Cara Mudah & Alami Bersihkan Talenan Usai Memasak

0

Saat memasak, ada banyak jenis bahan-bahan masakan yang perlu dipotong-potong maupun dirajang halus. Entah hal ini meliputi daging, daun bawang ataupun aneka jenis bumbu lainnya. Jika tidak dipotong, tentunya bumbu-bumbu serta bahan masakan tidak akan menyatu secara sempurna menjadi satu masakan bercitarasa lezat. Di samping itu, bahan-bahan masakan yang tidak dipotong dengan baik, akan membuat si penikmat masakan kesulitan dalam mencicipi atau menggigit hasil masakan.

Nah, salah satu alat bantu yang bisa dikatakan penting di dapur adalah teman pisau itu sendiri, yaitu talenan. Bagi ibu-ibu yang berjibaku di dapur ataupun chef pro, talenan adalah hal kedua yang harus dimiliki di dapur. Talenan akan mempermudah pekerjaan memasak dan memotong bahan masakan maupun bumbu sesuai kebutuhan.

cutting-board-v_-small1Tak jarang, setelah dipakai memotong bahan masakan, talenan menjadi kotor bahkan turut berbau mengikuti bekas bahan yang dipotong di atas permukaan talenan. Terlebih jika talenan bekas dipakai memotong daging kambing atau seafood cumi-cumi. Bau amis seketika menempel di permukaan talenan yang tak bisa dihilangkan hanya dengan membilas saja.

Talenan yang tidak dibersihkan dengan benar bisa menyimpan berbagai bakteri penyebab sakit perut. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak beberapa tips dalam membersihkan talenan berikut ini:

Air Jeruk Lemon

cara-membuat-talenan-anda-bebas-bakteri-dan-bauSebagai bahan alami, air perasan jeruk lemon berkhasiat untuk menetralisir bau amis yang melekat di atas permukaan talenan. Caranya sangat simpel. Jeruk lemon dipotong dua bagian. Kemudian, usap potongan jeruk lemon ini di permukaan talenan dan gosok-gosok secara merata. Jika talenan terbuat dari bahan kayu, pastikan agar air jeruk lemon dapat meresap ke dalam pori-pori talenan dan membasahi seluruh permukaannya. Lalu, diamkan sebentar selama kurang lebih 1-2 menit. Dan angin-anginkan selama beberapa waktu hingga mengering. Sekarang, kamu bisa mencuci seperti biasa dengan membilas talenan memakai air bersih yang mengalir.

Garam

Usai mencuci talenan memakai metode air jeruk lemon, saatnya membasmi kuman, bakteri dan mikroorganisme yang mungkin bersarang di dalam tiap millimeter talenan. Caranya mudah kok, larutkan satu sendok atau dua sendok garam ke dalam ¼ gelas air, lalu usapkan larutan garam ini di atas permukaan talenan. Keringkan di bawah sinar matahari langsung agar kuman atau bakteri yang menempel benar-benar mati karena terpapar sinar matahari secara langsung. Perlu diingat, bahwa garam bersifat anti-septik yang dapat membunuh kuman dan bakteri.

Cuka

Campurkan 2 sdm cuka dengan segelas air dan rendam talenan dalam larutan tersebut selama kurang lebih 10 menit, lalu gosok dengan sabun cair dan bilas dengan air yang mengalir. Talenan Anda akan segera tampak seperti baru.

Jadi, tak perlu bingung lagi untuk membersihkan talenan maupun menghilangkan bau amis pada talenan. Coba tipsnya yuk. (terasluar-Detty Risetya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.