Ini Dia Fakta-Fakta Mengenai Kekebalan Tubuh yang Perlu Diketahui

0

Beberapa orang biasanya baru akan peduli dengan kekebalan tubuh ketika badan terasa tidak enak atau sedikir demam. Padahal sebenarnya, memahami hal tersebut sangat penting bagi kita guna menghindari hal-hal yang dapat merusak usus dan sistem pencernaan di dalam tubuh. Loh, mengapa seperti itu? Hal itu dikarenakan sistem pencernaan yang terganggu akan membahayakan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Oleh karena itu, agar kita memiliki badan yang sehat dan bugar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mempertahankan kekebalan tubuh dari penyakit, misalnya mengkonsumsi buah-buahan segar secara teratur dan bagi pasangan suami-istri bisa bercinta secara teratur.

Kenapa harus bercinta secara teratur? Sekilas memang agaknya tidak ada hubungannya antara aktivitas bercinta dengan kekebalan tubuh. Jika Anda belum mengerti bagaimana aktivitas di atas ranjang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, besar kemungkinan Anda juga belum mengetahui bagaimana cara menjaga badan untuk tetap sehat dari musim ke musim. Berikut ini penjelasannya:

autoimun pada wanitaPerempuan Memiliki Kecenderungan Mengidap Penyakit Autoimun

Menurut data yang ada, ada lebih dari 10.000 orang di Indonesia yang mengidap penyakit autoimun, contohnya Lupus. Dan sebagian besar dari mereka adalah kaum perempuan. Mengapa bisa begitu? Perempuan sendiri memiliki lebih banyak sel tipe B yang menyebabkan autoantibodi yang dapat menyerang jaringan tubuhnya sendiri. Harmon seks jenis estrogen bertanggung jawab terhadap munculnya penyakit autoimon tersebut. Walau begitu, sel-sel kekebalan tubuh sebenarnya mempunyai reseptor hormon seks yang mengikat estrogen. Hal ini yang menjadi pemicu peradangan yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lelah.

peranan usus dalam kekebalan tubuhUsus Memiliki Peranan yang Besar dalam Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

70 persen dari sel-sel yang berfungsi membangun sistem kekebalan tubuh terdapat di sepanjang saluran pencernaan. Namun, banyak orang yang tidak menyadari akan hal ini. Padahal saluran sistem pencernaan merupakan salah satu cara agar tubuh bisa membuang racun dan bagian yang penting dalam tubuh manusia. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh dan sistem pencernaan, yaitu dengan cara makan makanan yang sehat, seperti mengonsumsi makanan rendah gula dan kalori, makanan yang memiliki serat tinggi. Kebiasaan seperti ini yang nantinya dapat memperkuat bakteri baik yang terdapat di dalam usus. Bakteri baik yang biasanya terdapat dalam probiotik juga sebaiknya dikonsumsi secara teratur untuk memperkuat kekebalan tubuh kita.

terapi-kekebalan-tubuhTerapi Kekebalan Tubuh

Sebuah uji klinis menunjukkan efektivitas terapi kekebalan tubuh untuk melawan kanker melanoma, limfa, dan paru-paru. Hal ini disebut-sebut sebagai terobosan terbesar dalam dunia kedokteran sejak diperkenalkannya kemoterapi. Berbeda dengan kemoterapi yang menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker, terapi kekebalan tubuh memanfaatkan sistem kekebalan tubuh seseorang untuk mematikan penyakit.

Sistem kekebalan tubuh sendiri memiliki semacam sinyal. Ketika ia diaktifkan, dia akan mengerahkan sel-sel tertentu, misalnya sel T, untuk mengenali dan menyerang benda asing yang berada di tempat yang tidak semestinya, contohnya adalah sel kanker. Namun ketika sakelar itu dimatikan, sistem kekebalan tubuh tidak mampu lagi membunuh sel kanker.

Lakukan Vaksinasi Flu Saat Pagi Hari

Salah satu cara melawan flu adalah dengan mendapatkan vaksin flu. Selain itu bisa juga dengan minum air putih yang banyak. Ada perbedaan ketika dilakukan vaksinasi flu saat pagi hari dan malam hari. Vaksinasi di pagi hari dirasa lebih efektif dalam meningkatkan antibodi di dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan karena siklus harian alamiah sel-sel kekebalan tubuh.

makanan-untuk-kekebalan-tubuhMakanan Tertentu Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bawang putih ternyata bisa membuat tubuh lebih kebal terhadap virus flu. Orang-orang yang teratur makan bawang putih juga memiliki resiko lebih kecil untuk terjangkit kanker usus besar.

Alkohol juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh. Riset membuktikan bahwa minum alkohol dalam jumlah sedang akan membuat tubuh tidak akan gampang sakit. Harus dicatat pula bahwa jumlah yang diminum tidak boleh berlebihan, harus tetap cukup, sama halnya seperti makanan-makanan yang bisa menurunkan kekebalan tubuh lainnya seperti kopi, soda, goreng-gorengan, daging merah, juga makanan olahan.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.