Jogging Untuk Menurunkan Berat Badan

0

Memiliki kelebihan berat badan tentu saja akan sering menganggu dan membuat penampilan kita menjadi tidak maksimal, ada banyak dampak negatif dari kelebihan berat badan, antara lain:

  • Terganggunya kesehatan dan metabolisme tubuh karena sempitnya ruang gerak dan minimnya aktifitas olahraga.
  • Penampilan menjadi kurang menarik dan terbatas pada model pakaian-pakaian tertentu yang justru membuat penampilan menjadi tampak tua dan membosankan.
  • Kurangnya rasa percaya diri yang berlebihan sehingga cenderung menarik diri dari pergaulan dan komunitas di lingkungan sekitar.

Dari beberapa hal tersebut di atas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa memiliki kelebihan berat badan dapat membawa banyak sekali dampak negatif di dalam kehidupan sehari-hari yang kita jalani. Oleh sebab itu, maka tidak mengherankan bila banyak orang yang berjuang mati-matian untuk menurunkan berat badan mereka hingga berada pada ukuran yang proporsional.

Banyak langkah yang biasa dilakukan untuk menurunkan berat badan, seperti: melakukan diet, olehraga kardio, puasa dan bahkan jogging secara teratur. Apapun jenis kegiatan yang kita pilih untuk menurunkan berat badan, pada dasarnya semua itu haruslah dijalankan dengan disiplin dan komitmen yang tinggi, karena hanya dengan begitulah berat badan yang proporsional bisa didapatkan.

Jogging merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak dipilih orang sebagai jalan untuk menurunka berat badan, hal ini cukup beralasan karena jogging adalah salah satu kegiatan olahraga yang mudah dan dapat dilakukan di mana saja. Berbeda dengan olehraga lainnya yang banyak membakar banyak kalori tetapi membutuhkan alat dan instruktur yang pada umumnya harus dilakukan di studio fitnes, kegiatan jogging justru memberi banyak kemudahan serta tidak terbatas pada tempat tertentu.

Jogging akan membakar kalori di dalam tubuh dalam jumlah yang banyak dan signifikan, namun hal ini tentu saja akan didapatkan bila jogging dilakukan dengan cara yang benar. Di bawah ini adalah beberapa poin yang patut anda cermati saat memilih jogging sebagai olahraga yang akan membantu manurunkan berat badan:

jogging-sepatuGunakan Sepatu Yang Tepat

Meski terlihat sangat sederhana dan mudah dilakukan, namun jogging juga rentan terhadap resiko cedera, terutama bila dilakukan di area terbuka seperti perbukitan. Untuk itu, pastikan selalu menggunakan sepatu khusus untuk lari dan ukuran yang tepat di kaki, hal ini akan mengurangi resiko cedera dan lecet pada kaki.

Lakukan Secara Bertahap

Semangat yang terlalu menggebu-gebu seringkali membuat seseorang menjadi hilang kontrol dan memaksakan diri hingga kelelahan. Hindari hal ini dan lakukan jogging secara bertahap dengan cara menambah rute / jarak tempuh sedikit demi sedikit, terutama di hari-hari pertama kali melakukannya.

Disiplin dan Terjadwal

Ini adalah hal tersulit yang harus dilakukan di dalam proses penurunan berat badan karena pada umumnya orang akan cepat senang dan puas setelah mencapai penurunan berat badan dalam jumlah tertentu, meskipun sebenarnya belum dalam timbangan proporsional. Jangan cepat senang dan lakukan jogging secara teratur sebanyak 3-4 kali dalam sepekan, bahkan bila berat badan telah proporsional sekalipun, tetap lakukan jogging minimal 1-2 kali dalam sepekan karena hal ini akan membantu untuk menjaga berat badan tidak kembali naik ke ukuran semula.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.