Hati-hati, Begini Caranya Mengatasi Jantung Berdebar

0

Setiap manusia pastinya pernah merasakan yang namanya jantung berdebar. Ada jantung berdebar akibat cemas, gugup, ataupun sedang mengalami stress tinggi yang sangat berat. Seseorang yang mengalami jantung berdebar secara singkat sangatlah wajar. Namun jika jantung berdebar memakan waktu yang cukup lama adalah hal yang tidak wajar. Bisa jadi jantung sedang mengalami masalah. Oleh karena itu, hal tersebut tidak boleh dianggap remeh karena bisa saja membahayakan jiwa. Berikut ini cara mengatasi jantung berdebar.

1. Kurangi Minuman Alkohol

Image : hellosehat.com

Cara mengatasi jantung berdebar yang pertama adalah dengan mengurangi minum minuman alkohol. Bila kamu adalah penggemar berat minuman alkohol ada baiknya bila mulai dari sekarang untuk mengurangi minum alkohol. Minum alkohol sendiri baik diminum bila untuk kebutuhan medis namun bila diminum secara berlebihan pastinya hal ini sangat membahayakan untuk tubuh. Minuman alkohol sendiri juga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena hal ini akan membahayakan kesehatan ibu itu tersendiri. Beberapa orang meminum alkohol dimaksudkan untuk membuat tubuh menjadi hangat. Namun sayangnya cuaca di Indonesia sendiri sangatlah panas sehingga hal ini akan membuat semakin panas badan.

2. Olahraga Rutin

Image : elshinta.com

Hal yang paling penting untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan berolahraga secara rutin. Olahraga sendiri dapat dilakukan sebanyak 3x seminggu. Bila tidak biasa melakukan olahraga berat, kamu dapat melakukan olahraga yang ringan. Olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang ataupun yoga. Olahraga ini mencegah terjadinya penyakit yang ada di dalam tubuh. Olahraga secara rutin dipercaya membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Olahraga pastinya akan terasa sulit dijalankan bila kita tidak terbiasa menjalankannya. Oleh karena itu, ajaklah keluarga ataupun teman untuk melakukan olahraga bersama agar diri kita semakin semangat untuk berolahraga. Berikan waktu selama 15 menit untuk kita berolahraga setiap harinya. Berolahraga sendiri dapat dilakukan di mana saja dan tanpa mengenal waktu.

3. Pola Makan yang Sehat

Image : kolesterol.co.id

Di zaman era modern seperti ini, beberapa orang menyukai yang berbau instan khususnya dalam menyajikan makanan. Makanan instan ataupun junk food sendiri di samping rasanya yang sangat enak juga harganya yang sangat terjangkau. Padahal makanan instan itu tidak semuanya baik untuk kesehatan tubuh khususnya pada jantung. Untuk mencegah jantung menjadi tidak sehat ada baiknya bila kita menerapkan pola makan yang sehat guna mendapatkan tubuh yang sehat. Maka dari itu, mulailah untuk belajar memasak di saat waktu senggang. Dengan cara tersebut kita akan mengetahui bagaimana memilih bahan makanan yang masih segar dan bagus. Selain itu, memasak pastinya akan terus dibutuhkan hingga seseorang berkeluarga karena makan adalah kegiatan yang wajib dilakukan setiap harinya.

4. Berhati-hati dalam Konsumsi Obat

Image : geronimo.fm

Ketika kita mengalami sakit pastinya obat adalah penyembuhnya. Beberapa obat dibuat untuk melawan beberapa penyakit. Namun sayangnya tidak semua obat cocok untuk kondisi tubuh sehingga obat tidak membuat tubuh menjadi lebih sehat malah membuat penyakit menjadi lebih parah. Beberapa obat sendiri ada yang memberikan efek seperti mengantuk bahkan ada obat yang membuat jantung menjadi berdebar-debar. Bila efek tersebut membahayakan, ada baiknya untuk pemberhentian pemakaian. Dalam pemilihan obat sendiri kita juga perlu melakukan konsultasi kepada dokter agar tidak mengonsumsi obat secara berlebih. Di saat berlebihan tentu saja hal ini dapat membahayakan jiwa tubuh bahkan berujung kematian. Maka dari itu, bijaklah dalam mengonsumsi obat mulai dari sekarang ini.

5. Mengontrol Stress

Image : shakarasquare.com

Orang yang memiliki banyak beban pastinya mempunyai tingkat stress yang tinggi. Hal itulah yang dapat memicu terjadinya jantung berdebar secara kencang. Orang yang memiliki stress tinggi diharapkan dapat mengontrol emosinya dengan baik. Stress yang tinggi dapat memicu terjadinya berbagai penyakit bahkan bisa membawa berujung kematian.  Untuk itu, bila stress datang lakukan beberapa kegiatan yang dapat menenangkan pikiran. Pada hakikatnya stress itu sendiri dapat dikontrol dengan baik bila kita mengetahuinya. Ketika kita mengontrol stress maka yang harus dilakukan adalah memikirkan segala hal positif. Lalu membuang segala hal negatif. Hal ini harus dilakukan setiap hari agar tubuh menjadi lebih terbiasa.

