Cara Mengurangi Kecanduan Pada Ponsel

0

Ponsel menjadi satu hal yang sulit lepas dari genggaman tangan kita. Penggunaan ponsel haruslah sewajarnya, tidak boleh berlebihan. Jika orang tua atau mungkin pasangan kamu mengeluh dan memintamu untuk mengurangi frekuensi bersentuhan dengan ponsel, artinya kamu sudah kelewatan dalam menggunakan ponsel. Walau mungkin belum bisa dikatakan kecanduan, setidaknya kamu bisa mencegahnya terlebih dahulu dari pada sudah terjadi yang tidak diinginkan dan merugikanmu. Tidak sedikit orang yang memeriksa ponselnya pada lima menit pertama saat bangun tidur di pagi hari. Ponsel menjadi barang yang selalu ada di samping kita, bahkan ketika tertidur sekalipun. Jika sudah seperti ini ada kemungkinan anda sudah mengalami kecanduan pada ponsel. Ada baiknya anda melakukan tips berikut untuk mengurangi kecanduan pada ponsel.

Namun, bukan berarti kamu harus berhenti bersentuhan dengan ponsel. Hanya saja, kamu perlu melakukan cara-cara yang bisa menyaring kelebihan informasi, rehat sejenak dari media sosial. Dengan demikian kamu bisa lebih memperhatikan konsumsi internet dan bersentuhan dengan ponsel sewajarnya dan seperlunya.
Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kecanduan pada ponsel:

1. Matikan Ponsel

turn-off-your-phoneMungkin anda akan langsung berkata “What?”, namun inilah cara pertama dan yang efektif dalam mengurangi frekuensi penggunaan ponsel. Mematikan ponsel saat tidak dibutuhkan atau ketika keperluan mu sudah selesai, dan simpanlah jauh-jauh ponsel dari jangkauan kamu pada saat sedang makan. Lakukanlah secara perlahan, mulai dari durasi satu jam menjadi tiga jam, tiga jam menjadi 5 jam, dan seterusnya.

2. Niat yang Kuat

i-will-turn-off-my-cell-phone-at-the-table-readsHanya memiliki keinginan saja tidaklah cukup. Terkadang perlu niat yang baik serta tekad yang kuat. Salah satu cara terbaik untuk melepaskan diri sejenak dari teknologi memang dengan menjauhkan dirimu dari ponsel. Namun, sering kali hal itu menjadi sangar mudah diucapkan dari pada dipraktikkan. Apalagi dengan banyaknya perusahaan yang membuat aplikasi menarik yang lumayan menyita perhatian kita.

3. Pergunakan Teknologi

Jika kamu ingin mengetahui seberapa kecanduan kamu terhadap ponsel, kamu bisa mengeceknya sendiri. Ada banyak jenis aplikasi yang bisa memberi gambaran betapa seseorang telah mencapai tahap kecanduan ponsel. Aplikasi ini bisa mengingatkan penggunanya, bahkan mencegah mereka menggunakan ponsel dalam interval waktu tertentu. Cukup baik untuk mengurangi frekuensi kecanduan seseorang terhadap ponsel.

4. Jangan Hanya Memikirkan Ponsel

Biasanya saat kamu tidak memegang ponsel, kamu seakan mati gaya harus berbuat apa. Kamu bisa membawa iPod, buku bacaan: novel, komik, sketch book, atau jalan-jalan. Tentunya banyak hal-hal lainnya yang bisa kamu lakukan selain memegang ponsel setiap waktu. Lakukanlah hal positif lainnya yang bisa lebih memacu kreatifitas kamu.

5. Matikan Notifikasi

leave-phone-alone-vip-notifications-ios_3-100611524-origKamu bisa mematikan segala notifikasi yang akan sampai ke ponselmu ketika paket data internet aktif. Namun, dengan mematikannya kamu bisa sedikit lega karena tidak melulu merasa seakan sedang diteror untuk selalu membalas segala chat dari berbagai aplikasi yang masuk. Sekali lagi, pergunakanlah fungsi ponsel dengan seperlunya.

6. Simpan Ketika Akan Beristirahat

Malam hari adalah saat dimana kamu memerlukan pikiran yang tenang, rileks, dan nyaman. Sebelum tidur, matikanlah ponselmu. Karena jika kamu terus menyalakan, cahaya dari ponsel justru akan mengganggu dan membuat mu sulit untuk tidur. Setelah seharian beraktifitas, biarkanlah pikiran dan badanmu beristirahat dengan nyaman tanpa harus diganggu dengan kehadiran ponsel.

Hidup di era digital ini memang membuat kita sulit untuk berjauhan dengan ponsel. Namun, bijaklah dalam menggunakannya. Jangan sampai kamu sendiri merasakan efek yang tidak kamu inginkan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.