Ini Cara Terdahsyat untuk Berhenti Merokok

0

Hari gini masih merokok? Susah berhenti merokok? Sebaiknya tinggalkan kebiasaan buruk ini khususnya bagi para pelajar. Kita semua pasti sudah mengerti akan bahayanya, karena dalam setiap bungkus rokok ada peringatan: merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan ganguan kehamilan dan janin.

WHO dan berbagai penelitian telah memberikan peringatan akan bahaya rokok. Dalam kepulan asap rokok terkandung ribuan racun kimia berbahaya, dan 43 diantaranya bersifat karsinogenik (merangsang tumbuhnya kanker). Berbagai zat berbahaya itu, adalah tar, karbon monoksida (CO), dan nikotin. Akibatnya, berbagai penyakit kanker pun mengintai, seperti : 90% kanker paru pada laki-laki disebabkan rokok, dan 70% untuk perempuan, kanker mulut, kanker bibir, asma, kanker leher rahim, jantung koroner, darah tinggi, stroke, kanker darah, kanker hati, bronchitis, kematian mendadak pada bayi, bahaya rusaknya kesuburan bagi wanita dan impotensi bagi kaum pria.

Setelah mengetahui bahayanya lebih baik bagi yang masih merokok segera menghentikan kebiasaan tersebut. Memang tak gampang menghentikan kebiasaan ini, tapi bukan juga hal yang mustahil. Asal ada niat yang kuat maka semuanya akan menjadi lebih mudah. Untuk membantu para perokok untuk menghentikan kebiasaannya, maka ada beberapa tips yang bisa membantu.

cara ampuh stop berhenti merokok

Bersihkan Sisa Rokok

Jika Anda masih mempunyai stok rokok berapapun banyaknya, segeralah disingkirkan agar tidak tergoda. Buang semua sisa rokok yang ada. Asbak dan peralatan merokok lainnya tak lupa disembunyikan atau disingkirkan.

Minum Banyak Air Putih

Air putih memang multifungsi dan sangat meyehatkan. Air putih baik untuk melarutkan racun dalam tubuh. Bagi perokok atau mantan perokok konsumsi air putih harus lebih banyak dibandingkan bukan perokok. Untuk sementara hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, kola dan teh.

cara ampuh stop berhenti merokok

Banyak Melakukan Aktifitas

Jika punya hobi, tekuni hobi tersebut sehingga dapat melupakan pikiran untuk merokok seperti membaca buku, berkebun, olahraga, dan lainnya. Dengan banyakknya kesibukan maka otak kita tidak sempat lagi memikirkan tentang rokok.

Rajin Olah Raga

Biasakan senam pagi dan hirup nafas dalam-dalam agar paru-paru lebih sehat. Paling tidak 20 menit sehari berolah raga agar tubuh terasa bugar.

cara ampuh stop berhenti merokok

Makan Makanan Rendah Kalori

Untuk menghindari keinginan untuk merokok biasanya dilampiaskan untuk ngemil. Pilih yang rendah kalori.

Kunyah Permen Karet

Jika biasanya merokok tiba-tiba berhenti mulut pasti terasa aneh. Untuk mengantisipansinya maka kunyahlah permen biasa atau permen karet. Jadi mulut tidak terasa hampa.

cara ampuh stop berhenti merokok

Manjakan diri

Jika sebelumnya uang habis digunakan untuk membeli rokok, sekarang manjakan diri dengan berbelanja buku, nonton film, piknik atau yang lain. Dengan begitu kita akan sadar betapa banyaknya uang yang selama terbuang sia-sia hanya untuk membeli rokok.

Mandi atau Membasuh Muka

Jika keinginan merokok timbul segeralah basuh muka atau mandi biar segar karena rokok cenderung membuat malas dan lemas. Badan atau muka yang terkena air terasa lebih fresh dan lebih bersemangat untuk melakukan kegiatan lain.

cara ampuh stop berhenti merokok

Hindari ke Tempat Menggoda

Jika belum kuat iman untuk berhenti merokok hindari tempat-tempat yang memancing diri untuk merokok seperti café, bar, dan lainnya. Atau jauh-jauh dari teman-teman yang merokok. Untuk sementara pilihkan lingkungan yang bebas rokok.

Menempel Poster

Buatlah tulisan dengan tangan sendiri tentang niat berhenti merokok dan tempel di tiap sudut kamar untuk mengingatkan otak. Atau bisa menempel poster dari dinas kesehatan yang berisi bahaya merokok plus gambarnya. Dengan melihat gambar kita akan tahu betapa ruginya jika terus-menerus mengkonsumsi rokok.

Kuatkan Niat

Inilah hal yang terpenting. Apapun yang kita lakukan tergantung pada niat. Positive thinking kalau bisa berhenti merokok dan memulai hidup sehat. Motivasi adalah kekuatan terbesar.

Bantuan keluarga

Mintalah orang tua, saudara atau teman dekat untuk mengingatkan jika mulai tergoda untuk merokok. Rokok mengandung nikotin yang membuat ketagihan sehingga sulit untuk meninggalkan kebiasaan. Tapi faktor kebiasaan yang ada dalam diri adalah candu terbesar

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.