membuat tenggorokan menjadi dingin. Namun sayangnya tidak semua es batu yang disajikan oleh penjual es batu adalah sehat karena ada beberapa penjual es batu yang menggunakan air mentah. Untuk itulah kamu perlu berhati-hati ketika akan meminum es apalagi bila ada es batu. Di sisi lain es batu juga dapat menyembuhkan sakit gigi. Caranya dengan menempelkan es batu pada pipi daerah sekitar gigi yang sakit.

Daun Sirih

Banyak kita temui beberapa produk menggunakan daun sirih. Daun sirih sendiri berfungsi untuk melawan bakteri yang ada di tubuh khususnya pada mulut. Bahkan beberapa produk odol gigi menggunakan bahan daun sirih untuk membersihkan gigi. Daun sirih tentu harus dimasukkan ke  daftar tanaman yang harus berada di pekarangan rumah. Hal ini dikarenakan khasiatnya yang sangat berguna untuk tubuh kita khususnya untuk perawatan tubuh wanita.  Cara mengolah daun sirih sendiri hanya perlu merebus daun sirih dengan cengkeh. Kemudian gunakan airnya sebagai obat kumur. Pastikan bila air dalam keadaan sudah dingin dan tidak panas agar tidak melukai lidah ataupun mulut.

Jeruk Nipis

slice-of-limeKetika kita sedang makan soto pastinya kita akan menemui jeruk nipis agar membuat  makanan soto menjadi segar.  Jeruk nipis sendiri memiliki rasa asam yang sangat tinggi. Jeruk nipis juga digunakan pada produk kecantikan khususnya untuk memutihkan kulit. Beberapa orang percaya jika jeruk nipis dapat menghilangkan jerawat pada wajah namun sayangnya jeruk nipis memberikan rasa nyeri. Tentu saja hal ini membuat kita tidak tahan untuk menggunakan jeruk nipis berlama-lama.  Disisi lain ternyata jeruk nipis dapat menyembuhkan sakit gigi. Caranya hanya perlu memeras air jeruk nipis. Kemudian campur air jeruk nipis dengan air. Lalu gunakan air jeruk nipis sebagai obat kumur. Lakukan secara rutin agar gigi tidak sakit lagi.

Obat Sakit Gigi

Salah satu solusi untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan meminum obat sakit gigi. Tentu saja ketika kita sedang sakit pastinya akan membutuhkan yang namanya obat. Namun sayangnya tidak semua obat akan cocok dengan tubuh kita dan obat tidak akan bekerja dengan cepat karena membutuhkan waktu untuk proses penyembuhan. Ketika meminum obat sendiri tentu saja memiliki prosedur serta aturan yang harus dijalani. Ada beberapa obat yang perlu diminum sebelum makan. Bahkan ada beberapa obat yang perlu diminum sesudah makan. Untuk tidak membuat kesalahan, ada baiknya bila kamu berkonsultasi kepada apoteker ataupun kepada dokter agar tidak terjadi hal –hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Berobat ke Dokter

Cara mengatasi sakit gigi yang terakhir adalah dengan cara berkunjung ke dokter. Bila kita sudah melakukan berbagai cara seperti di atas namun sakit gigi masih belum sembuh juga tentu hal ini pastinya akan sangat merepotkan diri kita sendiri. Selain itu, sakit gigi bisa menjadi sangat parah bila tidak ditangani dengan benar. Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah berobat ke dokter. Dengan berobat tentu dokter akan mengambil tindakan yang seharusnya perlu dilakukan sesuai dengan prosedur. Selain itu, dokter biasanya akan memberikan resep obat agar proses pemulihan semakin cepat dan kita terbebas dari sakit gigi. Namun gigi bisa saja menjadi sakit kembali bila kita tidak merawat gigi dengan baik.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.