6. Tidur Cukup

Image : hellosehat.com

Manusia membutuhkan waktu tidur antara 4 hingga 8 jam untuk beristirahat. Bila kekurangan tidur pastinya badan akan merasakan keanehan seperti pusing, jantung berdebar ataupun keringat dingin. Oleh karena itu, manfaatkan tidur dengan baik untuk beristirahat setiap harinya agar badan tetap sehat. Bila perlu, setting alarm setiap harinya agar pola tidur menjadi baik. Ketika tubuh kekurangan tidur pastinya hal ini akan mempengaruhi kefokusan tubuh ketika bekerja serta mengurangi tingkat konsentrasi.

7. Minum Air Putih

Image : sampingqncjellygamat.com

Manusia wajib untuk minum air putih sebanyak 1,5 liter setiap harinya. Air putih adalah energi untuk tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas. Bila badan mengalami dehidrasi pastinya hal tersebut akan menggangu metabolisme tubuh. Dehidrasi dapat mengakibatkan seseorang menjadi kurang fokus dalam bekerja bahkan menimbulkan sebuah penyakit. Selain itu juga menimbulkan jantung berdebar yang pastinya tidak boleh dibiarkan secara terus menerus.

8. Jus Anggur

Image : LovelyDoc.com

Bila kamu sering mengalami jantung berdebar, anggur dapat menjadi salah satu solusi. Anggur dapat diolah menjadi jus anggur ataupun dimakan secara langsung. Bila meminum jus anggur ada baiknya bila jus anggur alami yang langsung dijus secara langsung dari buahnya bukan jus anggur kemasan. Minumlah jus anggur sebanyak 2 kali sehari agar membuat badan menjadi sehat.

9. Minyak Ikan

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika minyak ikan mengandung protein yang tinggi. Selain mempunyai kandungan protein yang tinggi, minyak ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan khususnya anak-anak. Minyak ikan sendiri dapat mengatasi jantung berdebar. Mendapatkan asupan minyak ikan setiap hari sama saja membuat tubuh menjadi lebih sehat.

10. Jambu Biji

Image : buahaz.com

Siapa yang tak  ingin melewatkan dari kelezatan jambu biji. Jambu biji memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Jambu biji sendiri dapat mengatasi jantung kita yang selalu berdebar. Ada baiknya bila mengkonsumsi jambu biji di saat perut kosong pada pagi harinya. Jambu biji juga dipercaya dapat memulihkan badan ketika sakit.

11. Kayu Manis

Kayu manis biasanya dimanfaatkan oleh wanita untuk menambah rasa pada masakan. Selain itu, kandungan kayu manis dapat menghilangkan kolesterol pada tubuh. Kayu manis juga dapat mengatasi jantung berdebar pada tubuh. Kayu manis sendiri dapat diolah menjadi obat untuk menenangkan jantung, caranya hanya perlu mencampurkan bubuk kayu manis dengan air hangat. Minumlah setiap hari di pagi harinya.

12. Madu

Selain rasanya yang sangat manis, madu dapat dimanfatkan untuk berbagai hal. Contohnya madu dapat dimanfaatkan untuk menjadi olahan masker, spa, masakan bahkan untuk mengobati penyakit. Salah satunya adalah mengatasi jantung berdebar. Madu sendiri dapat membalikkan jantung menjadi normal kembali. Caranya hanya perlu mencampurkan satu sendok madu dengan segelas air lemon. Minumlah secara rutin setiap hari di pagi hari agar membuat membuat tenang tubuh.

13. Posisi Kaki yang Lebih Tinggi

Di saat jantung berdebar sangat kecang dan cepat, hal yang dapat dilakukan adalah dengan meluluskan kaki dan badan bersandar. Kemudian angkat kaki melebihi posisi dada, lakukan hal tersebut hingga jantung menjadi normal kembali.

14. Teknik Valsava

Teknik valsava dapat dilakukan ketika jantung sedang berdebar. Caranya hanya perlu memencet dua lubang hidung dan tutup mulut. Lakukan pernapasan secara perlahan-lahan. Hal ini berguna untuk membuat jantung menjadi normal kembali.

15. Konsultasi ke Dokter

Cara mengatasi jantung berdebar yang terakhir adalah berkonsultasi ke dokter. Dengan melakukan konsultasi maka dokter akan melakukan pemeriksaan dan mengambil keputusan untuk melakukan tindak lanjut.

Pada hakikatnya setiap penyakit pastinya akan bisa disembuhkan bila kita mengetahuinya secara dini. Namun bila penyakit diketahui secara lambat pastinya penanganan sembuh akan terasa sulit dan memakan waktu yang lama. Hanya berdoa, berusaha dan berserah diri kepada yang Kuasalah kunci dari kesembuhan tersebut. Jadi, mulai sekarang yuk bangun pola hidup yang sehat setiap hari!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.