HTPC – ‘One Stop Entertainment’ Untuk Rumah Anda..

0

volume-864380_1920

Bagi anda yang senang menikmati waktu bersama keluarga atau senggang sendiri dirumah dengan menonton film, mendengarkan musik ataupun sekedar menonton acara televisi bersama, pasti setidaknya memiliki 2 atau lebih peralatan seperti hifi device, PVR recorder, atau DVD/CD players yang masing-masing memiliki fungsi sendiri dan yang paling ribet adalah remote sendiri-sendiri.

Jika pernah terlintas di pikiran anda ‘bagaimana membuat HIFI, DVD/CD Players, PVR recorder, games console, dalam satu box?’. Mungkin ada baiknya anda mulai mempertimbangkan untuk memiliki/membuat ‘HTPC’ untuk rumah anda.

Apakah ‘HTPC’ itu?

‘HTPC’ merupakan kependekan dari ‘Home Theater Personal Computer’. Sebuah komputer yang memang kita rancang atau beli untuk disambungkan langsung ke Televisi. Lalu apakah fungsi dari perangkat ini:

– Menonton Acara Televisi;
– Menonton Film (HD movie, Blu–Ray, …);
– Menikmati ‘Foto-Foto’ liburan anda bersama keluarga di TV;
– Merekam acara TV;
– Bermain game (seperti PES, FIFA, dsb)
– Mendengarkan musik;
– Streaming Youtube dan Browsing internet;
Bagaimanakah Menghubungkan ‘HTPC’ dengan Televisi?

Menghubungkan ‘HTPC’ dengan televisi sangatlah mudah, terlebih jika televisi anda sudah memiliki HDMI port, dimana HDMI sudah ‘mengantarkan’ gambar dan suara ke televisi anda. Namun jika anda memiliki televisi model lama yang tidak memiliki HDMI port maka anda dapat menggunakan ‘DVI to RCA’ atau ‘VGA to RCA’ tergantung dari jenis port yang ada di VGA anda.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Membangun HTPC?

Sama layaknya ketika anda memutuskan untuk membuat atau membeli sebuah PC dimana anda perlu memperhatikan harga dan performa sesuai kebutuhan anda. Anda bisa saja membangun sebuah HTPC dengan kemampuan raksasa super dengan harga yang selangit atau sebuah PC yang minimalis dan lebih ramah dengan kantong anda.

Bagi saya semua keputusan ada ditangan anda, namun jika menurut saya pribadi ‘HTPC’ sebaiknya memliki desain yang minimal dengan konsumsi daya listrik yang minimal pula tapi sanggup melayani kebutuhan hiburan anda seperti menonton film dengan kualitas 1080p atau HD.

Berikut ada beberapa komponen yang bisa dijadikan salah satu contoh dari ‘Low-Budget’ HTPC?
1. Processor: AMD Kaveri A8-7600 (Radeon R7 series) 3.1Ghz Cache 2x2MB 65W Socket FM2+.
2. Motherboard: ASROCK FM2A68M-HD+
3. Memory: Corsair DDR3 Value 4GB PC12800 – CMV4GX3M1A1600C11 (walaupun 4GB sudah cukup namun jika ada dana lebih, dianjurkan untuk meng-upgrade ke 8GB – Kingston Hyper X Blu DDR3 PC12800 8GB – KHX16C9B1RK2/8X)
4. Harddisk: WDC 1TB SATA3 64MB – Caviar Black
5. Case: Jonsbo G3 Silver
6. TV Tuner: AVerTV Express 009 (Opsional
Jika anda menginginkan pc built yang compact mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Intel NUC or Gigabyte Barebone PC.

‘Operating System’ (OS) untuk HTPC?

Kita bisa menggunakan Windows 7, Windows 8 atau Windows 10, Linux ataupun OSX (Mac). Ada beberapa software HTPC yang support berbagai OS seperti KODI (XBMC), OSMC, MythTV, Plex dan Emby (Walaupun untuk 2 software terakhir lebih cenderung merupakan aplikasi media server). Jika anda menggunakan windows selain software diatas, anda juga bisa menggunakan Media Portal atau Windows Media Center. Untuk cara menginstall ‘Plex Server’ sebagai software media server untuk HTPC di windows 10 bisa baca disini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.