Cara Mudah Percantik Taman Dengan Bunga Mawar

0

Bunga mawar adalah salah satu bunga favorit di seluruh dunia. Banyak orang yang mengatakan jika mawar merupakan lambang cinta sejati. Entah itu bunga mawar merah, putih atau warna apapun yang jelas bunga mawar memang sangat menawan dan cantik.

Bukan hal aneh rasanya jika banyak orang yang kemudian menjadikan mawar sebagai salah satu bunga wajib untuk ditanam di kebun. Kalau Anda juga berminat untuk menanam bunga mawar di kebun, kami punya beberapa tips bermanfaat yang perlu Anda ketahui untuk percantik taman dengan bunga mawar. Apa saja hal-hal tersebut? Baca terus ulasan selengkapnya yuk…

Butuh 6 Jam Sinar Matahari

Bunga mawar merupakan jenis tanaman semak yang membutuhkan sinar matahari secara kontinyu (minimal 5 – 6 jam) agar dapat berkembang dengan baik. Lebih bagus lagi jika Anda menempatkan tanaman bunga mawar agar terkena sinar matahari pagi sekitar pukul 06.00 sampai 12.00. Tanaman bunga mawar yang mendapatkan sinar matahari secara maksimal akan memiliki perkembangan serta warna bunga yang lebih cerah dan menarik.

Siram Dengan Teratur

watering-rosesBunga mawar tidak hanya membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintetis, namun juga air yang memadai. Kadang-kadang Anda perlu menyiram bunga mawar setiap hari agar bisa berkembang dengan baik. Walaupun begitu, hindarkan penyiraman yang berlebih hingga ‘air tergenang’ dalam pot. Hal ini justru akan membuat bunga mawar mati. Sehingga drainase yang baik dalam pot juga perlu dipeerhatikan dalam menanam bunga mawar.

Memangkas

rose_pruning1Terkadang bunga mawar juga butuh dipangkas agar dapat tumbuh bunga secara optimal. Hal ini lebih mirip dengan pohon bonsai. Jika bunga mawar dipangkas dengan rapi dan teratur maka nutrisi akan diolah untuk menghasilkan bunga-bunga indah daripada hanyadedaunan dan semak. Memangkas bunga mawar sekali dalam satu minggu akan sangat membantu perkembangan bunga mawar. Dan sebaiknya pangkaslah bunga-bunga yang telah tua atau akan layu, karena lebih baik nutrisi yang ada digunakan untuk menumbuhkan tunas-tunas muda daripada digunakan oleh tanaman untuk membuat bijih.

Jangan Memangkas Ketika Musim Dingin

Di beberapa negara yang memiliki 4 musim, berkebun akan menjadi lebih rumit. Pada musim salju, es dapat membekukan batang dan bunga mawar tanpa kompromi. Lebih baik, tidak perlu memangkas bunga mawar selama kurang lebih 6 minggu di musim dingin. Biarkan hingga es mencair baru Anda bisa menyingkirkan cabang-cabang yangmati untuk mengoptimalkan perkembangan bunga.

Tambah Mulsa

Jika Anda masih awam dengan istilah mulsa, mulsa adalah pelindung tanaman dari serangan gulma seperti rumput liar atau semak belukar yang dapat mengganggu perkembangan bunga mawar. Pelindung tanaman atau mulsa ini biasanya memanfaatkan kertas koran atau plastik. Tanaman yang diberi mulsa mendapatkan banyak keuntungan. Di antaranya, menjaga kesuburan dan kelembapan tanah, mengurangi munculnya gulma (rumput liar) serta menjaga kadar oksigen di dalam tanah.

Nah, jangan ragu untuk menanam bunga mawar di kebun. Tidak terlampau sulit kok. Good luck. (terasluar-Detty Risetya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.