Ini Dia Manfaat Anak Bermain di Luar Rumah

0

Menjadikan anak sebagai pribadi yang aktif tentu ingin dilakukan oleh para orang tua di luar sana. Anak-anak yang senang melakukan aktivitas fisik di luar rumah secara psikologis dapat meningkatkan kemampuan otak dan prestasi akademik mereka di sekolah.

Jika Anda termasuk orang tua yang suka mengajak anaknya bermain ketika waktu libur sekolah atau saat weekend. Anda bisa mengajak si anak untuk keluar rumah untuk sekadar menikmati udara luar serta secara tidak langsung mendorong anak untuk meninggalkan sejenak gadget yang biasanya menemani mereka sehari-hari saat sedang berada di rumah. Dengan memberikan kesempatan pada anak-anak untuk bermain di luar lingkungan rumah, tentunya kita juga telah mengajari mereka untuk belajar banyak hal melalui pengalaman yang bisa diambil di dunia luar yang mereka lihat dan rasakan.

Hal tersebut tidak hanya memiliki efek positif terhadap pertumbuhan si anak, akan tetapi bermanfaat bagi perkembangan pikiran anak. Hal apapun yang dilakukan anak-anak di luar rumah, kelak dapat menjadi bahan pembelajaran yang hikmahnya bisa diambil bagi mereka. Terlebih lagi untuk hal-hal baik dan positif.

Nah, lalu apa saja manfaat anak bermain di luar rumah? Penjelasannya sebagai berikut:

super-star-student-clipart-starkids1. Meningkatkan Nilai Akademik

Tak sedikit dari para orangtua yang berpikir bahwa kecerdasan anak hanya bisa dipengaruhi oleh faktor genetik saja. Padahal sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk merangsang tingkat kecerdasan anak, yaitu salah satunya dengan mengajak anak bermain di luar ruangan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak-anak yang suka melakukan banyak aktivitas fisik di luar ruangan dapat meningkatkan kemampuan otak dan prestasi akademik mereka.

Melakukan aktivitas fisik dan kebugaran di luar ruangan memiliki dampak yang baik untuk perkembangan dan fungsi otak sang anak. Bahkan, apabila si anak melakukan aktivitas olah raga terlebih dahulu sebelum, selama, atau bahkan sesudah kegiatan sekolah dapat pula membantu meningkatkan kemampuan anak dalam bersaing secara akademik di sekolahnya.

penglihatan-anak2. Baik Untuk Penglihatan Anak

Kegiatan di luar ruangan ayau lingkungan rumah sejatinya dapat membantu mencegah anak-anak terkena penyakit rabun jauh. Apalagi, untuk usia anak-anak seusianya, mereka perlu tingkat fokus tersendiri apabila melihat objek yang jaraknya lebih jauh. Paparan cahaya alami yang didapatkan du luar ruangan dan lingkungan rumah ketika anak-anak berada di luar rumah dapat membuat penglihatan mereka menjadi meningkat.

Namun rabun jauh sebenarnya bisa diatasi apabila anak-anak menambahkan waktu untuk melakukan aktivitas dan bermain di luar rumah. Dengan penambahan waktu selama satu jam dalam tenggat sepekan saja, jarak pandang anak pun bisa meningkat. Dan risiko terkena rabun jauh akan berkurang.

anak-sekolah3. Meningkatkan Rasa Sosialisasi

Apabila orang tua membiarkan anak bermain di luar rumah, hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan sosial secara luas. Dalam area bermain saja, tidak semua anak-anak dapat bermain wahana perosotan untuk jadi orang pertama. Fakta bahwa anak-anak bisa bernegosiasi di antara pribadi diri mereka sendiri bisa meningkatkan kemampuan sosialnya, fungsi eksekutif, serta kemampuan berperilaku.

4. Mencegah Obesitas

Mengajak anak-anak bermain di luar rumah dan menikmati udara luar akan meningkatkan tingkat aktivitas fisik sang anak dan mengurangi risiko kelebihan berat badan atau yang biasa disebut dengab istilah obesitas. Obesitas pada diri si anak akan menempatkan risiko penyakit lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung ketika kelak ia dewasa nanti.

Risiko obesitas pada anak-anak menjadi meningkat beberapa tahun ke belakang ini karena terkait kurangnya aktivitas anak di luar ruangan dan sang anak hanya menghabiskan waktunya untuk duduk menonton TV atau bermain game di gadget masing-masing yang diberikan oleh orang tua mereka. Faktor lingkungan yang lebih hijau dan asri dapat membuat anak-anak menjadi semakin sehat dan bisa terhindar dari kegemukan.

kekebalan-tubuh-anak5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Anak-anak dapat menderita alergi dan rentan terserang asma atau penyakit autoimun justru karena ia tidak cukup terpapar hanya dengan bakteri.

Ada berbagai data yang menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh kita sebagai manusia dapat berfungsi dengan baik ketika kita terpapar mikroba, organisme, dan juga keanekaragaman pola makan dan lingkungan. Paparan tersebut bisa terjadi melalui saluran pencernaan, hidung, atau sistem pernapasan yang ada di dalam tubuh kita.

Itu sebabnya, pihak orang tua perlu membiarkan anak dan rela melihatnya bermain kotor-kotoran di luar ruangan dan tidak riwil ketika melihat sang anak asyik menikmati aktivitas mereka tersebut. Tentunya tingkat kebahagiaan anak akan meningkat apabila sedang melakukan aktivitas yang disukainya. Karena sesungguhnga paparan terhadap organisme yang beranekaragaman pada tumbuhan, tanah, tanaman, dan lain sebagainya, dapat memengaruhi penurunan alergi.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.