Hal-Hal yang Harus diperhatikan Saat akan Berkemah di Pantai

0

Berkemah bisa dilakukan di banyak tempat seperti di pegunungan, di bumi perkemahan, bahkan di festival musik. Salah satu tempat yang menyenangkan untuk berkemah yang lainnya adalah pantai. Angin yang semilir, deburan ombak, dan langit yang seperti tidak ada tepinya merupakan beberapa pertimbangan yang membuat tempat ini menyenangkan sekaligus menenangkan. Berbentuk kepulauan, Indonesia memiliki garis pantai yang sangat panjang dan dapat dinikmati di setiap pulau. Tinggal memilih saja mau menyinggahi yang mana. Tentu dengan berbagai pertimbangan. Nah, berkemah di pantai tentu memerlukan beberapa persiapan. Agar semakin aman dan asyik, yuk simak beberapa tips di bawah ini!

1. Cek Laporan Cuaca

Agar lebih nyaman, berkemah di pantai tentu lebih menyenangkan ketika cuaca sedang cerah meskipun waktu yang akan dihabiskan lebih banyak di malam hari. Akan tetapi, ketika hujan, kegiatan-kegiatan yang sudah disusun pasti akan berantakan seperti kegiatan bakar-bakaran dan bercengkerama di pinggir pantai. Pun ketika cuaca cerah, anda bersama teman-teman dapat melihat langit yang penuh dengan bintang. Jika anda berkemah pada saat bulan purnama, pemandangan tersebut tentu akan lebih sempurna. Namun, yang perlu diingat ketika bulan purnama air cenderung akan pasang, Jadi, tetap hati-hati ya. Nah, jika kebetulan waktu libur anda adalah ketika musim hujan dan menurut perkiraan cuaca hari itu akan mendung atau gerimis, atau bahkan mungkin cerah, tidak ada salahnya anda memilih pantai yang memiliki gazebo atau saung seperti di pantai Sadranan, Yogyakarta. Jadi, jika sewaktu-waktu hujan turun, anda dapat berlindung di gazebo tersebut.

2. Bawa Sunblock dan Lotion anti nyamuk

Dengan memilih pantai, artinya anda harus siap dengan panas yang menyengat di siang hari dan keadaan di malam hari yang memungkinkan banyaknya nyamuk. Hal yang harus anda siapkan untuk mengantisipasi hal ini adalah sunblock dan juga lotion anti nyamuk. Pilihlah sunblock dengan SPF yang tinggi untuk melindungi kulit anda dari terpaparnya sinar matahari lebih lama. Karena berada di perairan, pilih juga sunblock yang water proof agar tidak lekas hilang ketika terkena air. Produk ini dapat anda jumpai di drugstore terdekat.

3. Bawa sleeping bag

Untuk menunjang kenyamanan saat tidur, anda wajib membawa sleeping bag. Anda tidak mungkin kan membawa kasur busa untuk dibawa ke tepian pantai? Nah, dengan ukurannya yang portable, sleeping bag dapat mensubtitusi kebutuhan kasur sekaligus selimut untuk anda. Untuk tambahan, jika dirasa anda perlu bantal, namun bawaan anda sudah terlalu banyak, anda dapat memakai tumpukan baju yang anda bawa untuk dijadikan bantal. Praktis, ‘kan?

4. Pemanggang dan bahan makanan

Untuk membuat acara kemah anda paripurna, anda perlu membawa bahan makanan untuk kemudian dipanggang bersama seperti sosis dan otak-otak. Oleh karena itu, anda perlu membawa pemanggang pula. Namun, jika anda khawatir bagaimana nanti anda mendapatkan kayu bakar, jika anda berkemah di pantai yang juga sudah sering digunakan untuk berkemah, biasanya akan tersedia penjual kayu bakar. Jadi, anda tinggal membelinya. Di samping membawa bahan untuk dipanggang, anda juga bisa membawa makanan ringan serta mie instan untuk menemani malam anda yang dingin.

Nah, itu dia beberapa tips yang perlu anda pertimbagkan sebelum berkemah! Semoga liburan anda menyenangkan!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.