Good to Remember, Ini yang Perlu Diingat Dalam Berkebun

Gardening
0

Melakukan hobi berkebun kelihatannya mudah. Tapi, ini tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang. Ada beberapa hal yang perlu diingat agar tanaman di kebun bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Bisa jadi, ada beberapa orang di luar sana yang merasa tak berhasil dalam berkebun, kendati  sudah menerapkan semua persiapan dengan tepat. Hmm… kira-kira apa saja hal penting yang perlu diingat dalam berkebun? Cobalah untuk menyimak tips-tips berikut ini yuk:

beri-pupukTaburkan pupuk 3-4 minggu sebelum proses penanaman dimulai

Sangat penting untuk memperhatikan media tanam atau lahan tanam sebelum melakukan proses penanaman. Akan lebih baik jika Anda memakai bahan-bahan organik seperti daun-daun kering, kotoran hewan ternak atau sampah dapur. Lahan yang diberi pupuk alami sebelum proses penanaman, lalu dibiarkan selama kurang lebih 3 sampai 4 minggu akan memiliki tingkat kesuburan yang lebih baik.

olah-tanahOlah tanah

Sebelum proses penanaman dimulai, media tanah atau lahan tanah harus diolah atau setidaknya dicangkul agar akar-akar tanaman bisa menembus tanah dengan baik. Proses ini akan membuat tanaman lebih cepat tumbuh tinggi dan besar.

Berikan tanda per barisan tanaman

beri-tandaMenempatkan benih secara serampangan akan membuat Anda bingung sendiri di kemudian hari. Pasalnya, benih akan tumbuh menjadi tanaman yang besar dan tinggi, jika saling berhimpitan atau berdesakan maka pertumbuhan tanaman tidak akan maksimal. Lagipula, apabila nanti tumbuh gulma seperti rumput atau tanaman liar Anda juga kesulitan mengeceknya. Lebih baik, cobalah memberikan jarak sekitar 5-10 cm sehingga antara tanaman satu dengan yang lain memiliki ruang tumbuh yang leluasa.

Berikan mulsa

mulsaSemakin cepat Anda menerapkan mulsa di kebun, maka akan semakin mudah menanggulangi masalah gulma atau rumput liar yang mengganggu tanaman. Sekadar informasi, dilansir dari situs Wikipedia, mulsa adalah material penutup tanaman budidaya yang dimaksudkan untuk menjaga kelembaban tanah serta menekan pertumbuhan gulma dan penyakit sehingga membuat tanaman tumbuh dengan baik. Biasanya, kebanyakan pecinta berkebun kerap memakai koran bekas sebagai mulsa untuk menutup lahan dan mengendalikan gulma di kebun. Mudah dan efektif, kan?

Berikan nutrisi tanaman

Jika Anda tidak memiliki bahan pupuk organik atau kompos untuk memupuk tanaman, gunakan saja pupuk buatan dari pabrik yang dapat menutrisi tanaman Anda dan mempercepat pertumbuhan budidaya sayuran atau bunga di kebun.

Apakah Anda memiliki tips lain dalam berkebun? Kami akan senang mendengar tips dari Anda di bagian komentar. Selamat mencoba tipsnya. (terasluar-Detty Risetya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.