Cara Mudah Mengatasi Insomnia

0

Tidur merupakan kegiatan yang kita lakukan setiap hari. Walaupun terkadang hanya dimaknai sebagai rutinitas tapi tidur ternyata sangat penting dilakukan sebab tidur merupakan proses yang amat diperlukan oleh manusia untuk terjadinya pembentukan sel-sel tubuh yang baru, perbaikan sel-sel tubuh yang rusak (natural healing mechanism), memberi waktu organ tubuh untuk beristirahat maupun untuk menjaga keseimbangan metabolisma dan biokimiawi tubuh. Hal terpenting yang terjadi pada saat kita tidur adalah menurunnya frekuensi gelombang otak.

Mengingat begitu besarnya manfaat tidur, bagaimana jika kita sulit tidur di malam hari? Hati-hati, jangan-jangan terkena insomnia. Jika sudah kronis, insomnia bisa bikin stres, depresi, menyebabkan sakit, cemas dan banyak lagi. Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang dialami oleh penderita dengan gejala-gejala selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari) mengalami kesulitan untuk tidur atau selalu terbangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur. Seringkali penderita terbangun lebih cepat dari yang diinginkannya dan tidak dapat kembali tidur. Ada tiga jenis gangguan insomnia, yaitu:

  • Susah Tidur (sleep onset insomnia)
  • Selalu terbangun di tengah malam (sleep maintenance insomnia)
  • Selalu bangun jauh lebih cepat dari yang diinginkan (early awakening insomnia)

Langkah mudah untuk mengatasi insomnia antara lain :

Atur Pola Tidur

atur pola tidur mengatasi insomniaUsahakan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, walaupun hari libur. Biasakan menepati jadwal itu agar pola tidur kita normal kembali. Ingat jangan banyak begadang, karena untuk mengatasi insomnia, kita perlu hidup teratur. Dengan keteraturan pola tidur, alam bawah sadar kita akan membentuk jam biologis. Sehingga secara alamiah kita akan mengantuk dan tidur sesuai jam biologis tersebut.

Hindari Kafein

hindari kafein mengatasi insomniaDalam usaha untuk mengatasi insomnia, hindari mengkonsumsi makanan dan minuman berkafein dari sore hingga malam menjelang tidur. Seperti kita ketahui, kafein memberi efek untuk mempercepat kerja jantung. Dengan degup jantung makin cepat, maka tubuh akan selalu dalam kondisi siaga, sehingga kita akan susah untuk mengantuk atau istirahat.

Biasakan Olahraga

olahraga mengatasi insomniaOlah raga memang penting bagi tubuh kita sebab akan memperlancar metabolisme tubuh termasuk syaraf-syaraf otak. Dengan berolah raga, organ-organ tubuh akan lebih efektif bekerja dan racun-racun dalam tubuh akan keluar melalui kelenjar keringat. Namun untuk efektifitas usaha mengatasi insomnia, jangan berolahraga tepat sebelum tidur.

Kurangi dan Tinggalkan Rokok

tinggalkan rokok mengatasi insomniaRokok memang berbahaya karena nikotin yang terdapat dalam rokok adalah stimulan. Jadi rasa kantuk akan berkurang jika nikotin terus bersarang di tubuh kita. Tentu hal ini akan mengurangi usaha mengatasi insomnia. Nikotin sendiri memiliki efek yang hampir mirip dengan kafein, yaitu mempercepat detak jantung dan meningkatkan tekanan darah. Dua efek inilah yang mengakibatkan kita susah tidur atau insomnia

Relaksasi Tubuh

relaksasi mengatasi insomniaSalah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia yang menyenangkan adalah relaksasi. Relaksasi bisa dilakukan dengan banyak cara. Seperti bersantai dibawah pohon rindang sambil mendengarkan gemercik air. Mendengarkan musik yang lembut atau dengan melihat ikan-ikan di akuarium. Dengan keadaan yang relax maka pikiran akan lebih tenang.

Atur Kondisi Kamar

atur kamar untuk mengatasi insomniaMenata kamar senyaman mungkin, tenang dan sedikit gelap. Jika jam dinding membuat kita sulit terlelap sebaiknya jangan tidur menghadap jam. Akan lebih nyaman jika kita berbaring sambil melihat sesuatu yang membuat tenang, semisal lukisan atau pemandangan di jendela. Kondisi kamar yang sedikit gelap atau bahkan gelap akan memicu jam biologis, memberi sinyal kepada tubuh bahwa ini saat untuk istirahat atau tidur

Hindari Stres

hindari stress mengatasi insomniaBeban pikiran yang amat sangat membuat kita susah tidur. Begitu siap untuk tidur, usahakan pikiran lepas dan santai. Berpikir positif akan masalah yang ada akan membantu kita lebih tenang dan bisa beristirahat dengan maksimal. Dengan ketenangan pikiran tentunya akan mudah mengatasi insomnia yang menimpa kita.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.